Pengaruh Kompetensi Kepribadian Guru Pendidikan Agama Islam Terhadap Moral Peserta Didik di Kelas VIII SMP N 10 Kotabumi Lampung Utara T.P. 2022/2023
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh kompetensi kepribadian guru Pendidikan Agama Islam terhadap moral peserta didik di kelas VIII SMPN 10 Kotabumi, Lampung Utara, Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan deskriptif. Data dikumpulkan melalui observasi, angket, dan wawancara kepada guru serta siswa. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara kompetensi kepribadian guru terhadap moral peserta didik. Guru yang memiliki kompetensi kepribadian yang baik mampu memberikan teladan yang positif, membangun karakter siswa, serta meningkatkan sikap religius dan sosial mereka. Dengan demikian, kompetensi kepribadian guru PAI memiliki peran penting dalam membentuk moral peserta didik di lingkungan sekolah.
Kata Kunci: Kompetensi Kepribadian, Guru PAI, Moral Peserta Didik
Referensi
Arikunto, S. (2010). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Menciptakan Pembelajaran Kreatif dan Menyenangkan. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sugiyono. (2017). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.
Syaodih, N. (2012). Perencanaan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.
Uno, H. B. (2015). Model Pembelajaran: Menciptakan Proses Belajar Mengajar yang Kreatif dan Efektif. Jakarta: Bumi Aksara.
Departemen Pendidikan Nasional. (2005). Undang-Undang Republik Indonesia Nomor 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Depdiknas.
Mulyasa, E. (2013). Menjadi Guru Profesional: Strategi Meningkatkan Kualifikasi dan Kualitas Guru di Era Global. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, A. (2011). Pengaruh Kepribadian Guru terhadap Pembentukan Karakter Siswa. Jurnal Pendidikan Karakter, 1(3), 20–30.
Zubaedi. (2012). Desain Pendidikan Karakter: Konsepsi dan Aplikasinya dalam Lembaga Pendidikan. Jakarta: Kencana Prenada Media Group.
Suyanto & Djihad, H. (2013). Menjadi Guru Inspiratif: Membangun Karakter dan Perilaku Teladan. Yogyakarta: Multi Pressindo.
Wibowo. (2016). Moral dan Karakter: Strategi Pendidikan di Era Global. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Syaiful, B. (2010). Dasar-Dasar Kependidikan. Jakarta: PT Rineka Cipta.
Samsuri. (2018). Kompetensi Kepribadian Guru dan Dampaknya terhadap Etika Siswa. Jurnal Tarbawi, 4(2), 145–156.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Nailul Mukarommah, Yudi Surono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.