Pendampingan Belajar Baca Qur’an Anak-Anak TPA An-Najiyah Desa Sindang Agung

Penulis

  • Nisa Elfina Mahasiswa STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Anwar Musyaddad SMPN 02 Abung Tengah
  • Dwi Astuti SMPN 03 Tanjung Raja

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.161

Kata Kunci:

KKN, Belajar Al-Qur’an, Desa Sindang Agung

Abstrak

<p style="text-align: justify;">Tujuan dari diadakannya Pengabdian kepada masyarakat berupa kegiatan pendampingan belajar baca Al-Qur&rsquo;an anak-anak TPA An-Najiyah adalah memberikan pendampingan membaca Al-Qur&rsquo;an dengan kaidah hukum bacaan yang tepat bagi anak-anak TPA An-Najiyah yang bertempat di Desa Sindang Agung. Kegiatan pengabdian ini merupakan bagian dari kegiatan mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd selama melangsungkan KKN di Desa Sindang Agung.&nbsp; Metode pelaksanaan pengabdian ini dilakukan dengan cara kerja PAR (<em>Participatory Action Reseach</em>) yaitu kegiatan riset pengabdian dimana penulis terlibat secara langsung secara partisipatif sebagai pembimbing di lokasi pengabdian. Tempat dilaksanakannya kegiatan pengabdian ini adalah TPA An-Najiyah yang berlokasi di Dusun Sindang Sari, Desa Sindang Agung, Kecamatan Tanjung Raja, Kabupaten Lampung Utara dengan waktu pelaksanaan selama 7 hari pada tanggal 09 hingga 16 Agustus 2023 jam 16:00 WIB. Hasil pengabdian ini menunjukkan bahwa dengan adanya pendampingan belajar membaca Al-Qur&rsquo;an yang benar oleh mahasiswa KKN STAI Ibnu Rusyd Kotabumi, menjadikan anak-anak semakin bersemangat untuk belajar sehingga kemampuan membaca Al-Qur&rsquo;an anak-anak pun meningkat, selain itu anak-anak pun memiliki pemahaman ilmu tajwid yang semakin baik setelah mengikuti program yang telah dilaksanakan.</p>

Referensi

Afifatun, S. (2022). “Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”, AR RUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam,1(2), 154.

Akbar, A. B. (2022). “Pendampingan membaca Al-qur'an dengan tajwid yang benar bagi masyarakat disekitar lingkungan kampus”, Jurnal BUDIMAS, Vol : 04, No : 02

Ismaulina. (2020). “Program Pelatihan Dan Pendampingan Pemberantasan Buta Huruf Al-Quran Dengan Metode IQRA”, RAMBIDEUN: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 3(1).

Mahalli, S. K., dan Kholili, S. (2021). “Pendampingan Pembelajaran Baca Tulis Al Quran Pada Siswa SD Negeri 2 Kuwasen Jepara”, Jurnal Pengabdian Masyarakat Multidisiplin.

Malik, H. (2013). ”Pemberdayaan Taman Pendidikan Al-Quran (TPQ) Alhusna Pasadena Semarang”, DIMAS: Jurnal Pemikiran Agama untuk Pemberdayaan, 13(2), 387-404.

Mubarok, R. (2022). “Bimbingan Baca Tulis Al-Qur'an Sebagai Upaya Peningkatan Kualitas Bacaan Qur'an Siswa Baru”, DHARMA: jurnal Pengabdian Masyarakat, Vol : 3, No :1

Muniarty, P. (2021). “Pendampingan Baca Tulis Al-Qur'an Bagi Anak-Anak di Lokasi KKN Kelurahan Dou Kota Bima”, KEAGAMAAN: Jurnal Pengabian Masyarakat, Vol. 2, No. 2, Agustus 2021 Hal. 96 - 99e-ISSN: 2774-7964.

Muttaqin, A., dan Faishol, R. (2018). “Pendampingan Pendidikan Non Formal Diposdaya Masjid Jami’ An-Nur Desa Cluring Banyuwangi”, ABDI KAMI: Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 80-90.

Sajdah, M., dkk. (2023). “Pengaruh hafalan Al-Qur'an Juz 30 terhadap hasil belajar mata pelajaran PAI siswa”, AR RUSYD: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1) : 41-50.

Utami, N., dan Haluti, F. (2019). “Pendampingan Bimbingan Belajar Bacaan Al- Qur’an Pada Anak-Anak”, MONSU'ANI TANO: Jurnal Pengabdian Masyarakat, 2(1), 9-14.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-26

Cara Mengutip

Elfina, N., Musyaddad, A. ., & Astuti, D. . (2025). Pendampingan Belajar Baca Qur’an Anak-Anak TPA An-Najiyah Desa Sindang Agung . Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 4(1), 31–38. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.161