Peningkatan Kemampuan Mengenal Lambang Bilangan melalui Penggunaan Media Kartu Angka Bergambar Pada Anak Usia Dini di Raudhatul Athfal Bina Insani Tahun 2022/2023
Abstrak, pendahuluan, rumusan masalah, tujuan penelitian, kajian teori, metode penelitian, hasil dan pembahasan, kesimpulan, daftar rujukan
Abstrak
Tujuan penelitian ini untuk meningkatkan kemampuan mengenal lambang bilangan pada anak usia dini melalui penggunaan media kartu angka bergambar di Raudhatul Athfal (RA) Bina Insani tahun (2022/2023). Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas ( PTK) dengan model kemmis dan MC Tagrat yang terdiri dari dua siklus subjek penelitian adalah anak kelompok B yang berjumlah 15 anak. Instrument yang digunakan meliputi observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu angka bergambar secara signifikan meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal lambang bilangan . Pada siklus pertama persentase keberhasilan mencapai 65% , sedangkan pada siklus kedua meningkat menjadi 85% . Hasil ini menunjukkan bahwa media kartu angka bergambar efektif dalam membantu anak usia dini mengenal lambang bilangan.
Referensi
Bambang. (2010). Pendidikan Karakter Anak Usia Dini. Jogjakarta: Ar0Ruzz Media.
Bustami, M. Y. (2012). Panduan Lengkap PAUD Melejitkan Potensi dan Kecerdasan Anak Usia Dini. Jakarta: Citra Publishing.
Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: W. W. Norton Company.
Rahmawati, I. (2021). Efektivitas Media Kartu Angka Bergambar dalam Meningkatkan Pemahaman Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini.
Sudaryanti. (2016). Pengenalan Matematika Anak Usia Dini. Yogyakarta: Universitas Negeri Yogyakarta.
Sugiyanto. (2013). Model-model Pembelajaran Inovatif. Jakarta: Yuma.
Suyanto, S. (2019). Strategi Pembelajaran Anak Usia Dini. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.
Yuniarti. (2010). Buku Materi Pokok PAUD: Perkembangan dan Konsep Dasar Pengembangan Anak Usia Dini. Jakarta: Universitas Terbuka.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 aulia tanzania, Dewi, Dessy Kurnia Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.