Signifikansi Character Building Melalui Aswaja dan Ke-NU-an Di Universitas Nahdlatul Ulama Blitar
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.68Kata Kunci:
Character Building; Aswaja dan Ke-NU-an; UNU BlitarAbstrak
Ada banyak cara untuk membentuk karakter di dalam perguruan tinggi, salah satunya melalui Aswaja dan Ke-NU-an. Penelitian diskriptif kualitatif dengan menggunakan studi kasus dengan metode wawancara mendalam ini bertujuan menganalisis pembentukan karakter melalui Aswaja dan Ke-NU-an di Universitas Nahdlatul Ulama (UNU) Blitar. Dalam mata kuliah Aswaja dan Ke-NU-an ditemukan beberapa nilai yang mampu menjadikan mahasiswa dan sivitas akademika memiliki beberapa karakter sebagai berikut. Pertama, cinta pada Tuhan dan alam semesta, misalnya dengan direalisasikan melalui shalawatan, tahlil, manaqib, dan lainnya. Kedua, tanggungjawab, kedisiplinan, dan kemandirian, misalnya tanggungjawaab pada masalah yang berkembang di masyarakat, disiplin dalam beribadah, dan kemandirian dalam berorganisasi. Ketiga, toleransi dan cinta damai terhadap sesama dengan perilaku toleran terhadap kultur lain dan mendamaikan konflik. Keempat, baik dan rendah hati banyak dijelaskan dalam akhlak (tasawuf) salah satunya dengan tradisi mencium tangan orang tua, guru, dan ulama. Kelima, kepemimpinan dan keadilan yang diatur dalam anggaran dasar dan rumah tangga NU. Keenam, kepercayaan terhadap diri, kreatif, kerja keras, dan pantang menyerah, salah satunya dalam tekad pendirian tujuh program studi. Ketujuh, kasih sayang, kepedulian dan kerja sama diwujudkan melalui visi misi UNU. Kedelapan, hormat dan santun diwujudkan dalam sikap kemasyarakatan NU. Kesembilan, kejujuran merupakan realisasi dari sifat wajib bagi para rasul.
Referensi
Abdusshomad. M. (2010) Hujjah NU Akidah Amaliah Tradisi. Surabaya: Khalista dan Lajnah Ta’lif Wan Nasyr (LTN NU) Jawa Timur.
Ali, M. M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar’, Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, Vol. 1, No. 2, (2022). DOI: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Bogdan, R. C. & Sari, K. B. (1998) Qualitative Research for Education: An Introduction to Theory and Methods, London: Allyn and Bacon.
Fadeli, S., & Subhan, M. (2012) Antologi NU Sejarah Istilah Alamiah Uswah Jilid I. Surabaya: Khalista dan Lajnah Ta’lif Wan Nasyr (LTN NU) Jawa Timur.
Fadeli, S., & Subhan, M. (2014) Antologi NU Sejarah Istilah Alamiah Uswah Jilid II. Surabaya: Khalista dan Lajnah Ta’lif Wan Nasyr (LTN NU) Jawa Timur.
Ghazali, W., (ed.). (2016). Islam Ahlusunnah Wal Jamaah Sejarah, Pemikiran, dan Dinamika NU di Indonesia. Jakarta: Pengurus Lembaga Pendidikan Ma’arif Nandlatul Ulama Pusat.
Maemonah. (2011) ‘Pendidikan Karakter dalam Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMP 3 Pekalongan: Kajian atas Kurikulum dan Proses Pembelajaran’, dalam Jurnal Penelitian Vol. 8, No. 1, Mei 2011. Hlm. 111-130.
Maemonah. (2012) ‘Aspek-aspek dalam Pendidikan Karakter’, Forum Tarbiyah, Vol. 10, No. 1, Juni 2012, hal. 30-42.
Megawangi, R. (2022) ‘Membangun SDM Indonesia melalui Pendidikan Holistik Berbasis Karakter’, dalam www.usm.mainc.edu/psy/gayton, diunduh pada tanggal 31 Maret 2022.
Muhammad, N. H. (2012) Hujjjah Nahdliyah Keilmuan Tradisi Tasawuf. Surabaya: Khalista.
Naim, N. (2012) Character Building Optimalisasi Peran Pendidikan dalam Pengembangan Ilmu dan Pembentukan Karakter Bangsa. Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.
Shofwan, A. M. (2021) Character Building Optimalisasi Pendidikan Karakter pada Anak Usia Dini. Sukabumi: Farha Pustaka.
Shofwan, A. M. (2017) ‘The Implementation of Islamic Multicultural Learningvalue Through Aswaja and NU (Case Studi at MI Miftahul Huda Papungan 01 Blitar)’, Journal of Development Reseach, 1 (1) May 2017, Page 15-23. DOI: 10.28926/jdr.v1i1.11.
Shofwan, A. M. (2015) ‘Character Building Melalui Pendidikan Agama Islam Studi Kasus di MI Miftahul Huda Papungan 01 Blitar’, Episteme Jurnal Pengembangan Ilmu Keislaman, Vol. 10, No. 1, Juni 2015, hal. 173-195. DOI: 10.21274/epis.2015.10.1.175-198.
Stake, R. E. (1994) ‘Case Studies’, dalam Norman K. Denzin & Yvonna S. Lincoln (ed), Handbook of Qualitative Research, London: Sage Publications.
Tim Revisi POA PWNU Jawa Timur. (2015) Pedoman Organisasi dan Administrasi PWNU Jawa Timur. Surabaya: LTN Pustaka Pimpinan Wilayah Lembaga Ta’lif Wan Nasyr Nahdlatul Ulama.
Tim Penerjemah/Penafsir Al-Qur’an Departemen Agama RI. (2007) Al-Qur’an Terjemah Per-Kata, Bandung: Syaamil Al-Qur’an.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Arif Muzayin Shofwan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.