Upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa Melalui Media Pembelajaran LCD Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Shift 1di UPTD SMP Negri 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan media pembelajaran LCD di kelas IX Shift 1 UPTD SMP Negri 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian pre-eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran LCD dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Minat belajar siswa meningkat sebesar 23,5% setelah penggunaan media pembelajaran LCD. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran LCD dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.
Referensi
Ayu Sulastri, S. N., Jamin, H., & Agustina, M. (2020). Optimalisasi Penggunaan Proyektor dalam Pembelajaran. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.
Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.
Hidayat, R. (2022). Menghidupkan Pembelajaran Virtual: Rahasia Meningkatkan Antusiasme Siswa. Educa Academy.
Nasution, S. (2021). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Abdi Pendidikan.
Nazwa, T. R. (2024). Cara Meningkatkan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kompasiana.
Nenden, N. (2021). Penggunaan Media LCD Proyektor dalam Pembelajaran. Kompasiana.
Nugroho, S. (2022). Pembelajaran Menggunakan LCD Proyektor Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI. Poskita
Radhita, S. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor pada Pembelajaran. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.
Shofiyah, S., & Haryanto, A. (2021). Meningkatkan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembelajaran yang Tepat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.
Sulastri, S. N. A., Jamin, H., & Agustina, M. (2020). Optimalisasi Penggunaan Proyektor dalam
Pembelajaran. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 68-75.
Sujono AR, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan
Komunikasi . Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial , 18 (1)
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Haniefah Iqtianti, Defnaldi, Harmono, Dessy Kurnia Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.