Menghafal Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill and Practice Pada Anak Usia Dini di Tk Maritaqwa

Penulis

  • Halen Dwistia Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi

Abstrak

Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran siswa dalam menghafal huruf hijaiyah. Peneliti menerapkan metode drill and practice sebagai sarana pelatihan siswa dalam proses menghapalan. Penggunaan puzzle diterapkan agar siswa cepat menangkap yang diajarkan guru, karena subjek penelitian ini anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus. Hasil penelitian diketahui dalam aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan prosentase 69,9% dengan kategori baik meningkat menjadi 87,6% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I nilai rata-ratanya sebesar 74,35 dengan prosentase ketuntasan sebesar 73,91% meningkat pada siklus II menjadi 84,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 95,65%.

Referensi

Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. d

Defnaldi, D. et al. (2023) ‘The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(1), pp. 164–174. doi: 10.31851/jmksp.v8i1.10941.

Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.

Hidayah, R. and Asy’ari, H. (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo’, ArRusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 59–68. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.

Sunawan, M. et al. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Atlantis Press, 158(Ictte), pp. 929–935. doi: 10.2991/ictte-17.2017.26.

 Suvriadi, P., Ana, W., & Wika, K, D. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.

Thursan, H (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-14

Cara Mengutip

Dwistia, H. (2023). Menghafal Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill and Practice Pada Anak Usia Dini di Tk Maritaqwa. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(2). Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/87