Pendampingan Belajar Baca Qur’an Anak-Anak TPA An-Najiyah Desa Sindang Agung
DOI:
https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.161Kata Kunci:
KKN, Belajar Al-Qur’an, Desa Sindang AgungAbstrak
<p style="text-align: justify;">Tujuan dari diadakannya Pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan pendampingan belajar baca Al-Qur’an anak-anak TPA An-Najiyah adalah memberikan pendampingan membaca Al-Qur’an dengan kaidah hukum bacaan yang tepat bagi anak-anak TPA An-Najiyah yang bertempat di Desa Sindang Agung. Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari kegiatan mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd selama melangsungkan KKN di Desa Sindang Agung. Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan cara kerja PAR (<em>Participatory Action Reseach</em>) yaitu kegiatan riset pengabdian dimana penulis terlibat secara langsung secara partisipatif sebagai pembimbing di lokasi pengabdian. Tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah TPA An-Najiyah yang berlokasi di Dusun Sindang Sari, Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara dengan waktu pelaksanaan selama 7 hari pada tanggal 09 hingga 16 Agustus 2023 jam 16:00 WIB. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan belajar membaca Al-Qur’an yang benar oleh mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd Kotabumi, menjadikan anak-anak semakin bersemangat untuk belajar sehingga kemampuan membaca Al-Qur’an anak-anak pun meningkat, selain itu anak-anak pun memiliki pemahaman ilmu tajwid yang semakin baik setelah mengikuti program yang telah dilaksanakan.</p>
Referensi
Afifatun, S. (2022). “Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”, AR RUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam,1(2), 154.
Akbar, A. B. (2022). “Pendampingan membaca Al-qur'an dengan tajwid yang benar bagi masyarakat disekitar lingkungan kampus”, Jurnal BUDIMAS, Vol : 04, No : 02
Ismaulina. (2020). “Program Pelatihan Dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Dengan Metode IQRA”, RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).
Mahalli, S. K., dan Kholili, S. (2021). “Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al Quran Pada Siswa SD Negeri 2 Kuwasen Jepara”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.
Malik, H. (2013). ”Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang”, DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 387-404.
Mubarok, R. (2022). “Bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Qur'an Siswa Baru”, DHARMA: jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol : 3, No :1
Muniarty, P. (2021). “Pendampingan Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dou Kota Bima”, KEAGAMAAN: Jurnal Pengabian Masyarakat, Vol. 2, No. 2, Agustus 2021 Hal. 96 - 99e-ISSN: 2774-7964.
Muttaqin, A., dan Faishol, R. (2018). “Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’ An-Nur Desa Cluring Banyuwangi”, ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 80-90.
Sajdah, M., dkk. (2023). “Pengaruh hafalan Al-Qur'an Juz 30 terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa”, AR RUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1) : 41-50.
Utami, N., dan Haluti, F. (2019). “Pendampingan Bimbingan Belajar Bacaan Al- Qur’an Pada Anak-Anak”, MONSU'ANI TANO: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9-14.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nisa Elfina

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.