Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Kela VII A di SMP Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.256Kata Kunci:
Kejenuhan Belajar, Metode Demonstrasi, Pembelajaran FiqihAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIIA di SMP Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK), dengan fokus pada hasil belajar siswa dan pelayanan yang bermasalah dalam proses pembelajaran. Subjek penelitian 31 siswa kelas VIIA. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan yang signifikan pada antusiasme siswa terhadap materi pembelajaran fiqih yang diberikan dan respon positif siswa terhadap metode demonstrasi. Peningkatan tersebut terlihat dari persentase siswa yang memilih sangat setuju (SS) pada siklus I dan siklus II. Respon siswa terhadap pembelajaran Fiqih dengan metode demonstrasi dikategorikan baik. Selain itu, hasil peningkatan nilai yang diberikan oleh observer juga menunjukkan peningkatan dalam pengelolaan pembelajaran menggunakan metode demonstrasi. Skor penilaian observer meningkat dari siklus I ke siklus II. Berdasarkan temuan tersebut, dapat disimpulkan bahwa implementasi metode demonstrasi efektif dalam mengatasi kejenuhan belajar siswa kelas VIIA di SMP Darul Hikmah Langkap Burneh Bangkalan.
Referensi
Abdillah, M. S. (2022). Implementasi Metode Demonstrasi Pada Pembelajaran Fiqih Dalam Mengatasi Kejenuhan Belajar Siswa Di Kelas Vii Mts Nu Salafiyah Kenduren Wedung Demak 2021/2022 (Doctoral Dissertation, Universitas Islam Sultan Agung).
Aris, S. (2014). 68 Model Pembelajaran Inovatif Dalam Kurikulum 2013. Yogyakarta: Ar-Ruzz Media.
Atlis, L. D., & Andriani, T. (2024). Peran Media Dalam Memaksimalkan Efektivitas Pembelajaran Pada Pendidikan Dan Pelatihan. Hikmah: Jurnal Pendidikan Islam, 13(1), 102-113.
Bildhonny, A. F. (2017, November). Menurunkan Kejenuhan Belajar Siswa Dengan Teknik Relaksasi Pada Mata Pelajaran Pendidikan Jasmani. In Seminar Nasional Pendidikan Olahraga (Vol. 1, No. 1, Pp. 274-280).
Mansyur, M. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Kelas Vi Semester Ganjil Sdn 2 Sepunggur. Prosiding Pendidikan Profesi Guru Agama Islam (PPGAI), 1(1), 742-751.
Nur Wulandari, L., & Dwistia, H. (2023). Kemampuan Berhitung Menggunakan Permainan Balok Angka Pada Masa Pandemi di Kelompok B TK Yustisia. Al Jayyid: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 2(2), 62–74. https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/140/53
Pahleviannur, M. R., Mudrikah, S., Mulyono, H., Bano, V. O., Rizqi, M., Syahrul, M. & Aini, K. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Pradina Pustaka.
Rohana, S. R. S. (2019). Efektifitas Metode Demontrasi Dalam Pembelajaran Fiqih. At-Ta'dib: Jurnal Ilmiah Prodi Pendidikan Agama Islam, 1-12.
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press. Doi 10.2991/ictte-17.2017.26
Susilo, H., Chotimah, H., & Sari, Y. D. (2022). Penelitian Tindakan Kelas. Media Nusa Creative (MNC Publishing).
Walean, R., Koyongian, Y., & Sabudu, D. (2022). An Analysis Of The Effect Of Transformational Leadership On Employees Job Satisfaction And Employees Performance. Tadbir: Jurnal Studi Manajemen Pendidikan, 6(2), 241-250. 10.29240/jsmp.v6i2.4738
Yampap, U., & Kaligis, D. A. (2022). Penerapan Metode Snowball Throwing Untuk Meningkatkan Keterampilan Berpikir Kritis Siswa Sekolah Dasar. DIKSI: Jurnal Kajian Pendidikan Dan Sosial, 3(2), 125-134. 10.53299/diksi.v3i2.186
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Mohammad Syamsul Maarif

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.