Konsep Pengelolaan Usaha dan Strategi Memenangkan Kompetensi Bisnis

Penulis

  • Silva Sindika Sekolah tinggi agama Islam Ibnu rusyd
  • Martoyo

Kata Kunci:

Pengelolaan usaha, strategi bisnis, kompetensi, keunggulan, bersaing, adaptasi pasar.

Abstrak

Dalam era globalisasi dan persaingan bisnis yang semakin kompleks, setiap pelaku usaha dituntut untuk memiliki kemampuan dalam mengelola usahanya secara efektif serta mampu merancang strategi yang tepat guna memenangkan kompetisi di pasar. Artikel ini mengulas secara komprehensif mengenai konsep dasar dalam pengelolaan usaha serta berbagai pendekatan strategis yang dapat digunakan untuk meningkatkan daya saing bisnis. Pengelolaan usaha mencakup proses perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan, dan pengawasan yang saling berkaitan serta harus dijalankan secara terpadu agar tujuan bisnis dapat tercapai secara optimal. Sementara itu, strategi untuk memenangkan kompetensi bisnis perlu mempertimbangkan faktor internal dan eksternal perusahaan, termasuk kondisi pasar, keunggulan produk, serta perkembangan teknologi. Dalam penelitian ini digunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi pustaka untuk menggali literatur-literatur relevan sebagai dasar analisis. Hasil pembahasan menunjukkan bahwa kombinasi antara pengelolaan usaha yang baik dan strategi bisnis yang adaptif dapat membantu perusahaan tidak hanya bertahan, tetapi juga unggul dalam persaingan. Oleh karena itu, penting bagi pelaku usaha untuk terus mengevaluasi dan mengembangkan pola pengelolaan serta strategi yang sesuai dengan dinamika bisnis saat ini.

Referensi

Hasibuan, M. S. P. (2018). Manajemen: Dasar, Pengertian, dan Masalah. Jakarta: Bumi Aksara. Kotler, Philip dan Kevin Keller. Marketing Management. Jakarta: Erlangga, 2016. Manullang, M. (2005). Dasar-dasar Manajemen. Yogyakarta: Gadjah Mada University Press. Porter, M. E. (1985). Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: Free Press.

Porter, Michael E. Competitive Advantage: Creating and Sustaining Superior Performance. New York: Free Press, 1985.

Prahalad, C.K. & Hamel, Gary. "The Core Competence of the Corporation." Harvard Business Review, Vol. 68, No. 3, 1990.

Robbins, Stephen P., & Coulter, Mary. Management. 13th ed., Pearson Education, 2016.

Sutrisno, E. (2016). Manajemen Sumber Daya Manusia. Jakarta: Kencana.

Wheelen, T. L., & Hunger, J. D. (2012). Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. Pearson Education.

Wheelen, Thomas L., dan J. David Hunger. Strategic Management and Business Policy: Toward Global Sustainability. 14th ed. Pearson Education, 2015.

Unduhan

Diterbitkan

2025-05-05

Cara Mengutip

Sindika, S., & Martoyo. (2025). Konsep Pengelolaan Usaha dan Strategi Memenangkan Kompetensi Bisnis. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 4(2), 45.51. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/711