Karakteristik Instrumen Penilaian Pendidikan Agama Islam
Kata Kunci:
karakteristik, instrumen penilaian, pendidikan agama islamAbstrak
Validitas, Reliabilitas, Daya beda, Tingkat kesukaran merupakan sebuah instrument yang penting dalam sebuah pendidikan agar data yang di hasilkan dapat di gunakan dengan baik. Validasi terbagi menjadi validasi isi dan konstruk. Validasi isi merupakan sebuah instrumen yang dapat dikatakan valid jika sesuai dengan kurikulum, materi dan tujuan. Sedangkan validitas konstruk Adalah Validitas yang berpikir seberapa tercapainya butir tes dapat mengukur sesuatu yang akan di ukur dan disesuaikan dengan konsep yang telah di tetapkan. Reliabilitas ditentukan dengan nilai cronbach’s alpha, apabila nilai cronbach’s alpha sebesar 0,5 dapat digunakan untuk tujuan penelitian. Daya pembeda kemampuan membedakkan kelompok atas dan bawah dalam bentuk soal. Tingkat kesukaran membedakan soal dari segi kesulitan Jadi jika instrumen penilaian dari ke empat hal ini berada didalam kategori baik, maka instrumen yang dibuat oleh peneliti memiliki kriteria yang baik.
Referensi
Afifatun, S. (2018). Perencanaan Sistem Evaluasi Pendidikan. CV. LADUNY ALIFATAMA.
Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. 1(2), 100–121. https://doi.org/10.17534/arrusyd.1234-1234.1456. http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/27/13
Allen, M.j., & Yen, W.M. (1979). Introduction to measurement theory. Monterey, Mexico: Brooks/Cole Publishing Company.
Arifin, Zaenal. 2017. Kriteria Instrumen Dalam Suatu Penelitian. 2(1), 28-36. Jurnal Theorems: The Original Research of Mathematics).
Basuki, I., & Hariyanto. (2014). Asesemen pembelajaran. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.
Arikunto, S. 2013. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Bumi Aksara.
Daryanto & Amirono. (2016). Evaluasi dan Penilaian Pembelajaran Kurikulum 2013. Yogyakarta: Gava Media.
Elviana. (2020). ANALISIS BUTIR SOAL EVALUASI PEMBELAJARAN PENDIDIKAN AGAMA ISLAM MENGGUNAKAN PROGRAM ANATES. Jurnal MUDARRISUNA, 10(2), 58–74.
Erlinawati, E., & Muslimah. (2021). Test Validity and Reliability in Learning Evaluation. Bulletin of Community Engagement, 1(1).
Hariyati, T., & Zulpan. (2019). VALIDITY AND RELIABILITY OF PERFORMANCE ASSESSMENT OF ACETIC ACID VISUAL INSPECTION. JURNAL LITERASIOLOGI, 1(2), 100–107. https://jurnal.literasikitaindonesia.com/index.php/literasiologi/article/view/35
Hikmah, & Muslimah. (2021). Validitas dan Reliabilitas Tes dalam Menunjang Hasil Belajar PAI (Vol. 1).
Khafidin, Z. (2014). Analisis Validitas Dan Reliabilitas Tes Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Tingkat Sma. Edukasia : Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 9(2), 253–266. https://doi.org/10.21043/edukasia.v9i2.775
Mardapi, D. (2016). Pengukuran Penilaian & Evaluasi Pendidikan. Yogyakarta: Parama Publishing. https://doi.org/978-602-6243-20-1
Mushaf Al-Qur’an Terjemah, Al-Qur’an Terjemah Edisi tahun 2002, (Jakarta: Al-Huda (kelompok gema insani), 1426 H,
Retnawati, H. (2014). Membuktikan validitas instrumen dalam pengukuran.
Sugiyono. (2019). Statistika Untuk Penelitian, Bandung : Alfabeta, Cetakan ke-30.
Sulaiman, (2017). Metodologi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI), Banda Aceh : Yayasan Pena Banda Aceh.
Sunawan., Dwistia, Halen., Kurniawan, Kusnarto., Hartati, Sri., Sofyan, Afriyadi. ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’. Proceedings of the International Conference on Teacher Training and Education 2017. (ICTTE 2017). Atlantis Press. Doi 10.2991/ictte-17.2017.26
Sundayana. R. 2016. Statistika Penelitian Pendidikan. Bandung: Alfabeta.
Sumintono, Bambang dan Widhiarso, Wahyu. 2015. Aplikasi Pemodelan Rasch pada Assessment Pendidikan, Bandung: Trim Komunikata.
Surapranata, S. (2009). Analisis, validitas, reliabilitas, dan interpretasihasil tes implementasi kurikulum 2004. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya
Suryadi, Ahmad, Evaluasi Pembelajaran Jilid II, Jawa Barat: CV. Jejak, 2020.
Widiyanto, J. (2018). evaluasi pembelajaran.Madiun:UNIPMA PRES
Yusup, F. (2018). Uji Validitas Dan Reliabilitas Instrumen Penelitian Kuantitatif. Tarbiyah: Jurnal Ilmiah Kependidikan, 7(1).
Zogara, A. umbu, & Hariyati, T. (2021). MEMAHAMI DASAR-DASAR PENELITIAN KESEHATAN. In Haura publishing.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Tri Hariyati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.