Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Juz 30 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.51Kata Kunci:
Hafalan Al-Qur'an, Juz 30, Pendidikan Agama IslamAbstrak
Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Anak Ratu Aji tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini jenis kuantitatif dengan populasi penelitian siswa SMP Negeri 2 anak ratu aji dengan subjek penelitian 29 siswa pada kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Diketahui siswa dengan hafalan al-qur’an juz 30 dari 29 responden diketahui ada 5 siswa dengan katagori rendah sebesar 17,3 %, 10 siswa dengan katagori sedang sebesar 34,4 %, katagori tinggi sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 48,3%. Untuk data hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII dari 29 responden diketahui 9 siswa dengan katagori rendah sebesar 31 %, 8 siswa dengan katagori sedang sebesar 27,6 %, dan sebanyak 12 siswa masuk dalam katagori tinggi sebesar 41,4%. Hasil penelitian menunjukkan f = 0,4896, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Referensi
Abdurrahman, M. (2020) ‘Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar’. Jakarta: Rineka Cipta.
Abidin, Z. A. (2020) ‘Metode Cepat Menghafal Juz’amma’. Yogyakarta : Mahabbah.
Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2019) ‘Psikologi Belajar’. Jakarta: PT. Rineka Cipta.
Afifatun, S. (2022) ‘Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 154.
Al-Hafidz, A. W. (2022) ‘Bimbingan Praktis Membaca Al-Qur’an’. Jakarta: Bumi Aksara.
Anisah, A., Dwistia, H., & Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.
Arifin., & Zainal. (2019) ‘Evaluasi Pembelajaran’. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. (2021) ‘Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik’, (Cet. V," Jakarta: CV Rineka Cipta.
Arini, J., & Widawarsih, W. W. (2022) ‘Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur'an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur’, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol 17. No 22. DOI: 10.20414/jpk.v17i2.4578.
Dimyati., & Mudjiono. (2020) ‘Belajar dan Pembelajaran’. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3.
Dwistia, H., Latif, S., & Widiastuti, R. (2013) ‘Correlation Between Students’ Social Interaction With’, Bimbingan dan Konseling, pp. 1–12.
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Gulamhusein, T. A., & Momanyi, M. (2020) ‘The Role of Memorizing the Quran In Enhancing the Cognitive Abilities of Students in Bohra Islamic Schools of Karachi, Pakistan. Taher A. Gulamhusein and Marcella Momanyi’, IOSR Journal of Humanities and Social Science, 25(12), pp. 52–62. DOI: 10.9790/0837-2512055262.
Sa’dulloh. (2020) ‘9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an’. Jakarta: Gema Insani.
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, K., Hartati, S., Sofyan, A. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017, (ICTTE 2017), Atlantis Press, DOI: 10.2991/ictte-17.2017.26.
Surono, Y., & Anita, A. (2022) ‘Ijtihad Ra’yu Sahabat dalam Tafsir Al-Qur’an’. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 41–58.
Syahidin. (2019) ‘Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an’. Bandung : Alfabeta.
Yunus, M. (2022) ‘Kamus Arab-Indonesia’. Jakarta: Hidakarya Agung.
Yusuf, A. M. (2007) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan’. Jakarta: Kencana.
Zen, M. (2020) ‘Pedoman Pembinaan Tahfadhul Qur'an’. Jakarta: Pustaka Al-Husna.
Zuhri, M. (2022) ‘Pelajaran Tajwid’. Kudus: Menara Kudu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Meilisa Sajdah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.