Hubungan Fasilitas Pendidikan dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA N 11 Way Tenang Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021/2022

Abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, refrensi

Penulis

  • aulia tanzania Sekolah Tinggi Agama Islam
  • Dessy Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Lampung Utara
  • Ingtia Juli Wantika

Kata Kunci:

Fasilitas Pendidkan, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis hubungan antara fasilitas pendidikan agama dan prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di kelas XI SMA Negeri Way Tenang, Kab. Lampung barat. Pada tahun ajaran 2021/2022 Fasilitas pendidikan yang dimaksud mencakup sarana dan prasarana sekolah, seperti ruang kelas yang nyaman perpustakaan dengan koleksi buku yang memadai, laboratorium agama, serta berbagai media pembelajaran yang mendukung proses belajar mengajar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan korelasional untuk mengetahui sejauh mana keterkaitan antara ketersediaan fasilitas pendidikan dan hasil belajar siswa. Data dikumpulkan melalui angket yang di isi oleh siswa kelas Ix serta nilai ujian PAI  yang digunakan sebagai indikator prestasi belajar. Data yang diperoleh dianalisis menggunakan statistik deskriptif uji korelasi Pearson Product Moment. Hasil penelitian menunjukkan bahwa semakin lengkap dan baik fasilitas pendidikan yang tersedia, semakin tinggi pula prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran PAI. Lingkungan belajar yang kondusif dengan sarana yang memadai dapat meningkatkan konsentrasi, motivasi, dan pencapaian akademik siswa. Oleh karena itu, sekolah perlu trus meningkatkan kualitas fasilitas pendidikan guna mendukung keberhasilan siswa khususnya dalam mata pelajaran Pendidikan Agama Islam. 

Referensi

Copper, D. R., & Schindler, P. S. (2014). Business Research Methods. McGraw-Hill.

Dessy Kurnia Mulyani, Ingtia Juli Wantari, Aulia Tanzania. (2021/2022). Hubungan Fasilitas Pendidikan dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Agama Islam Kelas XI di SMA N 11 Way Tenang Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021/2022. Sekolah Tinggi Agama Islam Ibnu Rusyd Kotabumi, Indonesia.

Mayrani, Vina. (2018). "Hubungan Minat Belajar dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA Negeri 1 Way Pengubuan Lampung Tengah Tahun Pelajaran 2017/2018." Skripsi, Institut Agama Islam Negeri Metro.

Sekaran, U., & Bougie, R. (2013). Research Methods for Business: A Skill Building Approach. Wiley.

Slameto. (2010). Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjana, Nana. (2005). Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sugiyono. (2018). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

tanzania, aulia, Kurnia Mulyani, D. ., & Wantika, I. J. (2024). Hubungan Fasilitas Pendidikan dengan Prestasi Belajar Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas XI di SMA N 11 Way Tenang Kabupaten Lampung Barat Tahun 2021/2022: Abstrak, pendahuluan, metode, hasil dan pembahasan, kesimpulan, refrensi. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 39–43. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/594