Peningkatan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa MA Tarbiyatul Banin Banat Melalui Kegiatan Apel Pagi
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.201Kata Kunci:
Karakter, Disiplin, Apel PagiAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pembentukan karakter dan budi pekerti pada siswa melalui kegiatan apel pagi dan kefektifannya dalam mewujudkan karakter dan budi pekerti yang baik pada siswa di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak. Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif jualitatif. Data yang ada dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dan guru yang ada di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan apel pagi di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak dapat digunakan sebagai sarana dan jalan yang efektif untuk membentuk dan menanamkan karakter serta budi pekerti pada anak seperti sikap disiplin, bertangung jawab, sopan santu, serta saling menghargai terhadap sesama siswa dan menghargai guru.
Referensi
Apriani, A. N., dan Wangid, M. N. (2015). “Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD”, Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Renika Cipta.
Dwistia, H., Sindika, S., Iqtianti, H., dan Ningsih, D. (2024). “Peran Lingkungan Keluarga dalam Perkembangan Emosional Anak”, Jurnal Parenting Dan Anak, 2(2), 9. DOI: 10.47134/jpa.v2i1.1164.
Idi, A., Safarina. (2015). Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo.
Mahmud. (2011). Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pustakan Setia.
Masruroh., dkk. (2019). “Membentuk Karakter dan Disipin Siswa Melalui Pembinaan Apel Pagi”, Buletin Perkembangan Perangkat Pembelajaran. Vol. 01, No. 01. ISSN 2721-3404.
Muchram, G. R. F. (2012). “Pembinaan Sopan Santun Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Siswa: Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs YPI Al Islam Kab. Bandung”. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.
Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Irfa'i Alfian Mubaidilla

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.