Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Gambar di RA Babu Ridho Al Amin Abung Sukarta Tahun Ajaran 2021/2022

Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini

Penulis

  • Agung agus revaldi Revaldi Ya
  • Tri Hariyati

Kata Kunci:

mpuan, Huruf, Media Gambar

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kemampuan mengenal huruf pada anak kelompok A di RA Babu Ridho Al Amin Abung Sukarta melalui penggunaan media gambar. Penelitian ini merupakan Penelitian Tindakan Kelas (PTK) yang dilaksanakan dalam dua siklus. Subjek penelitian adalah 15 anak usia 4–5 tahun. Data dikumpulkan melalui observasi dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan adanya peningkatan kemampuan mengenal huruf anak dari pra tindakan ke siklus I dan dari siklus I ke siklus II. Media gambar terbukti efektif meningkatkan kemampuan anak dalam mengenal bentuk huruf secara visual dan menarik minat belajar anak.

Referensi

Arsyad, A. (2014). Media Pembelajaran. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Sujiono, Y. N. (2013). Konsep Dasar Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: PT Indeks.

Sulistyorini, R. (2015). Strategi Pengembangan Bahasa pada Anak Usia Dini. Yogyakarta: Familia.

Depdiknas. (2007). Pedoman Pembelajaran di Taman Kanak-Kanak. Jakarta: Direktorat Jenderal Manajemen Pendidikan Dasar dan Menengah.

Montessori, M. (2009). The Montessori Method. New York: Schocken Books.

Unduhan

Diterbitkan

2022-12-05

Cara Mengutip

Revaldi, A. agus revaldi, & Hariyati, T. (2022). Peningkatan Kemampuan Mengenal Huruf melalui Media Gambar di RA Babu Ridho Al Amin Abung Sukarta Tahun Ajaran 2021/2022: Kemampuan mengenal huruf pada anak usia dini. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(4), 20–24. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/639