Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Media Kartu Kata di PAUD Anak Bangsa Suka Putra Lampung Barat Tahun 2021/2022

Pengaruh media kartu kata terhadap daya kreativitas anak usia dini

Penulis

  • Karimatul Hidayah Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi
  • Tri Hariyati
  • Tria

Kata Kunci:

Kreativitas Anak, Huruf Hijaiyah, Media Kartu Kata, PAUD, Kreativitas Anak, Huruf Hijaiyah, Media Kartu Kata,

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal huruf Hijaiyah melalui penggunaan media kartu kata di PAUD Anak Bangsa Suka Putra, Lampung Barat, pada tahun ajaran 2021/2022. Kreativitas anak dalam mengenal huruf Hijaiyah merupakan aspek penting dalam pembelajaran dini, terutama dalam pengenalan dasar membaca Al-Qur’an. Namun, dalam praktiknya, banyak anak mengalami kesulitan dalam mengenal dan menghafal huruf Hijaiyah karena metode pembelajaran yang kurang variatif dan kurang menarik. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan pendekatan kualitatif dan kuantitatif. Subjek penelitian adalah anak-anak PAUD Anak Bangsa Suka Putra. Data dikumpulkan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi, kemudian dianalisis secara deskriptif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media kartu kata secara signifikan meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal huruf Hijaiyah. Anak-anak menjadi lebih antusias, aktif, dan mampu mengenali serta menyusun huruf Hijaiyah dengan lebih baik. Dengan demikian, penggunaan media kartu kata dapat dijadikan sebagai alternatif pembelajaran yang efektif dalam meningkatkan kreativitas anak dalam mengenal huruf Hijaiyah di PAUD. Diharapkan guru dapat terus mengembangkan metode pembelajaran yang inovatif untuk menciptakan suasana belajar yang lebih menyenangkan dan efektif bagi anak-anak.

Referensi

Susanto, A. (2020). Strategi Pembelajaran Literasi Anak Usia Dini. Jakarta: Prenada Media.

Wati, R., & Rahmawati, N. (2019). "Peningkatan Kemampuan Membaca Permulaan Anak Usia Dini melalui Media Kartu Kata." Jurnal Pendidikan Anak Usia Dini, 4(2).

Yuliani, N. (2018). Media Pembelajaran Kreatif untuk Anak Usia Dini. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Zubaidah, S. (2021). "Peran Media Interaktif dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah di PAUD." Jurnal Pendidikan Islam Anak Usia Dini, 6(1).

Al-Munawwar, S. (2019). Metode Efektif dalam Pembelajaran Huruf Hijaiyah untuk Anak Usia Dini. Jakarta: Pustaka Islam.

Arsyad, A. (2017). Media Pembelajaran. Jakarta: PT RajaGrafindo Persada.

Guilford, J. P. (1967). The Nature of Human Intelligence. New York: McGraw-Hill.

Heinich, R., Molenda, M., & Russell, J. D. (2002). Instructional Media and Technologies for Learning. New Jersey: Prentice-Hall.

Mulyani, S. (2021). "Pengaruh Media Kartu Kata terhadap Kemampuan Membaca Huruf Hijaiyah pada Anak PAUD." Jurnal Pendidikan Islam, 5(1).

Piaget, J. (1952). The Origins of Intelligence in Children. New York: Norton.

Suyadi, R. (2020). Strategi Pembelajaran Kreatif di Pendidikan Anak Usia Dini. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Vygotsky, L. S. (1978). Mind in Society: The Development of Higher Psychological Processes. Cambridge: Harvard University Press.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

Hidayah, K., Hariyati, T., & Meidiana, T. (2024). Upaya Meningkatkan Kreatifitas Anak Dalam Mengenal Huruf Hijaiyah Menggunakan Media Kartu Kata di PAUD Anak Bangsa Suka Putra Lampung Barat Tahun 2021/2022: Pengaruh media kartu kata terhadap daya kreativitas anak usia dini . JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 51–59. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/598