Peran Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam

Penulis

  • Siti Afifatun STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Anisa Fitriana SDIT Walisongo
  • Afifah Ansori STAI Ibnu Rusyd Kotabumi

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.321

Kata Kunci:

Guru, Metode Belajar , Minat Belajar

Abstrak

Metode pembelajaran di dalam sebuah pembelajaran tentu diperlukan agar pendidik dapat lebih memahami siswa dan perbedaan gaya dalam belajar yang dimiliki siswa, sehingga akan memudahkan pendidik menyesuaikan strategi atau metode dalam menyampaikan isi pelajaran. Penelitian ini sendiri menggunakan pendekatan kualitatif yang menerapkan metode studi literatur. Tujuan dari studi literatur atau studi pustaka adalah untuk menemukan landasan teori ataupun tinjauan pustaka yang sesuai dengan masalah yang dibahas dan digunakan untuk menjadi referensi dalam penjabaran hasil riset. Dalam hal ini, tentu saja peran guru sebagai pendidik sangat penting untuk menemukan metode yang tepat dalam membangun minat siswa pada pembelajaran. Sehingga terciptanya pembelajaran yang sesuai tujuan dari pendidik.

Referensi

Afifatun, S., dkk. (2022). “Pengaruh Simulasi Micro Teaching Terhadap Keterampilan Pengelolaan Kelas Mahasiswa Pai Stai Ibnu Rusyd Kotabumi”, Education Journal, 1(1).

Al-Sa’di, A. R. (2012). Dasar-Dasar Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Tirta Wacana.

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.

Araniri, N. (2018). “Kompetensi Profesional Guru Agama Dalam Menumbuhkan Minat Belajar Siswa”, 4(1).

Darajat, S. Z. (2014). Pengaruh Pembangunan Perumahan Terhadap Kelestarian Lingkungan. UIN Sunan Gunung Djati Bandung.

Daryanto. (2010). Media pembelajaran. Yogyakarta: Gava Media.

Dwistia, Halen., Iqbal, Muhammad., Sodikin, & Munandar, Sukaris. (2024). Pola Asuh Orang Tua Milenial Dalam Mendidik Anak Generasi Alpha Di Era Transformasi Digital. Jurnal Ilmu Pendidikan Dan Kearifan Lokal, 4(6), 927–938. Retrieved From Https://Jipkl.Com/Index.Php/Jipkl/Article/View/196

Hamdani. (2011). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.

Hasanah, M. N., dan Bermi, W. (2022). Metode Pembelajaran PAI. CV. Azka Pustaka.

Maghfiroh, N., dan Rozak Hanafi, I. (2023). “Peran Metode Pembelajaran Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam”, MindSet : Jurnal Manajemen Pendidikan Islam, 2, pp. 236–244. DOI: 10.58561/mindset.v2i1.74.

Mutoi, M., & Dwistia, H. (2023). Aktivitas Belajar Siswa Melalui Metode Pembelajaran Inkuiri Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2), 159–171. 10.61094/arrusyd.2830-2281.226

Nurhayati, A., dan Kasidi, K. (2021). “Implementasi Pilar-Pilar Manajemen Mutu Sekolah di SMP Multazam Semarang Berbasis Pesantren”, Journal of Economic Education and Entrepreneurship, 2(1), p. 22. DOI: 10.31331/jeee.v2i1.1684.

Olandari, T., Hariyati, T., dan Sakilla, D. (2024). “Bimbingan dan Konseling Anak Usia Dini’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan IslamAnak Usia Dini, 3(1), pp. 18–24.

Raco, J. (2010). Metode penelitian kualitatif: jenis, karakteristik dan keunggulannya. Jakarta: PT Gramedia Widiasarana Indonesia.

Rahayu, I.T., dkk. (2023). “Analisis Hasil Pengaruh Perkembangan Iptek Terhadap Hasil Belajar Siswa SD/MI”, Multidisciplinary Journal of Social Sciences, 1.

Slameto, S. (2015). “Pembelajaran Berbasis Riset Mewujudkan Pembelajaran Yang Inspiratif”, Satya Widya, 31(2), p. 102. DOI: 10.24246/j.sw.2015.v31.i2.p102-112.

Suhendar. (2015). Pengantar Pendidikan Agama Islam. Bandung: Alfabeta.

Undang-Undang No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. (2003).

Usman, M.U. (2013). Integrasi Ilmu dan Agama dalam Pendidikan. Jakarta: Kencana.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-31

Cara Mengutip

Afifatun, S. ., Fitriana, A., & Ansori, A. (2025). Peran Metode Pembelajaran Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 70–81. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.321