Peningkatan Kemampuan Metodologi Penelitian Dalam Penulisan Karya Ilmiah Bagi Guru-guru Agama SMPN 10 Kotabumi
Kata Kunci:
Kemampuan, metodologi penelitian, karya ilmiahAbstrak
Undang undang pendidikan mengisaratkan akan pentingnya kopetensi yang dimiliki oleh seorang guru. Bahkan untuk menunjang hal tersebut para guru mendapatkan kesempatan yang sangat terbuka untuk bias saling berlomba mendapatkan tambahan kesejahteraan melalui peningkatan jabatan fungsional seorang guru dengan syarat harus mengembangkan kompetensi diri dan mendapatkan penilaian melalui kenaikan angka kredit pada setiap pengembangan yang dilakukan. Tetapi ada kendala yang sangat serius terkait peningkatan pengembangan diri yakni keharusan membuat karya tulis ilmiah terutama para guru yang ingin meningkatkan jabatan fungsionalnya naik ke IVa dan seterusnya. Sehingga untuk mendorong keberhasilan dan semangat para guru perlu dilakukan pelatihan pembuatan karya tulis ilmiah sebagai bekal untuk peningkatan karir guru. Pelatihan karya tulis ini difokuskan pada pembuatan makalah ilmiah dan artikel jurnal untuk guru MGMP PAI sekabupaten Lampung Utara, harapannya mampu memberikan semangat untuk menulis dan membudayakan guru untuk berkarya dalam profesinya.
Referensi
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. doi: 10.17534/aljayyid.1234-1234.1456.
Ali, M. Makhrus (2022). Optimalisasi Kompetensi Keperibadian dan Profesionalisme Guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam Mengajar. Jurnal Ar-Rusyd, 1(2), 100-121
Afifatun, S. (2022) “Implementasi Supervisi Akademik Dengan Pendekatan Demokratis Dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru”.Jurnal Ar-Rusyd, 2022.
Bahdin, Nur Tanjung dan Ardial. (2005). PedomanPenulisanKaryaIlmiah (Proposal, Skripsi, dan Tesis) Dan MempersiapkanDiriMenjadiPenulis Artikel.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Zainuddin, Z., &Julinda, R. (2022). KarakteristikKepribadian Guru Pendidikan Agama Islam di SD Negeri 02 Indralaya. ArRusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), 69-80.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Meilisa Sajdah

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.