Upaya Penerapan Metode Dakwah Dalam Mengembangkan Kegiatan Keagamaan Di Era Modern Berdasarkan Karakteristik Remaja Dalam Aktivitas Dakwah
Kata Kunci:
Metode dakwah, karakteristik remaja, kegiatan keagamaanAbstrak
Metode dakwah merupakan salah satu unsur dakwah yang memiliki peran penting dan strategis untuk keberhasilan dakwah. Metode dakwah selalu mengalami perkembangan sesuai dengan perkembangan situasi dan zaman. Dalam berdakwah ada banyak metode yang bisa diterapkan oleh seorang da’i dalam menyampaikan dakwah pesan dakwah. Da’i harus menggunakan metode yang sesuai dengan tujuan dakwah, sehingga dakwah dapat mencapai keberhasilan. Mengembangkan kegiatan keagamaan adalah upaya pembinaan perilaku keagamaan yang dilakukan oleh individu atau kelompok masyarakat yang bertujuan untuk memperdalam ilmu pengetahuan dan menambah wawasan serta menciptakan suasana religius dalam rangka mencerdaskan kehidupan bangsa yang beriman dan berakhlak mulia. Bentuk aktivitas dakwah islam dalam pembinaan remaja berupa pemahaman ilmu pengetahuan agama islam dan kebiasaan berperilaku remaja yang sesuai dengan ajaran agama islam.
Referensi
Ali, M. M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 100–121. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Ali, M. (2022). Silabus Acuan Pengembangan Kurikulum Pendidikan Agama Islam. Perpusnas.
Amin, s. M. (2009). ilmu Dakwah. Jakarta: Kencana.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.
Aripudin, A. (2011). Pengembangan Metode Dakwah. Jakarta: Raja Grafika Kencana.
Defnaldi, D. et al. (2023) ‘The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(1), pp. 164–174. doi: 10.31851/jmksp.v8i1.10941.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Hidayah, W. (2022) ‘Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 28–40. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Munir, M. (2003). Metode Dakwah. jakarta: Kencana.
Said, N. M. (2015). Metode Dakwah (Studi Al-Qur’an Surah An-Nahl ayat 125). Jurnal Dakwah Tabligh, 16(1), 78-89.Ali, M. M. (2022) ‘Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), pp. 100–121. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.
Defnaldi, D. et al. (2023) ‘The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(1), pp. 164–174. doi: 10.31851/jmksp.v8i1.10941.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Hidayah, W. (2022) ‘Presensi Kurikulum Takmiliyah Pesantren dalam Prespektif Pendidikan’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 28–40. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Sunawan, M. et al. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Atlantis Press, 158(Ictte), pp. 929–935. doi: 10.2991/ictte-17.2017.26.
Shihab, M. Q. (2001). tafsir al-Misbhah. Jakarta: Lentera hati.
https://journal3.uin-alauddin.ac.id/index.php/tabligh/article/view/6109
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Martoyo Martoyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.