Penerapan Metode Diskusi dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.55Kata Kunci:
Learning Motivation, Discussion Method, Islamic Religious EducatioAbstrak
Metode pembelajaran merupakan salah satu faktor penting dalam upaya meningkatkan motivasi belajar siswa pada proses pembelajaran di sekolah. Tujuan penelitian ini adalah untuk menganalisis keberhasilan penerapan metode diskusi dalam meningkatkan motivasi belajar siswa pada mata pelajaran pendidikan agama Islam di SMP Negeri 2 Sangatta Utara. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode penelitian tindakan kelas dengan model penelitian tindakan kelas milik Kurt Lewin yang terdiri dari empat langkah yaitu, Plan, do, observe, dan Reflect. Hasilnya adalah penggunaan metode diskusi dapat meningkatkan motivasi siswa pada pembelajaran pendidikan agama Islam. Peningkatan motivasi belajar siswa tersebut dapat dilihat dengan: 1) Pembelajaran menjadi lebih menyenangkan, 2) Siswa menjadi lebih aktif bertanya maupun menanggapi pelajaran di dalam kelas, 3) Peningkatan hasil akhir siswa baik dalam hal pengetahuan maupun nilai keterampilan.
Referensi
Aidah, S. N. (2021) Cara Efektif Penerapan Metode dan Model Pembelajaran (Vol. 54). Penerbit KBM Indonesia.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.
Ariyanto, A., & Sulistyorini, S. (2020) 'Konsep Motivasi Dasar dan Aplikasi dalam Lembaga Pendidikan Islam', AL-ASASIYYA: Journal Of Basic Education, 4(2), 103–114.
Azis, R. (2019) 'Hakikat dan Prinsip Metode Pembelajaran PAI. Jurnal Inspiratif Pendidikan', 8(2), 292–300.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022) 'Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam', Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Hidayat, C., Arifin, Z., & Rukajat, A. (2021) 'Urgensi Pendidikan Keluarga Dan Sekolah Untuk Meningkatkan Kualitas Pendidikan Anak Dalam Perspektif Hadist', Jurnal Pendidikan Dan Pengajaran Guru Sekolah Dasar (JPPGuseda), 4(2), 159–165.
Jannah, S. N., & Sontani, U. T. (2018) 'Sarana dan Prasarana Pembelajaran sebagai Faktor Determinan terhadap Motivasi Belajar Siswa', Jurnal Pendidikan Manajemen Perkantoran, 3(1), 210.
Lubis, Z., & Anggraeni, D. (2019) 'Paradigma Pendidikan Agama Islam di Era Globalisasi Menuju Pendidik Profesional', Jurnal Studi Al-Qur’an, 15(1), 133–153.
Mitasari, N. (2020) Tradisi Talo-talo di Kecamatan Bontosikuyu Kabupaten Kepulauan Selayar (Studi Unsur-unsur Budaya Islam). Universitas Islam Negeri Alauddin Makassar.
Muah, T. (2022) 'Penerapan Metode Resitasi dalam Pembelajaran Matematika untuk Meningkatkan Pemahaman Siswa Kelas VIII F di SMP Negeri 2 Tuntang Tahun Pelajaran 2021-2022', Jurnal Riset Pendidikan Indonesia, 2(3), 428–435.
Mubarok, R. (2022a) 'Management of Material Component Development in Multicultural Islamic Education Curriculum', Hayula: Indonesian Journal of Multidisciplinary Islamic Studies, 6(2), 249–266. DOI: 10.21009/hayula.006.02.06.
Mubarok, R. (2022b) 'Perencanaan Pembelajaran Pada Pembelajaran Tatap Muka Terbatas Di Madrasah Ibtidaiyah', Auladuna: Jurnal Prodi Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 4(1), 15–31. DOI: 10.36835/au.v4i01.1096.
Muhaimin. (2004) Paradigma Pendidikan Islam: PT. Remaja Rosdakarya.
Muhkarom, M. (2021) 'Penerapan Metode Diskusi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa', MEDIA DIDAKTIKA, 7(1), 18–226.
Muslimin, E., Nurwadjah, N., & Suhartini, A. (2021) 'Konsep dan metode uswatun hasanah dalam perkembangan pengelolaan pendidikan Islam di Indonesia', MUNTAZAM: Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2(01).
Nasution, Z. (2019) 'Metode Pembelajaran Pendidik Profesional dalam Alquran', Benchmarking-Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 3(1), 109–123.
Nikmah, K. N., & Mubarok, R. (2022) 'Penerapan Metode Pembelajaran Blended Learning Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti', Thawalib| Jurnal Kependidikan Islam, 3(1), 37–46. DOI: 10.54150/thawalib.v3i1.44.
Pandiangan, A. P. B. (2019) Penelitian Tindakan Kelas: Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Pembelajaran, Profesionalisme Guru Dan Kompetensi Belajar Siswa. Deepublish.
Pratiwi, N. L. P. P., Ardana, I. K., & Kristiantari, M. G. R. (2018) 'Hubungan antara Motivasi Ekstrinsik dengan Kompetensi Pengetahuan IPA', Jurnal Pendidikan Dan Pembelajaran IPA Indonesia, 8(3), 114–121.
Purwanto, N. (2003) Motivasi Belajar: PT. Rineka Cipta.
Rahmasari, N. S., & Mubarok, R. (2022) 'Penerapan Media Audio Visual Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran PAI. Al Manam', Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 2(2), 65–74.
Sari, W., Anwar, F., Wirdati, W., & Engkizar, E. (2021) 'Metode Diskusi Guru Pendidikan Agama Islam dalam Meningkatkan Kepercayaan Diri Peserta Didik', Jurnal Pendidikan Tambusai, 5(3), 8904–8909.
Sitompul, F. A. F., Lubis, M. N., Jannah, N., & Tarigan, M. (2022) 'Hakikat Dan Tujuan Pendidikan Dalam Islam: Konsep Tarbiyah, Ta’lim, Dan Ta’dib', Jurnal Pendidikan Dan Konseling (JPDK), 4(6), 5411–5416.
Subhan, F. (2013) Penelitian Tindakan Kelas: Qithos Digital Press.
Sudirman, S. (2017) 'Psikologi Agama dalam Perspektif Ilmu Tumbuh Kembang Anak', MODELING: Jurnal Program Studi PGMI, 4(2), 253–261.
Zalukhu, A. Z. N. S., & Butar-Butar, H. A. (2021) 'Islam dan Studi Agama', At-Tazakki: Jurnal Kajian Ilmu Pendidikan Islam Dan Humaniora, 5(2), 188–200.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rosna Rosna

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.