Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Peta Konsep Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Ma'arif Al-Ishlah Bungkal Dalam Pembelajaran SKI

Penulis

  • Amir Mukminin Sekolah Tinggi Agama Islam Mulia Astuti Wonogiri

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.84

Kata Kunci:

Multimedia Interaktif, Peta Konsep, Hasil belajar siswa

Abstrak

Penelitian ini berfokus pada penggunaan Multimedia Interaktif berbasis Peta Konsep untuk mengetahui hasil dalam meningkatkan hasil belajar siswa kelas VII. Tujuan penelitian ini adalah   untuk mengetahui apakah ada peningkatan hasil belajar siswa kelas VII sebelum dan sesudah menggunakan media peta konsep. Metode yang digunakan yaitu dengan penelitian kualitatif dengan pendekatan studi kasus dengan teknik pengumpulan data yaitu wawancara, rekaman, observasi dan analisis data. Hasil penelitian menunjukkan adanya perbedaan yang signifikan pada siswa antara sebelum dan sesudah menggunakan media pembelajaran peta konsep.

Referensi

Anshori, S. (2017) ‘Pemanfaatan Tik Sebagai Sumber Dan Media Pembelajaran Di Sekolah’, Civic-Culture: Jurnal Ilmu Pendidikan Pkn Dan Sosial Budaya, 9924, Pp. 10–20.

Arsyad, A. (2011) Media Pembelajaran. Jakarta: Rajawali Pers.

Asmawati. (2013) ‘Efektivitas Media Pembelajaran Berbasis Peta Konsep Pohon Jaringan Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Konsep Dan Fungsi Organ Tumbuhan Di Kelas Viii Smp Negeri 1 Tonra Kabupaten Bone’, Skripsi, UIN Alauddin Makassar.

Diansyah, A. N. (2018) ‘Penerapan Multimedia Interaktif Model Tutorial Terhadap Peningkatan Pemahaman Konsep Siswa Pada Mata Pelajaran Teknologi Informasi Dan Komunikasi’, Jurnal Petik, 1(1), P. 11. Available At: doi.org/10.31980/Jpetik.V1i1.54.

Karwati, E. Et Al. (2014) Manajemen Kelas. Bandung: Alfabeta.

Mustofa, Z. (2016) ‘Proses Pembelajaran Berbahasa Arab Pada Program Blc (Billingual School) Kelas VII Madrasah Tsanawiyah Negeri Kota Madiun’.

Prianggita, V. A., And Meliyawati, M. (2022) ‘Peran Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi Diera Pandemi Covid-19’, Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 8(1), P. 147. Available At: doi.org/10.37905/Aksara.8.1.147-154.2022.

Rusman. (2011) Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi Dan Komunikasi. Jakarta: Rajawali Pers.

Septiana, I. (2011) ‘Keefektifan Penggunaan Media Peta Konsep Pohon Jaringan Pada Pembelajaran Menulis Cerpen Di Kelas X Sma Negeri 1 Mojotengah Kabupaten Wonosobo’, Skripsi, Universitas Negeri Yogyakarta.

Sujianto. (2007) Media Pembelajaran. Jakarta: Erlangga.

Trianto. (2012) Mendesain Model Pembelajaran Inovatif-Progresif: Konsep, Landasan Dan Implementasinya Pada Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP). Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Triyanto, E., Anitah, S., And Suryani, N. (2013) ‘Peran Kepemimpinan Kepala Sekolah Dalam Pemanfaatan Media Pembelajaran Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Proses Pembelajaran’, Teknologi Pendidikan, 2(2).

Warsita, B. (2008) Teknologi Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Unduhan

Diterbitkan

2023-12-30

Cara Mengutip

Mukminin, A. (2023). Penerapan Multimedia Interaktif Berbasis Peta Konsep Guna Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vii Mts Ma’arif Al-Ishlah Bungkal Dalam Pembelajaran SKI. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 117 –. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.84