Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Kolase Pada Anak Kelas B di TK. IT. Queen Srimenanti Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara T.P. 2021/2022

Penulis

  • Habibah Amumpuni STAI Ibnu Rusyd

Kata Kunci:

kreativitas anak, metode kolase, anak usia dini, pendidikan anak usia dini

Abstrak

: Kreativitas merupakan salah satu aspek penting dalam perkembangan anak usia dini. Kreativitas membantu anak dalam mengekspresikan pikiran, perasaan, serta meningkatkan kemampuan problem solving sejak dini. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sejauh mana metode kolase dapat meningkatkan kreativitas anak kelas B di TK IT Queen Srimenanti, Kecamatan Tanjung Raja, Lampung Utara pada Tahun Pelajaran 2021/2022. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode tindakan kelas (PTK) yang terdiri dari dua siklus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dokumentasi, dan penilaian hasil karya anak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode kolase dapat meningkatkan kreativitas anak dalam aspek imajinasi, eksplorasi bahan, penggunaan warna, dan orisinalitas ide. Peningkatan terlihat dari siklus I ke siklus II dengan persentase keberhasilan meningkat dari 58% menjadi 85%. Dengan demikian, metode kolase terbukti efektif dalam merangsang dan meningkatkan kreativitas anak usia dini.

Referensi

Amumpuni, H., Ani, N., Alif, F. N., & Kurnia, D. (2025). Pengembangan Media Pembelajaran PAI berbasis PowerPoint di SMA Plus Misbahul Khair Pendidikan Agama Islam , STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Indonesia Pendidikan Agama Islam , STAI Ibnu Rusyd Kotabumi Indonesia. 3(1), 228–240.

Putri, R., Maghfiroh, R., Jumiatmoko, Hafidah, R., & Nurjanah, N. E. (2021). Meningkatkan Kemampuan Motorik Halus Anak Melalui Permainan KolaseBahan Bekas Studi Literatur. Jurnal Golden Age, 5(2), 314–322.

Sakti, W., Irianto, G., Widiyaningtyas, T., Afnan, M., Syah, A. I., Hadi, A. A., Fuadi, A., & Malang, U. N. (2023). Bulletin of Community Engagement. 3(2), 2019–2024.

Surya, C. M., Momon, & Althiroh, W. S. (2023). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Kegiatan Bermain Finger Painting. Jurnal Bakti Tahsinia (JBT), 1(1), 9–14. https://jurnal.rakeyansantang.ac.id/index.php/JBT/article/view/253

Suryana, D., & Desmila. (2022). Mengembangkan Kreativitas Anak melalui Kegiatan Bermain Balok. PAUD Lectura: Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 5(02), 143–153. https://doi.org/10.31849/paud-lectura.v5i02.8632

Suseni, M., Arini, N. M., Putu, N., Dewi, S., Method, C., & Motor, F. (2021). Implementasi Metode Kolase Dalam. 1.

Unduhan

Diterbitkan

2025-02-05

Cara Mengutip

Amumpuni, H. (2025). Upaya Meningkatkan Kreativitas Anak Melalui Metode Kolase Pada Anak Kelas B di TK. IT. Queen Srimenanti Kecamatan Tanjung Raja Lampung Utara T.P. 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 4(1), 52–58. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/647