Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan

Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan

Penulis

  • Hari Yati Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyid

Kata Kunci:

Fasilitas Pendidkan, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

  1. Reward merupakan suatu penghargaan yang diberikan kepada seseorang yang memiliki kelebihan biasanya reward diberikan kepada orang yang memiliki prestasi, berperilaku baik, rajin, tekun, dan lain-lain, reward berlaku disetiap instansi pada anak usia dini reward menjadi pegangan para guru dalam mengkondisikan anak di kelas pada setiap kegiatan pembelajaran dan hal ini akan berpengaruh terhadap kemandirian belajar siswa. Tujuan penelitian ini yaitu penulis ingin mengetahui bagaimana penerapan reward dalam kegiatan belajar mengajar pada anak usia dini di TK Husnul Amal dan ingin mengetahui apakah reward dapat mempengaruhi kemandirian belajar anak di Taman Kanak-kanak dan dalam penelitian ini peneliti menggunakan metode bermain sambil belajar, diagram bintang, pemberian hadiah berupa benda/barang yang membuat anak bangga dan disukai oleh anak. Penelitian ini langsung meneliti kegiatan belajar mengajar siswa, kegiatan guru, kepala sekolah, dan keadaan lingkungan sekolah. Peneliti juga meneliti bagaimana cara siswa atau peserta didik dalam menghadapi masalah, aktivitas keseharian di dalam kelas, guru dalam menghadapi perilaku siswanya dalam kemandirian belajar siswa. 

Referensi

Hamalik, Oemar. (2008). Psikologi Belajar dan Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sardiman, A.M. (2018). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: Rajawali Pers.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Uno, Hamzah B. (2011). Teori Motivasi dan Pengukurannya. Jakarta: Bumi Aksara.

Fitriyah, R. (2021). Pengaruh Pemberian Reward Terhadap Motivasi dan Hasil Belajar Anak Usia Dini. Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 6(2), 112–120.

Ta, K. M., & Puspitasari, R. (2016). Pengaruh Pemberian Hadiah Terhadap Kemandirian Belajar Anak di TK Tunas Muda Karas. Jurnal PAUDIA, 5(1), 45–52.

Hasanah, A., Deswalantri, D., Iswantir, I., & Syam, H. (2022). Pengaruh Reward Terhadap Prestasi Belajar Siswa. Jurnal Pendidikan Tambusai, 6(1), 4589–4597.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-05

Cara Mengutip

Yati, H. (2025). Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan: Pengaruh reward terhadap prestasi belajar anak di TK Husnul Amal Kotabumi Selatan. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 4(1), 47–51. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/670