Peningkatan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa MA Tarbiyatul Banin Banat Melalui Kegiatan Apel Pagi

Penulis

  • Irfa'i Alfian Mubaidilla Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Jamilatul Fitriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Siti Lailatul Khoiriyah Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Agus Gunawan Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban
  • Prayogi Pambudi Institut Agama Islam Nahdlatul Ulama Tuban

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.201

Kata Kunci:

Karakter, Disiplin, Apel Pagi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menjelaskan mengenai pembentukan karakter dan budi pekerti pada siswa melalui kegiatan apel pagi dan kefektifannya dalam mewujudkan karakter dan budi pekerti yang baik pada siswa di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak.  Tipe penelitian yang digunakan adalah penelitian kualitatif dengan metode deskriptif jualitatif. Data yang ada dalam penelitian ini diperoleh melalui kegiatan observasi. Subjek dalam penelitian ini adalah siswa-siswi dan guru yang ada di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak. Berdasarkan penelitian yang dilakukan diperoleh hasil bahwa kegiatan apel pagi di MA Tarbiyatul Banin Banat Jetak dapat digunakan sebagai sarana dan jalan yang efektif untuk membentuk dan menanamkan karakter serta budi pekerti pada anak seperti sikap disiplin, bertangung jawab, sopan santu, serta saling menghargai terhadap sesama siswa dan menghargai guru.

Referensi

Apriani, A. N., dan Wangid, M. N. (2015). “Pengaruh SSP Tematik-Integratif Terhadap Karakter Disiplin Dan Tanggung Jawab Siswa Kelas III SD”, Jurnal Prima Edukasia, 3(1), 12-25. Yogyakarta:  Universitas Negeri Yogyakarta.

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta. PT Renika Cipta.

Dwistia, H., Sindika, S., Iqtianti, H., dan Ningsih, D. (2024). “Peran Lingkungan Keluarga dalam Perkembangan Emosional Anak”, Jurnal Parenting Dan Anak, 2(2), 9. DOI: 10.47134/jpa.v2i1.1164.

Idi, A., Safarina. (2015). Etika Pendidikan: Keluarga, Sekolah, dan Masyarakat. Jakarta: PT Raja Grafindo.

Mahmud. (2011).  Metode Penelitian Pendidikan. Bandung. Pustakan Setia.

Masruroh., dkk. (2019). “Membentuk Karakter dan Disipin Siswa Melalui Pembinaan Apel Pagi”, Buletin Perkembangan Perangkat Pembelajaran. Vol. 01, No. 01. ISSN 2721-3404.

Muchram, G. R.  F.  (2012).  “Pembinaan Sopan Santun Sebagai Upaya Membentuk Akhlak Mulia Siswa: Studi Deskriptif Pada Pembelajaran Aqidah Akhlak Di MTs YPI Al Islam Kab. Bandung”. Indonesia: Universitas Pendidikan Indonesia.

Sugiyono. (2010). Metode Penelitian Pendidikan Kuantitatif, Kualitatif, dan R & D. Bandung. Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-12-30

Cara Mengutip

Mubaidilla, I. A., Fitriyah, J. ., Khoiriyah, S. L. ., Gunawan, A. ., & Pambudi, P. . (2024). Peningkatan Karakter Dan Kedisiplinan Siswa MA Tarbiyatul Banin Banat Melalui Kegiatan Apel Pagi. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 3(2), 96–106. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.201