CARA MEMBUAT RANCANGAN USAHA ATAU BISNIS PLAN
Abstrak
- Penelitian ini merupakan studi kualitatif yang dilakukan dengan pendekatan studi literatur guna mengkaji secara mendalam mengenai penyusunan business plan atau rancangan usaha. Data dikumpulkan dari berbagai sumber seperti buku, jurnal, dan laporan penelitian, kemudian dianalisis secara deskriptif-kualitatif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa business plan terdiri dari beberapa komponen utama seperti ringkasan eksekutif, deskripsi usaha, analisis pasar, strategi pemasaran, rencana operasional, dan proyeksi keuangan. Penelitian ini juga mengidentifikasi langkah-langkah sistematis dalam menyusun business plan yang dapat dijadikan pedoman oleh pelaku usaha. Business plan terbukti memiliki peran strategis, baik sebagai panduan internal maupun alat komunikasi eksternal, dalam meningkatkan keberhasilan dan daya saing usaha.
Referensi
Gunawan, L. M., & Rahardjo, M. (2021). Rencana bisnis pengolahan dan penjualan sambel Ny. Gunawan. Jurnal Manajemen Bisnis dan Kewirausahaan, 5(3), 232– 236. https://doi.org/10.24912/jmbk.v5i3.11855
Haryadi, S. (2021).Analisis Perencanaan Keuangan dalam Business Plan UMKM. Jurnal Manajemen dan Bisnis Indonesia, 6(3), 119–128.
Kurniawan, E., & Taufik, M. (2020). Evaluasi Business Plan pada Perusahaan Startup di Indonesia: Studi Kasus di Kota Jakarta. Jurnal Bisnis dan Manajemen, 18(1), 92 103.
Kusumawati, A. (2019). Strategi Pemasaran Usaha Mikro Kecil Menengah (UMKM) melalui Media Sosial. Jurnal Komunikasi dan Bisnis, 7(1), 45–55.
Nugroho, Y., & Wijayanti, E. (2019). Analisis Penyusunan Rencana Bisnis bagi Usaha Mikro, Kecil, dan Menengah (UMKM) dalam Meningkatkan Kinerja Usaha. Jurnal Ilmu dan Riset Manajemen, 8(4), 1412-1426. Putri, F. D. (2018). Riset Pasar dalam Perencanaan Bisnis Start-Up Digital. Jurnal Ekonomi Kreatif dan Inovasi, 2(1), 13–20.
Prasetyo, E., & Setiawan, I. (2020). Strategi Pengembangan Usaha Mikro dan Kecil melalui Penyusunan Business Plan. Jurnal Ilmu Ekonomi dan Sosial, 9(2), 77–88.
Santoso, B., & Fitria, R. (2017). Pengaruh Penyusunan Business Plan terhadap Keberhasilan Usaha Baru. Jurnal Ilmu Kewirausahaan, 10(2), 105-115.
Setiawan, M. A., & Hidayat, T. (2018). Implementasi Business Plan dalam Pengembangan Usaha Mikro di Indonesia. Jurnal Ekonomi dan Bisnis Indonesia, 15(1), 75-90.
Suharso, P., & Ismaya, A. (2020). Strategi perencanaan bisnis pada UMKM dalam menghadapi era digital. Jurnal Ekonomi dan Kewirausahaan, 10(2), 45–56. https://ejurnal.unisri.ac.id/index.php/Ekonomi/article/view/1234
Suryana, Y. (2013). Kewirausahaan: Kiat dan Proses Menuju Sukses. Jakarta: Salemba Empat. Supriyanto. (2009). Business plan sebagai langkah awal memulai usaha. Jurnal Ekonomi & Pendidikan, 6(1), 73–83. https://doi.org/10.21831/jep.v6i1.590
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 fidari nur dini, Martoyo

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
