Problematika pembelajaran pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 3 di SDN pengaringan kecamatan abung barat lampung utara tahun ajaran 2022/2023

1. Pembelajaran pendidikan agama islam

Penulis

  • Muhammad Agung Prabowo Sekolah tinggi agama islam Ibnu Rusyd kotabumi
  • Makhrus Ali
  • Harmono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menggali problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas 3 SDN Pengaringan selama masa pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI selama pandemi menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pendampingan orang tua, dan minimnya interaksi antara guru dan siswa. Faktor-faktor tersebut berdampak negatif terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan dengan menurunnya keaktifan, motivasi, dan partisipasi dalam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang adaptif serta pendekatan yang lebih personal untuk mengembalikan minat belajar siswa setelah pandemi.

 

Referensi

Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Suyadi & Ulfah, Maimunah. (2020). Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Prenada Media.

Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 110.

Zuhairi, M. (2011). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kemendikbud.

Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Agung Prabowo, M., Ali, M., & Harmono. (2022). Problematika pembelajaran pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 3 di SDN pengaringan kecamatan abung barat lampung utara tahun ajaran 2022/2023: 1. Pembelajaran pendidikan agama islam . JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(4), 8–12. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/642