Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTS An-Nur Negara Ratu Tahun Ajaran 2022/2023

Penulis

  • ENENG ULFA DEBI YANI STAI IBNU RUSYD KOTABUMI
  • M. Makhrus Ali
  • Aan Gunawan

Kata Kunci:

Strategi Guru, Peningkatan Baca Al-Qur’an.

Abstrak

Guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan berbagai elemen pembelajaran (tujuan, materi, metode, alat, dan penilaian) untuk mempengaruhi siswa agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, guru Al-Qur’an Hadis menerapkan beberapa strategi, seperti meminta siswa untuk membaca ayat yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari, membentuk kelompok-kelompok, dan meminta mereka untuk mempresentasikan materi yang telah dibagikan serta membaca ayat yang berhubungan dengan topik tersebut. Selain itu, guru memberikan koreksi terhadap bacaan siswa agar mereka dapat memperbaiki bacaan dan menjadi lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu? 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Munawwarah Kelurahan Aur Kenali Kota Jambi? 3) Metode apa yang paling sesuai untuk diterapkan dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu

Referensi

Al-Qur’an, Muhammad. (2018). Al-Qur'an: Pedoman Hidup Seorang Muslim. Jakarta: Pustaka Islam.

Ahsan, Hamzah. (2017). Metodologi Pengajaran Al-Qur’an Hadits. Yogyakarta: UMM Press.

Ahmad, Hidayat. (2019). "Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di Madrasah Tsanawiyah." Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 25-38.

Fadillah, Aisyah. (2018). Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta.

Munir, Siti. (2020). "Kefasihan Membaca Al-Qur'an dalam Perspektif Metode Pembelajaran Hadits." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 47-60.

Puji, Amelia Sari. PENGARUH PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADIS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MA UNWANUL FALAH KUPANG REJO PESAWARAN. Diss. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.

Yusuf, Zainal. (2021). "Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Sekolah." Artikel Pendidikan Islam. Diakses dari https://www.example.com

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

DEBI YANI, E. U., Ali, M., & Gunawan, A. (2022). Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTS An-Nur Negara Ratu Tahun Ajaran 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(4), 1–7. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/669