Strategi Pengembangan Pendidikan Agama islam Dalam Meningkatkan Prestasi Siswa Di SMP Tahfidz Quran Nurul Muttaqin Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2022/2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji strategi pengembangan Pendidikan Agama Islam (PAI) yang diterapkan di SMP Tahfidz Quran Nurul Muttaqin Kotabumi, Lampung Utara, dalam upaya meningkatkan prestasi siswa pada tahun ajaran 2024/2025. Penelitian ini menggunakan pendekatan deskriptif kualitatif dengan metode studi kasus. Teknik pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa strategi pengembangan PAI meliputi integrasi nilai-nilai keislaman dalam mata pelajaran umum, pelaksanaan kegiatan keagamaan rutin, penguatan program tahfidz Al-Quran, serta pembentukan karakter Islami siswa. Strategi-strategi tersebut memberikan dampak positif terhadap peningkatan prestasi akademik dan spiritual siswa secara menyeluruh.
Kata Kunci: Strategi, Pendidikan Agama Islam, Prestasi Siswa, Sekolah Tahfidz, Karakter Islami.
Referensi
Departemen Agama RI. (2003). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Hamalik, O. (2005). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Lickona, T. (1991). Educating for Character: How Our Schools Can Teach Respect and Responsibility. New York: Bantam Books.
Mulyasa, E. (2014). Pengembangan dan Implementasi Kurikulum 2013. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional.
Zuhairini, et al. (1993). Metodologi Pengajaran Agama. Surabaya: Usaha Nasional.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Muhammad Agung Prabowo, Dessy

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
