Pembelajaran Fiqh Di SD Kartika 3

Penulis

  • Ismi Siti Fauziah Universitas Garut
  • Lingga Shevila Wigar Universitas Garut
  • Rismayanti Rismayanti Universitas Garut

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.275

Kata Kunci:

Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, Proses

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Kartika 3 dan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya bab fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SD Kartika 3 sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran.

Referensi

Amma, T., Setiyanto, A., dan Fauzi, M. (2021). “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik”, Edification Journal, 3(2), Pp. 135–151. DOI: 10.37092/Ej.V3i2.261.

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.

Anwar, K. (2021). “Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran”, RAUSYAN FIKR : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). DOI: 10.31000/Rf.V17i1.4183.

Arfah, M. A. (2021). “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)”, Jurnal Literasiologi, 7(2). DOI: 10.47783/Literasiologi.V7i2.282.

Arifin, S., Abidin, N., dan Anshori, F. Al. (2021). “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, DIRASAT: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1).

Bahtiar, A. R. (2017). “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Pp. 149–158. DOI: 10.26618/Jtw.V1i2.368.

Efendi, S., Lubis, S. A., dan Nasution, W.N. (2018). “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan”, EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2).

Hasbullah, H., Juhji, J., dan Maksum, A. (2019). “Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), Pp. 17–24.

Hidayat, T., dan Asyafah, A. (2019). “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah”, AL-TADZKIYYAH: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), Pp. 159–181. DOI: 10.24042/Atjpi.V10i1.3729.

Ifadah, L., dan Utomo, S.. (2019). “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0”, AL GHAZALI, 2(2), Pp. 51–62.

Ismanto, I. (2014). “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)”, EDUKASIA : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). DOI: 10.21043/Edukasia.V9i2.773.

Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.

Nashir, A., dan Salenda, S. (2020). “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar”, Pilar, 11(1).

Nur Wulandari, L., & Dwistia, H. (2023). Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/140/53

Sawaluddin, S., dan Muhammad, S. (2020). “Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Ptk Dan Pendidikan, 6(1). DOI: 10.18592/Ptk.V6i1.3793.

Suhayati, E., dan Rosyid, N. (2020). “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Simulasi”, Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), P. 116. DOI: 10.33394/Jtp.V5i2.3080.

Tang, M. (2018). “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital’, Fikrotuna, 7(1), Pp. 717–740. DOI: 10.32806/Jf.V7i1.3173.

Warsah, I., dan Habibullah, H. (2022). “Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah”, Journal Of Education And Instruction (Joeai), 5(1), Pp. 213–225. DOI: 10.31539/Joeai.V5i1.3595.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-31

Cara Mengutip

Fauziah, I. S., Wigar, L. S. ., & Rismayanti, R. (2024). Pembelajaran Fiqh Di SD Kartika 3. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 1–11. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.275