Pembelajaran Klasikal dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Dan Do’a Harian di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara

Penulis

  • M. Sayyidul Abrori IAIMNU Metro Lampung
  • Hasyim Asy'ari IAIMNU Metro Lampung

DOI:

https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.12

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui manfaat pembelajaran klasikal dalam menghafal Al-Qur'an di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara dengan menggunakan teori gerakan ganda. Penelitian ini bersifat deskriptif kualitatif yang dilaksanakan di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo. Subyek penelitian ini adalah Ustadz  dan peserta  didik.  Teknik pengumpulan  data  yang  dipakai  yaitu  observasi,  wawancara dan  dokumentasi.  Teknik  analisis  data  mencakup reduksi  data,  penyajian  data,  penarikan kesimpulan. Kemudian    pengecekan  keabsahan  data    dilakukan dengan menggunakan teknik triangulasi. Hasil penelitian menunjukkan: (a) pembelajaran klasikal mampu memberikan pembelajaran yang mudah diterima siswa sehingga mampu menghafal Al-Qur'an, (b) dengan menerapkan pembelajaran klasikal di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara. ustadz mudah mengajarkan hafalan seperti mengaji, membaca doa, (c) dengan diterapkannya pembelajaran klasikal di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara pembelajaran menjadi menyenangkan dan menjadi kondusif untuk pembelajaran di kelas sehingga siswa menjadi belajar dahulu kala dan mampu menghafal hafalan yang diberikan oleh ustad atau ustadz.

Referensi

Abrori, M. S. (2017) Implementasi Nilai Nilai Ahlussunnah Wal Jamaah (Aswaja). Dalam Pembelajaran Siswa Di Mts Darussalam Kademangan Blitar.

Abrori, M. S., & Hadi, M. S. (2020) ‘Integral Values in Madrasah: to Foster Community Trust in Education’, Istawa: Jurnal Pendidikan Islam, 5(2), 160–178.

Abrori, M. S., & Nurkholis, M. (2019) ‘Islamisasi Ilmu Pengetahuan Menurut Pandangan Syed Muhammad Naquib Al-Attas Dan Implikasinya Terhadap Pengembangan PAI Di Perguruan Tinggi Umum’, Al-I’tibar: Jurnal Pendidikan Islam, 6(1), 09–18.

An-Nahdhah. (2011) Desakralitas dan Historitas dalam Studi Al-Qur’an Kontemporer (telaah atas pemikiran fazlurrahman). Volume 4, No. 7 Juni 2011.

Ainur, R. (2017) Layanan Bimbingan Klasikal Untuk Meningkatkan Konsep Diri Siswa Underachiver. Volume 3, No. 2, 2017.

Ali, M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 100–120

Ali, S. (2001) Skripsi Kritik Fazlur Rahman Terhadap Uzlah. Semarang: Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang, 2001.

Alston, M., & Wendy, B. (2014) Research For Social Worker: An Introduction to Methods, Australia: Allen ang Unwin.

Affandi, F. S. (2002) Skripsi Study Analisis Fazlur Rahman Tentang Manusia. Semarang: Fakultas Ushuluddin IAIN Walisongo Semarang.

Budiman, M. A. (2017) Keefektifan Bimbingan Klasikal Berbantuan Media Audio Visual Terhadap Pernikahan Usia Dini. Vol. 2, No. 2, April 2017.

Choirudin, C., Setiawan, A., Anwar, M. S., Riyana, E., Abrori, M. S., & Wahyudi, W. (2021) ‘Development Of Qur’an And Hadith-Based Mathematics Module For Students’mathematical Understanding And Religious Character’, Jurnal Tatsqif, 19(2), 114–132.

Depdiknas. (1991) Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Depdiknas.

Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 81–99.

Fatimah, D. N. (2017) Layanan Bimbingan Klasikal Dalam Meningkatkan Self Control Siswa SMP Negeri 5 Yogyakarta: Home > Vol 14, No 1, 2017.

Grinnell, R, (2014) Social Work Research and Evaluation. Quantitative and Qualitative Approaches. Illinois: F. E. Peacock Publishers Inc.

Irawan, W. (2014) Pemasaran Prinsip dan Kasus Edisi 2. Yogyakarta: BPFE.

Ivania, M., Komalasari, G., Filiani, K. (2012) ‘Evaluasi Program Layanan Bimbingan Klasikal Di Sman 46 Jakarta Selatan’, Vol 1 No 1: Insight: Jurnal Bimbingan dan Konseling.

Moleong, L. J. (2006) Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: P.P. Remaja Rosdakarya.

Mulyana, D. (2014) Metodologi Penelitian Kualitatif: Paradigma Baru Ilmu Komunikasi dan Ilmu Sosial Lainnya. Bandung: PT. Remja Rosdakarya.

Poerwandari, E. K. (2014) Pendekatan Kualitatif dalam Penelitian Psikologi Jakarta: LPSP3.

Rasihon, A. (1994) Ulum al-Quran. Pustaka Setia Bandung.

Rahman, F. (2001) Gelombang Perubahan Dalam Islam, Terj. Aam Fahmia. Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada.

Rahman, F. (1994) Islam, Ter. Ahsin Muhammad. Bandung, Pustaka, 1994.

Sutrisno, M. (2014) ‘Developing Cipp Evaluation Instrument For Tahfiz Al-Qur’an In Pondok Pesantren’, Jurnal Penelitian dan Evaluasi Pendidikan, Tahun 18, Nomor 2’

Sutrisno, M., Rahman, F. (2006) Kajian Terhadap Metode, Epistimologi dan Sistem Pendidikan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaeful, Ahmad., Sumardi, K., Purnawan. (2015) Komparasi Peningkatan Hasil Belajar Antara Pembelajaran Menggunakan Sistem Pembelajaran Online Terpadu Dengan Pembelajaran Klasikal Pada Mata Kuliah Pneumatik Dan Hidrolik.Home > Vol 2, No 2,

Soehartono, Irawan. (2014) Metode Penelitian Sosial. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2023-04-11

Cara Mengutip

Abrori, M. S., & Asy’ari, H. (2023). Pembelajaran Klasikal dalam Menghafal Surat-Surat Pendek Dan Do’a Harian di TPQ Masjid Nurul Jannah Karangrejo Metro Utara. Ar-Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(1), 1–24. https://doi.org/10.61094/arrusyd.2830-2281.12