Pan-Islamisme Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Di Indonesia

Penulis

  • Muhamad Syafiqul Humam Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Abdullah Khafidz Al Khaq Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto
  • Tri Murniati Universitas Islam Negeri Prof. K.H. Saifuddin Zuhri Purwokerto

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.337

Kata Kunci:

Pan-Islamisme, Sejarah Pan-Islamisme, Pendidikan Indonesia

Abstrak

Artikel ini membahas tentang pengaruh Pan-Islamisme terhadap sistem pendidikan di Indonesia, yang mencakup analisis ideologis, sejarah, dan dampaknya terhadap kurikulum pendidikan Islam di masa modern. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode kualitatif dengan pendekatan kepustakaan, mencakup analisis literatur dari berbagai sumber yang relevan. Dalam artikel ini dijelaskan bagaimana konsep Pan-Islamisme, yang dipelopori oleh tokoh-tokoh seperti Jamaluddin al-Afghani dan Muhammad Abduh, telah menginspirasi transformasi pendidikan Islam di Indonesia melalui pengaruh organisasi seperti Jami’at al-Khair, Al-Irsyad, Sarekat Islam, Muhammadiyah, dan Nahdlatul Ulama. Hasil penelitian menunjukkan bahwa melalui penerapan ide-ide Pan-Islamisme dalam pendidikan, terjadi modernisasi kurikulum yang memadukan ilmu pengetahuan umum dan nilai-nilai Islam. Transformasi ini berkontribusi pada pembentukan generasi Muslim yang tidak hanya memahami ajaran agama, tetapi juga mampu beradaptasi dengan tantangan modern. Dengan demikian, penelitian ini memberikan wawasan penting tentang relevansi Pan-Islamisme dalam membentuk sistem pendidikan di Indonesia.

Referensi

Ahmad, L.O.I., Amri, M. dan Qamar, S. (2018). Pemikiran Modern Dalam Islam: Konsep, Tokoh, dan Organisasi. 1st edn. Makassar: Alauddin University Press.

Ahmad, M.G., dan Mahasta, M.A. (2021). "Dinamika Sarekat Islam dan Komunis", ISLAMIKA : Jurnal Ilmu-Ilmu Keislaman, 20(02), pp. 62–67. DOI: 10.32939/islamika.v20i02.690.

Alawiyah, A., Faiz, M. dan Masruri, M. (2024). "Strategi Politik Pan-Islamisme Sultan Abdul Hamid II (1876-1909 M)", Advances in Humanities and Contemporary Studies, 5(2), pp. 162–170. DOI: 10.30880/ahcs.2024.05.02.017.

Ardini, M. D., dkk. (2023). "The Dynamics of Development of Islamic Civilization in the Reformation Period", AR-RUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), pp. 89–105. DOI: 10.61094/arrusyd.2830-2281.72.

Asari, A., dkk. (2023). Transformasi Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Istana Agency.

Bistara, R. (2021). "Teologi Modern Dan Pan-Islamisme: Menilik Gagasan Pembaharuan Islam Jamaluddin Al-Afghani",  FITUA: Jurnal Studi Islam, 2(1), pp. 67–80..

Chalik, A. (2011). Nahdlatul Ulama dan Geopolitik Perubahan dan Kesinambungan. Yogyakarta: IMPULSE & Buku Pintar Yogyakarta.

Cipta, S. E. (2020). "Kaum Arab Hadrami Dalam Sejarah Perkembangan Lembaga Pendidikan Al Irsyad (1918-1950)", AL-MISBAH (Jurnal Islamic Studies), 8(2), pp. 52–59. DOI: 10.26555/almisbah.v8i2.1962.

Fahrezy Amsil, A., dkk. (2024). "Perkembangan Pemikiran Islam (Alif Fahrezy Amsil, Dkk) | 580 Madani", Jurnal Ilmiah Multidisipline, 2(7), pp. 580–585.

Faqihuddin, A. (2022). "Knowing the Figure of Islamic Warriors Jamaluddin Al-Afghani", AL-RISALAH, 13(2), pp. 583–599. DOI: 10.34005/alrisalah.v13i2.2083.

Hamka. (1994). Sejarah Umat Islam. Pustaka Nasional Pte Limited.

Irfindari., dkk. (2021). "Persfektif Muhammad Abduh Dalam Pendidikan Islam", Jurnal Pendidikan Indonesia (Japendi), 2(8), p. 1307.

Iskandar, I., dan Firdaus, D.W. (2020). "Pemikiran Deliar Noer Mengenai Gerakan Islam Modern Indonesia 1900-1942", JAZIRAH: Jurnal Peradaban dan Kebudayaan, 1(1), pp. 16–38. DOI: 10.51190/jazirah.v1i1.2.

Khairat, S. Al., dan Indonesia, L. (2022). "Benang Merah Dari Pmikiran Jamaluddin Al Afghani dan Muhammad Abduh dalam Isu Pembaharua Islam", 08(02), pp. 255–278.

Lathifah, Z., dkk. (2020). Gerakan-Gerakan Islam Indonesia Kontemporer. 1st edn. Adab Pres.

Martdana, R. A. (2023). ‘Menumbuhkan Semangat Berwirausaha Peserta Didik Melalui Pemikiran Tokoh Pendiri Sarekat Dagang Islam Kh. Samanhudi", JEJAK : Jurnal Pendidikan Sejarah & Sejarah, 3(2), pp. 69–79. DOI: 10.22437/jejak.v3i2.24850.

Nakamura, M. (2005). Muhammadiyah Menjemput Perubahan. Jakarta: Buku Kompas.

Nasbi, I. (2019). "Jamaluddin Al-Afghani (Pan-Islamisme Dan Ide Lainnya)", Jurnal Diskursus Islam, 7(1), pp. 70–79. DOI: 10.24252/jdi.v7i1.9805.

Nurfizli, J., Akbar, M. D. dan Rais, A. (2022). "Pan Islamisme Jamaluddin Al Afghani dalam Perspektif Politik Islam", Prosiding Konferensi Pemikiran Politik Islam, 1(1), pp. 18–32.

Nurtina, S. (2019). "The Dynamics of Applying Panislamism As a New Politic Concept", Journal of Islamic World and Politics, 3(1), pp. 482–498.

Otoman, O. dan Suriana, S. (2022). "Ahmad Surkati Dan Pembaruan Islam Di Indonesia Melalui Perhimpunan Al-Irsyad 1914-1943", Danadyaksa Historica, 1(2), p. 170. DOI: 10.32502/jdh.v1i2.4309.

Rizal, A. E. dan Iswantir, I. (2022). "Konsep Pembaharuan Pendidikan Agama Islam Menurut Nahdatul Ulama", Jurnal Penelitian Ilmu Pendidikan Indonesia, 1(2), pp. 83–94. DOI: 10.31004/jpion.v1i2.24.

Saeputro, M. A. dan Amaruli, R.J. (2021). "Mencari identitas reformisme islam: Konflik dan integrasi orang arab-hadrami di pekalongan, 1905-1945", Historiografi, 2(1), pp. 1–9.

Sahrullah, S., Santalia, I., dan G, W. (2022). "Jejak Pemikiran Pembaruan Sosial Ekonomi Jamaluddin Al-Afghani dan Muhammad Abduh di Indonesia", Uniqbu Journal of Social Sciences, 3(2), pp. 120–128..

Santosa, Y. B. P. (2020). "Sikap Dan Strategi K.H. Agus Salim Terhadap Ideologi Komunisme Di Dalam Tubuh Sarekat Islam 1915-1926", TSAQOFAH, 18(02), p. 117. DOI: 10.32678/tsaqofah.v18i02.3598.

Syahza, A. (2021). Metodologi Penelitian. Revisi. Riau: UR Press Pekanbaru.

Ula, N., Laila, K., dan Qosim, N. (2022). "Lembaga Pendidikan Islam Dan Gerakan Reformis : Muhammadiyah", Jurnal Pendidikan, Bahasa dan Budaya, 1(1), pp. 118–129. DOI: 10.55606/jpbb.v1i1.852.

Uliyanda, D., dkk. (2023). "Nasionalisme di Indonesia", Nusantara Hasana Journal, 3(1), p. Page.

Widodo, S., Yunus, A. R., dan Syukur, S. (2022). "Perjuangan Negara-Negara Muslim untuk Mencapai Kemerdekaan Dari Penjajahan Barat di Era Modernisasi Abad XX", AL-TDABBUR: Jurnal Kajian Sosial, Peradaban dan Agama, 8(2), pp. 193–208.

Wilandra, S. S., dan Emalia, I. (2022). "Sarekat Islam sebagai Gerakan Sosial: Dari Gerakan Ratu Adil ke Sosialisme Islam", Socio Historica: Journal of Islamic Social History, 1(1), pp. 54–72. DOI: 10.15408/sh.v1i1.25918.

Yakin, I. H. (2023). Metodologi Penelitian. 1st edn. Garut: CV. Aksara Global Akademia.

Zahra, N., dan Fatimah, F. (2023). "Konsep PAN-islamisme menurut pemikiran Jamaluddin Al-Afghani dalam perkembangan partai politik di Indonesia", Jurnal EDUCATIO: Jurnal Pendidikan Indonesia, 9(1), p. 228. DOI: 10.29210/1202322802.

 

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Humam, S., Khafidz, A. ., & Murniati, T. (2024). Pan-Islamisme Dan Pengaruhnya Pada Pendidikan Di Indonesia. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 141–157. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.337