Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan
Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan
Kata Kunci:
Fasilitas Pendidkan, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama IslamAbstrak
- Reward merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan biasanya reward diberikan kepada orang yang memiliki prestasi, berperilaku baik, rajin, tekun, dan lain-lain, reward berlaku disetiap instansi pada anak usia dini reward menjadi pegangan para guru dalam mengkondisikan anak di kelas pada setiap kegiatan pembelajaran dan hal ini akan berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan reward dalam kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini di TK Husnul Amal dan ingin mengetahui apakah reward dapat mempengaruhi kemandirian belajar anak di Taman Kanak-kanak dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bermain sambil belajar, diagram bintang, pemberian hadiah berupa benda/barang yang membuat anak bangga dan disukai oleh anak. Penelitian ini langsung meneliti kegiatan belajar mengajar siswa, kegiatan guru, kepala sekolah, dan keadaan lingkungan sekolah. Peneliti juga meneliti bagaimana cara siswa atau peserta didik dalam menghadapi masalah, aktivitas keseharian di dalam kelas, guru dalam menghadapi perilaku siswanya dalam kemandirian belajar siswa.
Referensi
Hamalik, Oemar. (2008). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.
Fitriyah, R. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 112–120.
Ta, K. M., & Puspitasari, R. (2016). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Kemandirian Belajar Anak di TK Tunas Muda Karas. Jurnal PAUDIA, 5(1), 45–52.
Hasanah, A., Deswalantri, D., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4589–4597.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Hari Yati

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
