Problematika pembelajaran pendidikan agama islam terhadap minat belajar siswa pada masa pandemi covid-19 kelas 3 di SDN pengaringan kecamatan abung barat lampung utara tahun ajaran 2022/2023
1. Pembelajaran pendidikan agama islam
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menggali problematika pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) serta dampaknya terhadap minat belajar siswa kelas 3 SDN Pengaringan selama masa pandemi COVID-19 pada tahun ajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif deskriptif dengan pengumpulan data melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pembelajaran PAI selama pandemi menghadapi berbagai tantangan, seperti keterbatasan akses teknologi, kurangnya pendampingan orang tua, dan minimnya interaksi antara guru dan siswa. Faktor-faktor tersebut berdampak negatif terhadap minat belajar siswa, yang ditunjukkan dengan menurunnya keaktifan, motivasi, dan partisipasi dalam pelajaran. Oleh karena itu, diperlukan strategi pembelajaran yang adaptif serta pendekatan yang lebih personal untuk mengembalikan minat belajar siswa setelah pandemi.
Referensi
Arikunto, Suharsimi. (2013). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.
Suyadi & Ulfah, Maimunah. (2020). Pembelajaran Anak Usia Dini di Masa Pandemi COVID-19. Yogyakarta: Prenada Media.
Purwanto, A., Pramono, R., Asbari, M., Santoso, P. B., & Putri, R. S. (2020). Studi Eksploratif Dampak Pandemi COVID-19 terhadap Proses Pembelajaran Online di Sekolah Dasar. Jurnal Pendidikan Dasar Indonesia, 5(1), 110.
Zuhairi, M. (2011). Strategi Pembelajaran Pendidikan Agama Islam. Jakarta: Kencana.
Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan. (2020). Panduan Pembelajaran Jarak Jauh di Masa Pandemi COVID-19. Jakarta: Kemendikbud.
Hamalik, Oemar. (2009). Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.
Yusuf, Syamsu. (2012). Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Muhammad Agung Prabowo, Makhrus Ali, Harmono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.