Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pelajaran PAI Dalam Mengenal Dan Tugas Malaikat Melalui Model Pembelajaran Make A Match di Kelas IV SDN 2 Kota Alam Kotabumi Tahun Pelajaran 2024/2025
abstrak, pendahuluan, konsep teori, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar rujukan
Abstrak
Hasil belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di SDN 2 Kota Alam Kotabumi masih tergolong rendah akibat penggunaan metode pembelajaran yang kurang interaktif dan minimnya keterlibatan siswa dalam proses belajar. Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan hasil belajar siswa melalui penerapan model pembelajaran Make a Match yang bersifat aktif dan menyenangkan. Metode penelitian yang digunakan adalah Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilakukan dalam dua siklus dengan tahapan perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Data diperoleh melalui tes hasil belajar, observasi aktivitas siswa, serta wawancara dengan guru dan siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa aktivitas siswa meningkat dari 65,2% pada siklus I menjadi 89,7% pada siklus II. Selain itu, ketuntasan belajar siswa juga mengalami peningkatan dari 56,0% pada siklus I menjadi 92,0% pada siklus II. Dengan demikian, model pembelajaran Make a Match terbukti efektif dalam meningkatkan partisipasi siswa, motivasi belajar, serta pemahaman materi PAI, khususnya pada materi Mengenal Malaikat dan Tugasnya.
Kata Kunci: Hasil Belajar, Model Make a Match, Pembelajaran PAI
Referensi
Arikunto. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Rineka Cipta.
Azizah, L., Purwanto, E., & Rahmawati, Y. (2021). “Pengaruh Model Pembelajaran Aktif terhadap Hasil Belajar Siswa pada Mata Pelajaran PAI.” Jurnal Pendidikan Agama Islam Indonesia, 6(1), 45–53.
Bahri, S. (2021). Peningkatan Hasil Belajar Siswa Melalui Penggunaan Model Make A Match Materi Mengenal Malaikat Allah Dan Tugasnya Kelas Iv Sdn Muka Sungai Kuruk Seruway. Elementary: Jurnal Inovasi Pendidikan Dasar, 1(4), Article 4. Https://Doi.Org/10.51878/Elementary.V1i4.575
Hamdani. (2020). Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Pustaka Setia.
Hidayat, R., & Abdillah. (2019). Ilmu Pendidikan “Konsep, Teori Dan Aplikasinya.” Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia (Lpppi).
Komalasari, K. (2017). Pembelajaran Kontekstual: Konsep Dan Aplikasi. Refika Aditama.
Lubis, N. (2023). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pai Dalam Mengenal Malaikat Dan Tugasnya Melalui Metode Make A Match Di Kelas Iv Sd Negeri 200509 Padangsidimpuan. Dirasatuna: Kajian Ilmu Dan Pemikiran Tentang Pendidikan, 2(2), Article 2.
Mokoagow, F. (2022). Meningkatkan Hasil Belajar Peseta Didik Melalui Pembelajaran Teori Belajar Behaviorisme Albert Bandura Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Materi Mengenal Malaikat Allah Kelas V Di Sdn 3 Limboto Barat. Jurnal Citra Pendidikan, 2(3), Article 3. Https://Doi.Org/10.38048/Jcp.V2i3.714
Mulyatiningsih, E. (2011). Metode Penelitian Terapan Bidang Pendidikan. Cv. Alfabeta.
Ningsih, I. W., Mayasari, A., & Arifudin, O. (T.T.). Manajemen Pembelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Peserta Didik Di Sekolah Dasar.
Rusman. (2018). Model-Model Pembelajaran: Mengembangkan Profesionalisme Guru. Rajawali Perss.
Sulastri, S. (2020). Upaya Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dalam Mengenal Malaikat Dan Tugas-Tugasnya Melalui Metode Make A Match Di Sd Negeri Sendang 01 Kecamatan Bringin Kabupaten Semarang Tahun Pelajaran 2017/2018. Janacitta, 3(2), Article 2. Https://Doi.Org/10.35473/Jnctt.V3i2.742
Supriyono, A., & Nurfauziah, I. (2022). “Efektivitas Model Make a Match terhadap Peningkatan Hasil Belajar dan Keaktifan Siswa.” Jurnal Edukasi Islami, 10(2), 134–146.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 sodikin, Meilisa Sajdah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.