Usaha Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Di Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022/2023

Penulis

  • marleni sekolah tinggi agama islam ibnu rusyd kotabumi lampung
  • Ingtia Juli Wantika
  • Puji Rahayuningsih

Kata Kunci:

Usaha orang tua, meningkatkan kemampuan, baca tulis al-qur'an anak

Abstrak

Dalam pembelajaran agama Islam yang menjadi sumber dari pendidikan agama adalah Al-Qur’an, karena berisi kandungan ajaran-ajaran yang lengkap tentang keimanan, ahlak mulia, aturan ibadah, hubungan manusia dengan Allah, hubungan manusia dengan manusia, serta segala yang berhubungan dengan kehidupan manusia, karena itulah yang terpenting dalam pendidikan agama adalah memahami Al-Qur’an. Tujuan dilakukanya penelitian ini adalah untuk mengetahui upaya orang tua dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di Pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat. Penelitian ini menggunakan metode observasi, wawancara serta dokumentasi. Dimana wawancara dilakukan terhadap orang tua dan anak yang berada di pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat, dalam hal ini orang tua yang memiliki kewajiban memberikan pengajaran kepada anaknya. Hasil penelitian ini menunjukan bahwa setiap orang tua di di pekon pahayu jaya kecamatan pagar dewa kabupaten lampung barat memiliki cara masing-masing dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an anak di antaranya ada yang menempatkan anaknya di TPA, mendatangkan guru privat dan ada yang memberikan pengajaran sendiri di rumah, sehingga kemampuan anak-anak akan lebih baik dan dapat terpantau langsung oleh orang tua di rumah.

Referensi

Bandura, A. (1977). Social Learning Theory. Englewood Cliffs, NJ: Prentice Hall.

Dewey, J. (1916). Democracy and Education: An Introduction to the Philosophy of Education. New York: Macmillan.

Kohlberg, L. (1981). The Philosophy of Moral Development: Moral Stages and the Idea of Justice. New York: Harper & Row.

Maslow, A. H. (1943). "A Theory of Human Motivation." Psychological Review, 50(4), 370-396. doi:10.1037/h0054346

Piaget, J. (1970). The Science of Education and the Psychology of the Child. New York: Viking Press.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge, MA: Harvard University Press.

Nasution, S. (2000). Metode Penelitian Naturalistik Kualitatif. Jakarta: PT. Remaja Rosdakarya.

Mulyasa, E. (2007). Manajemen Pendidikan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Suyanto, S. (2010). Pendidikan Agama Islam di Sekolah Dasar. Jakarta: Kencana.

Supriyadi, D. (2018). "Peran Orang Tua dalam Pendidikan Agama Anak." Jurnal Pendidikan Agama Islam, 15(2), 123-135.

Zainuddin, M. (2019). "Strategi Pembelajaran Al-Qur'an di Keluarga." Jurnal Ilmiah Pendidikan Islam, 8(1), 45-60.

Kementerian Pendidikan dan Kebudayaan Republik Indonesia. (2020). Panduan Pendidikan Agama Islam di Sekolah. Jakarta: Kemdikbud.

Al-Qur'an. (n.d.). Al-Qur'an dan Terjemahannya. Jakarta: Departemen Agama Republik Indonesia.

Rahman, A. (2021). "Pengaruh Lingkungan Keluarga terhadap Pendidikan Agama Anak." Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 6(3), 201-210.

Sari, R. (2022). "Peran Komunitas dalam Meningkatkan Pendidikan Al-Qur'an." Jurnal Penelitian Pendidikan, 10(2), 89-98.

Unduhan

Diterbitkan

2025-07-29

Cara Mengutip

marleni, Wantika, I. J., & Rahayuningsih, P. . (2025). Usaha Orang Tua Dalam Meningkatkan Kemampuan Baca Tulis Al-Qur’an Anak Dalam Keluarga Di Pekon Pahayu Jaya Kecamatan Pagar Dewa Kabupaten Lampung Barat Tahun 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(4), 13–19. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/631