Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Peserta Didik di Kelas VIII SMP N 10 Kotabumi Lampung Utara T.P. 2022/2023

Penulis

  • Nailul Mukarommah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd
  • Yudi Surono

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral peserta didik di kelas VIII SMPN 10 Kotabumi, Lampung Utara, Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara kepada guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap moral peserta didik. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik mampu memberikan teladan yang positif, membangun karakter siswa, serta meningkatkan sikap religius dan sosial mereka. Dengan demikian, kompetensi kepribadian guru PAI memiliki peran penting dalam membentuk moral peserta didik di lingkungan sekolah.

Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Moral Peserta Didik

 

Referensi

Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Syaodih, N. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Uno, H. B. (2015). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.

Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.

Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2011). Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(3), 20–30.

Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Suyanto & Djihad, H. (2013). Menjadi Guru Inspiratif: Membangun Karakter dan Perilaku Teladan. Yogyakarta: Multi Pressindo.

Wibowo. (2016). Moral dan Karakter: Strategi Pendidikan di Era Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Syaiful, B. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.

Samsuri. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru dan Dampaknya terhadap Etika Siswa. Jurnal Tarbawi, 4(2), 145–156.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

Mukarommah, N., & Surono, Y. (2024). Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Peserta Didik di Kelas VIII SMP N 10 Kotabumi Lampung Utara T.P. 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 68–74. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/602