Pengaruh Hafalan Al-Qur'an Juz 30 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa

Penulis

  • Shinta Meilisa Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Halen Dwistia Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.51

Kata Kunci:

Hafalan Al-Qur'an, Juz 30, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Tujuan penelitian ini untuk mengetahui pengaruh hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI kelas VII di SMP Negeri 2 Anak Ratu Aji tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini jenis kuantitatif dengan populasi penelitian siswa SMP Negeri 2 anak ratu aji dengan subjek penelitian 29 siswa pada kelas VII. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, dokumentasi dan angket. Diketahui siswa dengan hafalan al-qur’an juz 30 dari 29 responden diketahui ada 5 siswa dengan katagori rendah sebesar 17,3 %, 10 siswa dengan katagori sedang sebesar 34,4 %, katagori tinggi sebanyak 14 siswa dengan presentase sebesar 48,3%. Untuk data hasil belajar mata pelajaran PAI siswa kelas VII dari 29 responden diketahui 9 siswa dengan katagori rendah sebesar 31 %, 8 siswa dengan katagori sedang sebesar 27,6 %, dan sebanyak 12 siswa masuk dalam katagori tinggi sebesar 41,4%. Hasil penelitian menunjukkan f = 0,4896, dapat disimpulkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara pelaksanaan hafalan Al-Qur’an juz 30 terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Referensi

Abdurrahman, M. (2020) ‘Pendidikan Bagi Anak Berkesulitan Belajar’. Jakarta: Rineka Cipta.

Abidin, Z. A. (2020) ‘Metode Cepat Menghafal Juz’amma’. Yogyakarta : Mahabbah.

Ahmadi, A., & Supriyono, W. (2019) ‘Psikologi Belajar’. Jakarta: PT. Rineka Cipta.

Afifatun, S. (2022) ‘Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru’,  Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 154.

Al-Hafidz, A. W.  (2022) ‘Bimbingan Praktis Membaca Al-Qur’an’. Jakarta: Bumi Aksara.

Anisah, A., Dwistia, H., & Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 1(1), pp. 1–19.

Arifin., & Zainal. (2019) ‘Evaluasi Pembelajaran’. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Arikunto, S. (2021) ‘Prosedur Penelitian, Suatu Pendekatan Praktik’, (Cet. V," Jakarta: CV Rineka Cipta.

Arini, J., & Widawarsih, W. W. (2022) ‘Strategi dan Metode Menghafal Al-Qur'an di Pondok Tahfidz Darul Itqon Lombok Timur’, Jurnal Penelitian Keislaman, Vol 17. No 22. DOI: 10.20414/jpk.v17i2.4578.

Dimyati., & Mudjiono. (2020) ‘Belajar dan Pembelajaran’. Jakarta: Rineka Cipta, cet. 3.

Dwistia, H., Latif, S., & Widiastuti, R. (2013) ‘Correlation Between Students’ Social Interaction With’, Bimbingan dan Konseling, pp. 1–12.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 81–99.

Gulamhusein, T. A., & Momanyi, M. (2020) ‘The Role of Memorizing the Quran In Enhancing the Cognitive Abilities of Students in Bohra Islamic Schools of Karachi, Pakistan. Taher A. Gulamhusein and Marcella Momanyi’, IOSR Journal of Humanities and Social Science, 25(12), pp. 52–62. DOI: 10.9790/0837-2512055262.

Sa’dulloh. (2020) ‘9 Cara Praktis Menghafal Al-Qur’an’. Jakarta: Gema Insani.

Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, K., Hartati, S., Sofyan, A. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017, (ICTTE 2017), Atlantis Press, DOI: 10.2991/ictte-17.2017.26.

Surono, Y., & Anita, A. (2022) ‘Ijtihad Ra’yu Sahabat dalam Tafsir Al-Qur’an’. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(1), 41–58.

Syahidin. (2019) ‘Menelusuri Metode Pendidikan Dalam Al-Qur’an’. Bandung : Alfabeta.

Yunus, M. (2022) ‘Kamus Arab-Indonesia’. Jakarta: Hidakarya Agung.

Yusuf, A. M. (2007) ‘Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan Penelitian Gabungan’. Jakarta: Kencana.

Zen, M. (2020) ‘Pedoman Pembinaan Tahfadhul Qur'an’. Jakarta: Pustaka Al-Husna.

Zuhri, M. (2022) ‘Pelajaran Tajwid’. Kudus: Menara Kudu.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-24

Cara Mengutip

Meilisa, S., & Dwistia, H. (2023). Pengaruh Hafalan Al-Qur’an Juz 30 Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran PAI Siswa. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 41–50. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.51