Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru Agama SMPN 10 Kotabumi

Penulis

  • Meilisa Sajdah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Kemampuan, metodologi penelitian, karya ilmiah

Abstrak

Undang undang pendidikan mengisaratkan akan pentingnya kopetensi yang dimiliki oleh seorang guru. Bahkan untuk menunjang hal tersebut para guru mendapatkan kesempatan yang sangat terbuka untuk bias saling berlomba mendapatkan tambahan kesejahteraan melalui peningkatan jabatan fungsional seorang guru dengan syarat harus mengembangkan kompetensi diri dan mendapatkan penilaian melalui kenaikan angka kredit pada setiap pengembangan yang dilakukan. Tetapi ada kendala yang sangat serius terkait peningkatan pengembangan diri yakni keharusan membuat karya tulis ilmiah terutama para guru yang ingin meningkatkan jabatan fungsionalnya naik ke IVa dan seterusnya. Sehingga untuk mendorong keberhasilan dan semangat para guru perlu dilakukan pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah sebagai bekal untuk peningkatan karir guru. Pelatihan karya tulis ini difokuskan pada pembuatan makalah ilmiah dan artikel jurnal untuk guru MGMP PAI sekabupaten Lampung Utara, harapannya mampu memberikan semangat untuk menulis dan membudayakan guru untuk berkarya dalam profesinya.

Referensi

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.

Ali, M. Makhrus (2022). Optimalisasi  Kompetensi Keperibadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Jurnal Ar-Rusyd, 1(2), 100-121

Afifatun, S. (2022) “Implementasi Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Demokratis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”.Jurnal Ar-Rusyd, 2022.

Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). PedomanPenulisanKaryaIlmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan MempersiapkanDiriMenjadiPenulis Artikel.

Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.

Zainuddin, Z., &Julinda, R. (2022). KarakteristikKepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Indralaya. ArRusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69-80.

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Sajdah, M. (2023). Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru Agama SMPN 10 Kotabumi. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/90