https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/issue/feedJPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd2025-07-29T16:15:14+07:00Halen Dwistiahalendwistia23@gmail.comOpen Journal Systems<p style="text-align: justify;">JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd adalah jurnal akses terbuka, ditinjau oleh mitra bestari, dan jurnal nasional yang diterbitkan oleh<span style="font-size: 0.875rem;"> Sekolah Tinggi Agama Islam (STAI) Ibnu Rusyd Kotabumi yang menerbitkan makalah penelitian terkini tentang pendidikan Islam.</span></p> <p style="text-align: justify;">Menyediakan platform bagi para peneliti, akademisi, profesional, dan praktisi untuk berbagi dan berbagi pengetahuan dalam bentuk artikel hasil penelitian empiris dan teoritis berkualitas tinggi, studi kasus, dan tinjauan literatur di bidang penelitian. Fokus dan lingkup jurnal ini adalah Ilmu Pendidikan; Ilmu Pendidikan Islam; Pendidikan Anak Usia Dini, Ekonomi Syariah, dll.</p> <p style="text-align: justify;">Jurnal Ini adalah jurnal akses terbuka sehingga semua pihak diperbolehkan untuk membaca, mengunduh, menyalin, mendistribusikan, mencetak, atau menautkan sebagian atau seluruh artikel tanpa biaya dan izin terlebih dahulu dari penulis atau tim redaksi jurnal. </p>https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/639Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Gambar di RA Babu Ridho Al Amin Abung Sukarta Tahun Ajaran 2021/20222025-05-25T00:43:12+07:00Agung agus revaldi RevaldiAgusrevaldiagung@gmail.comTri Hariyatitrihariyati94@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di RA Babu Ridho Al Amin Abung Sukarta melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 4–5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf anak dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Media gambar terbukti efektif meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk huruf secara visual dan menarik minat belajar anak.</p>2022-12-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 Agung agus revaldi Revaldi, Tri Hariyatihttps://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/627Pengaruh Gaya Belajar Terhadap Hasil Belajar Pada Mata Pelajaran Aqidah Akhlak Kelas VIII Masa Pandemi Covid-19 di PKBM Sabilul Mukminin Lampung Utara Tahun Jaran 2021/20222025-05-23T22:31:06+07:00Habibah Amumpuniamumpunihabibah@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh gaya belajar terhadap hasil belajar siswa pada mata pelajaran Aqidah Akhlak kelas VIII di PKBM Sabilul Mukminin Lampung Utara selama masa pandemi Covid-19 tahun ajaran 2021/2022. Penelitian ini dilatarbelakangi oleh perubahan metode pembelajaran yang signifikan akibat pandemi, yang menuntut siswa untuk belajar secara daring dan mandiri, sehingga gaya belajar menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi hasil belajar.</p>2022-12-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2022 Habibah Amumpunihttps://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/642Problematika pembelajaran pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 3 di SDN pengaringan kecamatan abung barat lampung utara tahun ajaran 2022/20232025-05-25T02:15:05+07:00Muhammad Agung Prabowoagungpra0409@gmail.comMakhrus Alimuhammadali2518@gmail.comHarmonoharmonomobile4@gmail.com<p>Penelitian ini bertujuan untuk menggali problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas 3 SDN Pengaringan selama masa pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI selama pandemi menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pendampingan orang tua, dan minimnya interaksi antara guru dan siswa. Faktor-faktor tersebut berdampak negatif terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan dengan menurunnya keaktifan, motivasi, dan partisipasi dalam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang adaptif serta pendekatan yang lebih personal untuk mengembalikan minat belajar siswa setelah pandemi.</p> <p> </p>2022-12-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Agung Prabowo, Makhrus Ali, Harmonohttps://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/631Usaha Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Di Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022/20232025-05-24T09:36:43+07:00marlenimarleni27030@gmail.comIngtia Juli WantikaIngtiajuli34@gmail.comPuji Rahayuningsihpujirahayukotabumi@gmail.com<p>Dalam pembelajaran agama Islam yang menjadi sumber dari pendidikan agama adalah Al-Qur’an, karena berisi kandungan ajaran-ajaran yang lengkap tentang keimanan, ahlak mulia, aturan ibadah, hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia, serta segala yang berhubungan dengan kehidupan manusia, karena itulah yang terpenting dalam pendidikan agama adalah memahami Al-Qur’an. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dimana wawancara dilakukan terhadap orang tua dan anak yang berada di pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat, dalam hal ini orang tua yang memiliki kewajiban memberikan pengajaran kepada anaknya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap orang tua di di pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di antaranya ada yang menempatkan anaknya di TPA, mendatangkan guru privat dan ada yang memberikan pengajaran sendiri di rumah, sehingga kemampuan anak-anak akan lebih baik dan dapat terpantau langsung oleh orang tua di rumah.</p>2025-07-29T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2025 marleni, Ingtia Juli Wantikahttps://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/669Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTS An-Nur Negara Ratu Tahun Ajaran 2022/20232025-05-27T19:45:55+07:00ENENG ULFA DEBI YANIdebyani237@gmail.comMakhrus Alimuhammadali2518@gmail.comAan Gunawanaangunawan0705@gmail.com<p style="text-align: justify;"><span style="font-family: 'Cambria',serif;">Guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan berbagai elemen pembelajaran (tujuan, materi, metode, alat, dan penilaian) untuk mempengaruhi siswa agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, guru Al-Qur’an Hadis menerapkan beberapa strategi, seperti meminta siswa untuk membaca ayat yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari, membentuk kelompok-kelompok, dan meminta mereka untuk mempresentasikan materi yang telah dibagikan serta membaca ayat yang berhubungan dengan topik tersebut. Selain itu, guru memberikan koreksi terhadap bacaan siswa agar mereka dapat memperbaiki bacaan dan menjadi lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu? 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Munawwarah Kelurahan Aur Kenali Kota Jambi? 3) Metode apa yang paling sesuai untuk diterapkan dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu</span></p>2022-12-05T00:00:00+07:00Hak Cipta (c) 2022 ENENG ULFA DEBI YANI, M. Makhrus Ali, Aan Gunawan