"Pengaruh Konsep Diri Terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Siswa Kelas X SMAN 4 kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023"
DeskripsiDataKonsepDiri
Kata Kunci:
Konsep Diri, Prestasi Belajar, Pendidikan Agama Islam, Siswa, Kelas X, SMAN 4 Kotabumi, Lampung Utara, Pengaruh, Tahun Pelajaran 2022/2023Abstrak
- Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh konsep diri terhadap prestasi belajar Pendidikan Agama Islam (PAI) siswa kelas X SMAN 4 Kotabumi, Lampung Utara, pada tahun pelajaran 2022/2023. Konsep diri yang dimaksud dalam penelitian ini meliputi persepsi siswa terhadap kemampuan, nilai, dan identitas diri mereka dalam konteks pendidikan. Metode yang digunakan adalah kuantitatif dengan pendekatan korelasional. Data dikumpulkan melalui angket yang diisi oleh 100 siswa kelas X yang dipilih secara acak. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terdapat pengaruh positif yang signifikan antara konsep diri dengan prestasi belajar PAI siswa. Siswa dengan konsep diri yang positif cenderung memiliki prestasi belajar yang lebih tinggi. Penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan bagi guru dan pihak sekolah dalam meningkatkan prestasi belajar PAI dengan memperhatikan pengembangan konsep diri siswa.
Referensi
Fitriani, F. (2020). PENGARUH KONSEP DIRI DAN DUKUNGAN SOSIAL TEMAN SEBAYA TERHADAP PRESTASI BELAJAR MATEMATIKA SISWA KELAS VIII SMPN 1 SALOMEKKO. LINEAR: Journal of Mathematics Education, 1-14.
Hasanah, A. (2020). Pengaruh Konsep Diri dan Perilaku Belajar Terhadap Prestasi Belajar PAI di SMAN 04 Kecamatan Kedurang Kabupaten Bengkulu Selatan. Al-Bahtsu: Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 5(1).
Safitra, A. (2016). Hubungan konsep diri dengan prestasi siswa pada bidang pendidikan agama Islam di mtsn Batang Angkola (Doctoral dissertation, IAIN Padangsidimpuan).
Suhartanto, E., & Badrus, B. (2018). Pengaruh Konsep Diri, Motivasi, Kenakalan Remaja, terhadap Prestasi Belajar Pendidikan Agama Iskam Siswa Jurusan Teknik Kendaraan Ringan (TKR) Kelas XII Di SMK Negeri 1 Grogol Kab. Kediri. Intelektual: Jurnal Pendidikan Dan Studi Keislaman, 8(1), 57-68.
Ramida, Y. (2021). Hubungan Konsep Diri Dengan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam Kelas X Di SMK N 5 Bandar Lampung (Doctoral dissertation, UIN Raden Intan Lampung).
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Muhammad Iqbal, Siti Afifatun, Harmono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.