Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Peta Konsep Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Dalam Pembelajaran SKI
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.84Kata Kunci:
Multimedia Interaktif, Peta Konsep, Hasil belajar siswaAbstrak
Penelitian ini berfokus pada penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Peta Konsep untuk mengetahui hasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah menggunakan media peta konsep. Metode yang digunakan yaitu dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, rekaman, observasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran peta konsep.
Referensi
Anshori, S. (2017) ‘Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah’, Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 9924, Pp. 10–20.
Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.
Asmawati. (2013) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Pohon Jaringan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Dan Fungsi Organ Tumbuhan Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone’, Skripsi, UIN Alauddin Makassar.
Diansyah, A. N. (2018) ‘Penerapan Multimedia Interaktif Model Tutorial Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Jurnal Petik, 1(1), P. 11. Available At: doi.org/10.31980/Jpetik.V1i1.54.
Karwati, E. Et Al. (2014) Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.
Mustofa, Z. (2016) ‘Proses Pembelajaran Berbahasa Arab Pada Program Blc (Billingual School) Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun’.
Prianggita, V. A., And Meliyawati, M. (2022) ‘Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Diera Pandemi Covid-19’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), P. 147. Available At: doi.org/10.37905/Aksara.8.1.147-154.2022.
Rusman. (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.
Septiana, I. (2011) ‘Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Di Kelas X Sma Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo’, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.
Sujianto. (2007) Media Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.
Trianto. (2012) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Triyanto, E., Anitah, S., And Suryani, N. (2013) ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran’, Teknologi Pendidikan, 2(2).
Warsita, B. (2008) Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Amir Mukminin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.