Pentingnya Psikologi Agama Terhadap Pendidikan Islam

Penulis

  • Dewi Kurniawati Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Kata Kunci:

Psikologi Agama, Pendidikan Islam, Psikologi

Abstrak

Para psikolog mencoba melihat hubungan tersebut dari sudut pandang psikologi. Menurut mereka hubungan manu­sia dengan kepercayaannya ikut dipengaruhi dan juga mempengaruhi faktor kejiwaan. Proses dan sistem hubungan ini menurut mereka dapat dikaji secara empiris dengan menggunakan pendekatan psikologi. Dalam belajar mengajar, pendidikan agama bagi anak adalah sangat penting karena agama sebagai fondasi mendasar, dimana anak sudah memunyai bekal berupa fitrah beragama, anak akan terus tumbuh berkembang hingga ia dewasa, mengalami perkembangan beragama hingga ia mencapai pemahaman yang mantap tentang agamanya. Agama sebagai suatu keyakinan yang dianut seseorang, pastinya akan memiliki konsekuensi bagi para pemeluknya, yakni norma-norma yang harus dilaksanakan, atau dihindari oleh pemeluknya, selain itu agama juga mengatur setiap aspek kehidupan pemeluknya, misalnya menuntul ilmu atau belajar. Pendidikan dengan psikologi agama sangat terkait, karena pendidikan tanpa agama Ibaratkan sayur tanpa garam. Sedang psikologi agama tanpa melalui pendidikan yang baik, maka tidak ada artinya. Pendidikan memiliki peran penting bagi seseorang dalam menanamkan rasa keagamaan dalam dirinya.

Referensi

Afifatun, S. (2022). Implementasi Supervisi Akademik dengan Pendekatan Demokratis dalam Meningkatkan Profesionalisme Guru. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam1(2), 154

Ahmad Fauzi, Psikologi Umum, Bandung : Pustaka Setia, 2004

Aly, Hery Noer dan H. Munzier, S. Watak Pendidikan Islam. Jakarta: Friska Agung Insani. 2000.

Bambang Syamsul Arifin, Psikologi Agama, Bandung: Pustak Setia, 2008

Barnadib, Imam. Pemikiran Tentang Pendidikan Baru. Yogyakarta: Andi Offset. 1983.

Barnadjib, Imam, 1987, Filsafat Pendidikan,Yogyakarta: Fakultas Ilmu Pendidikan FIP

Bawani, Imam, 1991, Cendikiawan Muslim dalam Perspektif pendidikan Islam, Surabaya: Bina Ilmu Offset

Broto, Sumardi Surya, 1995, Psikologi Kepribadian, Jakarta: PT. Raja Grafindo Persada, Cet. V

Defnaldi, D., Yunani, Y., Warisno, A., Andari, A. A., & Anshori, M. A. (2023). The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia. JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, Dan Supervisi Pendidikan), 8(1), 164–174.

Departemen Agama RI. Al-Qur’an dan Terjemahnya. Bandung:

Diponegoro, 2012Zakiah Daradjat, dkk, Ilmu Pendidikan Islam, Jakarta: Bumi Aksara, 2004

Dwistia, H. ., Sajdah, M., Awaliah, O., & Elfina, N. (2022). Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(2), 81–90.

Heny Narendrany Hidayati & Andri Yudiantoro. Psikologi Agama. cet-1. (Jakarta: UIN Jakarta Press, 2007) ISBN 978-979-3869-53-7

https://baladena.id/psikologi-agama-pengertian-fungsi-dan-ruang-lingkup/diakses tanggal 6 februari pukul13:44

https://dosenpsikologi.com/urgensi-psikologi-agama-dalam-pendidikan-islam/tanggal 6 februari pukul16.50

https://id.wikipedia.org/wiki/Psikologi_agama/tanggal 6 februari pukul13:44

https://islamiced.wordpress.com/tugas/ilmu-pendidikan-islam/pengertian-dasar-dan-tujuan-pendidikan-islam/tanggal 6 februari pukul16:44

https://www.merdeka.com/jatim/mengenal-tujuan-pendidikan-islam-dan-konsepnya-dalam-membangun-kapasitas-diri-kln.html/tanggal 6 februari pukul16.00

http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/aljayyid/article/view/16/7

http://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/33/12

http://ejournal.stisdulamtim.ac.id/index.php/JIEL/article/view/33/31

https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/arrusyd/article/view/24/15

Prof. Dr. H. Jalaluddin. Psikologi Agama. (Jakarta: PT. Rajagrafindo Perasada. 2007)

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-15

Cara Mengutip

Kurniawati, D. (2023). Pentingnya Psikologi Agama Terhadap Pendidikan Islam. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/89