Penerapan Metode Demonstrasi Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Dan Budi Pekerti Kelas VI SDN Negeri Ratu Tahun Ajaran 2020/2021
Kata Kunci:
Metode demonstrasi, pendidikan agama islam, budi pekertiAbstrak
Metode merupakan salah satu teknik pembelajaran yang penting untuk membuat siswa tertarik mengikuti pelajaran. Metode demonstrasi adalah cara penyajian belajar mengajar dengan menunjukkan bagaimana sesuatu dikerjakan, disertai dengan penjelasan secara visual prosesnya agar lebih mudah menyampaikan pokok bahasan. Pendidikan Agama Islam khususnya penting bagi siswa kelas VI SDN Negeri Ratu karena bertujuan untuk melengkapi dan memperkuat karakter siswa yang baik dan islami. Salah satu metode pembelajaran yang dapat diterapkan adalah metode demonstrasi. Jenis penelitian ini merupakan penelitian kualitatif, teknik pengumpulan data yang digunakan adalah observasi, tes, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa lebih antusias dan senang selama mempelajari Pendidikan Agama Islam dan Budi Pekerti di SDN Negeri Ratu menggunakan metode demonstrasi.
Referensi
Ali, M. M. (2022). Optimalisasi Kompetensi Kepribadian Dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (Pai) dalam Mengajar. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam 1 (2) : 100 –121
http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/27/13
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19.
Asma, A. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Pendidikan Agama Islam Pada Siswa Kelas X Di SMK Negeri 2 Paguyaman. Aksara: Jurnal Ilmu Pendidikan Nonformal, 7(3), 1135.
Cholifah, U. (2019). Upaya Meningkatkan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam melalui Model Eksperimen. Academy of Education Journal, 10(02), 142–151.
Darmadi, H. (2015). Tugas, Peran, Kompetensi, Dan Tanggung Jawab Menjadi Guru Profesional. Jurnal Edukasi, 13(2), 161–174.
Defnaldi, D. (2022). Afiksasi Morfologi Pada Fi’il Tsulaasi Maziid Geminasi Dalam Bahasa Arab. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 122-137.
http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/50/14
Dwistia, H., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–99.
Hasyim, & Fitriyah, H. (2020). Efektivitas Metode Demontrasi Terhadap Keterampilan Siswa Dalam Perawatan Jenazah Kelas Xii Di Smk Al Futuh Tikung Lamongan Tahun Ajaran 2019/2020 .Jurnal Cendekia, 12(2), 133–144.
Hidayah, R., & Asy’ari, H. (2022). Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 59–68.
Jamaani, A. (2017). Penggunaan Metode Demonstrasi Dengan Media Model Untuk Meningkatkan Aktivitas Dan Hasil. 1–12.
(2021). Peningkatan Hasil Belajar Pai Materi Bersuci Dari Hadas Kecil Melalui Metode Demonstrasi Pada Peserta Didik Kelas Iv Improvement of Pai Learning Outcomes of Purified Material From Small Hadas Through Demonstration Method of Grade Iv Students. 1(1), 87–98.
Kasim, S. (2012). Peran Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) Dalam Membentuk
Mangkunegara. (2017). Pengaruh Metode Demonstrasi Berbantuan Media Miniatur 3d Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Mata Pelajaran Fiqih Materi Haji Kelas VIII MTsN 1 TULUNGAGUNG. Landasanteori.Com, 2012, 72.
Marimba, A. D. (1989) Pengantar filsafat pendidikan Islam. Bandung: Almaa’rif.
Muhammad, D. H. (2019). Upaya Peningkatan Baca Tulis Al-Quran Melalui Metode Qiroati. JIE (Journal of Islamic Education), 3(2), 142.
Pendidikan, J., & Islam, A. (2018). Efektifitas Metode Demonstrasi Dalam Fakultas Ilmu Tarbiyah Dan Keguruan Universitas Islam Negeri ( UIN ) Raden Fatah Palembang.
Penelitian, A., Upt, I. V, Todakke, S. D. I., Selayar, K., Upt, I. V, Todakke, S. D. I., Selayar, K., & Kunci,
Ramayulis (2015) Metodologi pendidikan agama islam. Jakarta: Kalam.
Rasjid, Sulaiman. (1986) Fiqh Islam. Bandung. Sinar Bandung Algeso. SIKAP KEAGAMAAN PESERTA Diajukan untuk Memenuhi Salah Satu Syarat Memperoleh Gelar Magister dalam Bidang Pendidikan Islam pada Program Pascasarjana UIN Alauddin Makassar Oleh SINTANG KASIM NIM . 80.
Suriati. (2021). Penerapan Metode Demonstrasi dalam Meningkatkan Hasil Belajar Siswa pada Materi Tata Cara Berwudhu. KHIDMAH:Jurnal Pengabdian Kepada Masyarakat, 1(1), 213–219.
Susandi, A. (2009). Nilai-Nilai Pendidikan Islam Dalam Surat an-Nisa ’ Ayat 36. 7(2), 172–183.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Hadi Saroyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.