Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Kolase Pada Anak Kelas B di TK. IT. Queen Srimenanti Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara T.P. 2021/2022
Kata Kunci:
kreativitas anak, metode kolase, anak usia dini, pendidikan anak usia diniAbstrak
: Kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Kreativitas membantu anak dalam mengekspresikan pikiran, perasaan, serta meningkatkan kemampuan problem solving sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode kolase dapat meningkatkan kreativitas anak kelas B di TK IT Queen Srimenanti, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kolase dapat meningkatkan kreativitas anak dalam aspek imajinasi, eksplorasi bahan, penggunaan warna, dan orisinalitas ide. Peningkatan terlihat dari siklus I ke siklus II dengan persentase keberhasilan meningkat dari 58% menjadi 85%. Dengan demikian, metode kolase terbukti efektif dalam merangsang dan meningkatkan kreativitas anak usia dini.
Referensi
Amumpuni, H., Ani, N., Alif, F. N., & Kurnia, D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis PowerPoint di SMA Plus Misbahul Khair Pendidikan Agama Islam , STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Indonesia Pendidikan Agama Islam , STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Indonesia. 3(1), 228–240.
Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan KolaseBahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.
Sakti, W., Irianto, G., Widiyaningtyas, T., Afnan, M., Syah, A. I., Hadi, A. A., Fuadi, A., & Malang, U. N. (2023). Bulletin of Community Engagement. 3(2), 2019–2024.
Surya, C. M., Momon, & Althiroh, W. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 9–14. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/253
Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143–153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632
Suseni, M., Arini, N. M., Putu, N., Dewi, S., Method, C., & Motor, F. (2021). Implementasi Metode Kolase Dalam. 1.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Habibah Amumpuni

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
