FAKTOR FAKTOR KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA
KEBERHASILAN DAN KEGAGALAN USAHA
Kata Kunci:
Persepsi mahasiswa, cara bekerja efektif, efisien, kewirausahaan, pembelajaran, ekonomi syariahAbstrak
Keberhasilan serta kegagalan usaha adalah fenomena yang lingkungan serta dipengaruhi oleh berbagai aspek Dalam konteks ini, aspek internal seperti manajemen, sumber energi manusia, serta inovasi produk menjadi kunci utama. Manajemen yang efisien serta kepemimpinan yang kokoh bisa mendesak regu buat menyesuaikan diri serta berinovasi, sebaliknya sumber energi manusia yang terampil serta pelatihan memberikan masukan yang signifikan terhadap produktivitas serta saling layanan. Di sisi lain, aspek eksternal seperti keadaan pasar, persaingan, serta regulasi pemerintah pula kedudukan berperan berarti Uraian yang baik tentang tren pasar serta kebutuhan konsumen memblehkan industri untuk membiasakan strategi bisnis mereka serta selalu relevan. Tidak hanya itu, industri yang mampu mengestimasi perubahan dalam regulasi serta kebijakan ekonomi cenderung lebih sukses dalam mengelola risiko serta menggunakan kesempatan Kesimpulannya faktor-faktor psikologis serta budaya organisasi tidak dapat diabaikan dalam memastikan keberhasilan usaha. Lanskap budaya yang mendukung inovasi serta kerja sama bisa meningkatkan motivasi serta keterlibatan karyawan, sedangkan budaya yang kaku bisa membatasi perkembangan sebab itu, analisis yang merata terhadap faktor-faktor ini sangat berarti untuk pengusaha buat merumuskan strategi yang efisien dalam menggapai keberhasilan jangka panjang.
Referensi
Ali, Muhammad Yusri, and David Sukardi Kodrat. "Faktor-faktor penyebab kegagalan bisnis pada perusahaan mitra jaya abadi." Jurnal Performa: Jurnal Manajemen dan Start-up Bisnis 2.1 (2017): 124-131.
Husaini, Fahrul, and Alliny Namilana Rambu Hutar. "Analisis Faktor Kegagalan Wirausaha:(Studi Kasus Pada Usaha Kecil Menengah)." Juremi: Jurnal Riset Ekonomi 2.1 (2022): 119-134.
IMON, Wanda; TUMBEL, Altje; MANDAGIE, Yunita. Analisis faktor yang mempengaruhi keberhasilan dan kegagalan pada strategi pemasaran toko sepatu payless cabang megamall. Jurnal EMBA: Jurnal Riset Ekonomi, Manajemen, Bisnis dan Akuntansi, 2018, 6.3.
JANNAH, Mukhlishotul. Faktor-faktor yang mempengaruhi kegagalan usaha. ISLAMICONOMIC: Jurnal Ekonomi Islam, 2015, 6.1.
Lestari, Ika, and M. M. MANSUR CHADI MURSID. Lingkungan Dunia Usaha Di Indonesia. Vol. 1. Mansur Chadi Mursid, 2022.
Mahfud, Mohamad Harisudin. "Metode penentuan faktor-faktor keberhasilan penting dalam analisis swot." AGRISAINTIFIKA: Jurnal Ilmu-Ilmu Pertanian 3.2 (2019): 113-125.
NATASYA, Novi; SIENATRA, Krismi Budi. FAKTOR-FAKTOR KEUANGAN SEBAGAI PREDIKTOR KEGAGALAN BISNIS PADA BISNIS MAHASISWA. 2020.
Penyusun, Tim. "Modul Produk Kreatif dan Kewirausahaan SMK Kelas XI."
Putra, Dian Purnama, and Didin Hikmah Perkasa. "Keberhasilan dan Kegagalan Ekspatriat Dalam Memimpin Perusahaan di Indonesia: Tinjauan Literatur dan Analisis Faktor-faktor yang Berpengaruh." Jurnal Bina Bangsa Ekonomika 18.1 (2025): 591-607.
Rahayu, Maryati, and Bida Sari. "Faktor-faktor yang mempengaruhi nilai perusahaan." IKRA-ITH HUMANIORA: Jurnal Sosial Dan Humaniora 2.1 (2018): 69-76.
Safitri, Mey Elisa, and Endang Maryanti. Buku Ajar Kewirausahaan. Penerbit NEM, 2022.
Suarlin, Suarlin, and Muhammad Ichsan Ali. "Membangun Jiwa Kewirausahaan." (2018).
Suarlin, Suarlin, and Muhammad Ichsan Ali. "Membangun Jiwa Kewirausahaan." (2018).
Suarmawan, Kadek Agus, Naswan Suharsono, and Kadek Rai Suwena. "Analisis faktor-faktor yang mempengaruhi keberhasilan usaha mikro dan kecil (Studi pada usaha kerajinan ingka di Desa Bulian, Kec. Kubutambahan)." Jurnal Jurusan Pendidikan Ekonomi (JJPE) 5.1 (2015): 1-10.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Martoyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
