Menghafal Huruf Hijaiyah dengan Metode Drill and Practice Pada Anak Usia Dini di Tk Maritaqwa
Abstrak
Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan pembelajaran siswa dalam menghafal huruf hijaiyah. Peneliti menerapkan metode drill and practice sebagai sarana pelatihan siswa dalam proses menghapalan. Penggunaan puzzle diterapkan agar siswa cepat menangkap yang diajarkan guru, karena subjek penelitian ini anak usia dini. Penelitian ini menggunakan penelitian tindakan kelas, dengan 2 siklus. Hasil penelitian diketahui dalam aktivitas siswa meningkat dari siklus I dengan prosentase 69,9% dengan kategori baik meningkat menjadi 87,6% dengan kategori sangat baik, sedangkan hasil belajar siswa meningkat dari siklus I nilai rata-ratanya sebesar 74,35 dengan prosentase ketuntasan sebesar 73,91% meningkat pada siklus II menjadi 84,57 dengan prosentase ketuntasan sebesar 95,65%.
Referensi
Arikunto, S. (2009). Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.
Anisah, A., Dwistia, H. and Selvia, F. (2022) ‘Upaya Meningkatkan Kemampuan Berbahasa Melalui Metode Bercerita pada Kelompok A di RA. Akhlakul Karimah Tanjung Aman’, Al Jayyid: Jurnal Pendidikan …, 1(1), pp. 1–19. d
Defnaldi, D. et al. (2023) ‘The Evolution of Islamic Education Institutions in Indonesia’, JMKSP (Jurnal Manajemen, Kepemimpinan, dan Supervisi Pendidikan), 8(1), pp. 164–174. doi: 10.31851/jmksp.v8i1.10941.
Dwistia, H. et al. (2022) ‘Pemanfaatan Media Sosial Sebagai Media Pembelajaran Pendidikan Agama Islam’, Ar Rusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), pp. 16–27. doi: 10.33363/ba.v8i2.293.
Hidayah, R. and Asy’ari, H. (2022) ‘Peningkatan Kemampuan Membaca Kitab Kuning dengan Metode Sorogan pada Santri Pondok Pesantren Walisongo’, ArRusyd: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 1(1), pp. 59–68. doi: 10.17534/arrusyd.1234-1234.1456.
Sunawan, M. et al. (2017) ‘Classroom Engagement and Mathematics Achievement of Senior and Junior High School Students’, Atlantis Press, 158(Ictte), pp. 929–935. doi: 10.2991/ictte-17.2017.26.
Suvriadi, P., Ana, W., & Wika, K, D. (2021). Konsep dan Strategi Pembelajaran. Jakarta: Yayasan Kita Menulis.
Thursan, H (2000). Belajar Secara Efektif. Jakarta: Puspa Swara
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 admin admin; Halen Dwistia

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.