Pembelajaran Fiqh Di SD Kartika 3
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.275Kata Kunci:
Pembelajaran, Guru Pendidikan Agama Islam, ProsesAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui evaluasi proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SD Kartika 3 dan untuk mengetahui proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) khususnya bab fiqh. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif lapangan. Metode pengumpulan data berupa dokumentasi, wawancara, observasi. Teknik analisis data menggunakan analisis kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pertama, proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) yang berlangsung di SD Kartika 3 sudah sesuai dengan program yang direncanakan. a) dalam penggunaan media/metode guru sudah menggunakan media/pendekatan dalam proses pembelajaran dengan variasi. Tetapi metode ceramah masih dominan digunakan. b) Sumber daya guru yang tersedia cukup memenuhi kualifikasi dan standar proses pembelajaran Pendidikan Agama Islam. c) Pengelolaan kelas kondusif walaupun masih ditemukan beberapa siswa masih kurang antusias dalam belajar d) Sarana dan prasana cukup lengkap dan mendukung proses kegiatan pembelajaran.
Referensi
Amma, T., Setiyanto, A., dan Fauzi, M. (2021). “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Pada Peserta Didik”, Edification Journal, 3(2), Pp. 135–151. DOI: 10.37092/Ej.V3i2.261.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Anwar, K. (2021). “Urgensi Evaluasi Dalam Proses Pembelajaran”, RAUSYAN FIKR : Jurnal Pemikiran Dan Pencerahan, 17(1). DOI: 10.31000/Rf.V17i1.4183.
Arfah, M. A. (2021). “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)”, Jurnal Literasiologi, 7(2). DOI: 10.47783/Literasiologi.V7i2.282.
Arifin, S., Abidin, N., dan Anshori, F. Al. (2021). “Kebijakan Merdeka Belajar Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan Desain Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, DIRASAT: Jurnal Manajemen Dan Pendidikan Islam, 7(1).
Bahtiar, A. R. (2017). “Prinsip-Prinsip Dan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam”, TARBAWI : Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), Pp. 149–158. DOI: 10.26618/Jtw.V1i2.368.
Efendi, S., Lubis, S. A., dan Nasution, W.N. (2018). “Problematika Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sd Negeri 064025 Kecamatan Medan Tuntungan”, EDU-RILIGIA: Jurnal Ilmu Pendidikan Islam Dan Keagamaan, 2(2).
Hasbullah, H., Juhji, J., dan Maksum, A. (2019). “Strategi Belajar Mengajar Dalam Upaya Peningkatan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, EDURELIGIA: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(1), Pp. 17–24.
Hidayat, T., dan Asyafah, A. (2019). “Konsep Dasar Evaluasi Dan Implikasinya Dalam Evaluasi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Di Sekolah”, AL-TADZKIYYAH: Jurnal Pendidikan Islam, 10(1), Pp. 159–181. DOI: 10.24042/Atjpi.V10i1.3729.
Ifadah, L., dan Utomo, S.. (2019). “Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Menghadapi Tantangan Era Revolusi Industri 4.0”, AL GHAZALI, 2(2), Pp. 51–62.
Ismanto, I. (2014). “Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam (PAI)”, EDUKASIA : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2). DOI: 10.21043/Edukasia.V9i2.773.
Majid, A. (2013). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosda Karya.
Nashir, A., dan Salenda, S. (2020). “Kompetensi Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Melaksanakan Evaluasi Hasil Belajar”, Pilar, 11(1).
Nur Wulandari, L., & Dwistia, H. (2023). Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/140/53
Sawaluddin, S., dan Muhammad, S. (2020). “Langkah-Langkah Dan Teknik Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam”, Jurnal Ptk Dan Pendidikan, 6(1). DOI: 10.18592/Ptk.V6i1.3793.
Suhayati, E., dan Rosyid, N. (2020). “Pengembangan Model Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dengan Pendekatan Simulasi”, Jurnal Teknologi Pendidikan : Jurnal Penelitian Dan Pengembangan Pembelajaran, 5(2), P. 116. DOI: 10.33394/Jtp.V5i2.3080.
Tang, M. (2018). “Pengembangan Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Merespon Era Digital’, Fikrotuna, 7(1), Pp. 717–740. DOI: 10.32806/Jf.V7i1.3173.
Warsah, I., dan Habibullah, H. (2022). “Implementasi Evaluasi Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Di Madrasah”, Journal Of Education And Instruction (Joeai), 5(1), Pp. 213–225. DOI: 10.31539/Joeai.V5i1.3595.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Ismi Siti Fauziah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.