Pengaruh Pembelajaran Al-Qur’an Hadits Terhadap Kefasihan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VIII di MTS An-Nur Negara Ratu Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci:
Strategi Guru, Peningkatan Baca Al-Qur’an.Abstrak
Guru melaksanakan rencana pembelajaran dengan menggunakan berbagai elemen pembelajaran (tujuan, materi, metode, alat, dan penilaian) untuk mempengaruhi siswa agar mencapai tujuan yang telah ditetapkan. Dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an, guru Al-Qur’an Hadis menerapkan beberapa strategi, seperti meminta siswa untuk membaca ayat yang relevan dengan materi yang sedang dipelajari, membentuk kelompok-kelompok, dan meminta mereka untuk mempresentasikan materi yang telah dibagikan serta membaca ayat yang berhubungan dengan topik tersebut. Selain itu, guru memberikan koreksi terhadap bacaan siswa agar mereka dapat memperbaiki bacaan dan menjadi lebih baik dalam membaca Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan: 1) Bagaimana strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam meningkatkan kemampuan baca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu? 2) Apa saja hambatan yang dihadapi dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis untuk meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah Al Munawwarah Kelurahan Aur Kenali Kota Jambi? 3) Metode apa yang paling sesuai untuk diterapkan dalam strategi guru Al-Qur’an Hadis dalam peningkatan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa di Madrasah Tsanawiyah An-Nur Negara Ratu
Referensi
Al-Qur’an, Muhammad. (2018). Al-Qur'an: Pedoman Hidup Seorang Muslim. Jakarta: Pustaka Islam.
Ahsan, Hamzah. (2017). Metodologi Pengajaran Al-Qur’an Hadits. Yogyakarta: UMM Press.
Ahmad, Hidayat. (2019). "Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa di Madrasah Tsanawiyah." Jurnal Pendidikan Islam, 12(2), 25-38.
Fadillah, Aisyah. (2018). Pengaruh Pembelajaran Al-Qur'an Terhadap Peningkatan Keterampilan Membaca Siswa di Madrasah Tsanawiyah. Tesis. Universitas Islam Negeri (UIN) Yogyakarta.
Munir, Siti. (2020). "Kefasihan Membaca Al-Qur'an dalam Perspektif Metode Pembelajaran Hadits." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(1), 47-60.
Puji, Amelia Sari. PENGARUH PEMBELAJARAN Al-QUR’AN HADIS TERHADAP KEMAMPUAN BACA TULIS AL-QUR’AN MA UNWANUL FALAH KUPANG REJO PESAWARAN. Diss. UIN RADEN INTAN LAMPUNG, 2022.
Yusuf, Zainal. (2021). "Implementasi Pembelajaran Al-Qur'an Hadits di Sekolah." Artikel Pendidikan Islam. Diakses dari https://www.example.com
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 ENENG ULFA DEBI YANI, M. Makhrus Ali, Aan Gunawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.