Upaya Meningkatkan Aktifitas Belajar Ssiwa Melalui Metode Mind Mapping Pada Pelajaran PAI Kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuning Tahun Pelajaran 2023/2024
Pengertian aktivitas belajar siswa
Abstrak
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa melalui penerapan metode mind mapping pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP Negeri 3 Bukit Kemuning tahun pelajaran 2023/2024. Metode mind mapping dipilih karena mampu membantu siswa memahami materi secara visual dan terstruktur, sehingga dapat mendorong keterlibatan aktif dalam proses pembelajaran. Penelitian ini menggunakan pendekatan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus, masing-masing terdiri dari tahap perencanaan, pelaksanaan, observasi, dan refleksi. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penerapan metode mind mapping dapat meningkatkan aktivitas belajar siswa, yang ditandai dengan meningkatnya partisipasi dalam diskusi kelas, keberanian menyampaikan pendapat, dan kemandirian dalam memahami materi PAI. Dengan demikian, metode mind mapping merupakan strategi pembelajaran yang efektif untuk meningkatkan aktivitas belajar siswa pada pelajaran PAI.
Referensi
Daftar Rujukan
Buzan, T. (2005). The Mind Map Book: Unlock your creativity, boost your memory, change your life. London: BBC Active.
Dimyati, & Mudjiono. (2006). Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Sardiman, A. M. (2011). Interaksi dan Motivasi Belajar Mengajar. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Uno, H. B. (2012). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Majid, A. (2014). Strategi Pembelajaran. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Zaini, H., Bahrul, & Bermawy, M. (2008). Strategi Pembelajaran Aktif. Yogyakarta: CTSD.
Departemen Agama RI. (2003). Al-Qur’an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Sukaris Munandar, Dessy

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.
