Upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa Melalui Media Pembelajaran LCD Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Shift 1di UPTD SMP Negri 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023.

Penulis

  • Haniefah Iqtianti Sekolah tinggi agama Islam Ibnu rusyd
  • Defnaldi
  • Harmono
  • Dessy Kurnia Mulyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) melalui penggunaan media pembelajaran LCD di kelas IX Shift 1 UPTD SMP Negri 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. Penelitian ini menggunakan metode penelitian tindakan kelas (PTK) dengan desain penelitian pre-eksperimental. Hasil penelitian menunjukkan bahwa penggunaan media pembelajaran LCD dapat meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI. Minat belajar siswa meningkat sebesar 23,5% setelah penggunaan media pembelajaran LCD. Oleh karena itu, penggunaan media pembelajaran LCD dapat menjadi salah satu alternatif untuk meningkatkan minat belajar siswa pada mata pelajaran PAI.

Referensi

Ayu Sulastri, S. N., Jamin, H., & Agustina, M. (2020). Optimalisasi Penggunaan Proyektor dalam Pembelajaran. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah.

Hermawati, L., Pratiwi, A. N., & Safira, R. (2020). Peningkatan Antusiasme dan Pemahaman Siswa dalam PBM melalui Metode Talking Stick di MIM Jatisari Kedungdowo Boyolali. Buletin KKN Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Surakarta.

Hidayat, R. (2022). Menghidupkan Pembelajaran Virtual: Rahasia Meningkatkan Antusiasme Siswa. Educa Academy.

Nasution, S. (2021). Kreativitas Guru dalam Meningkatkan Antusiasme Belajar Siswa melalui Penggunaan Media Pembelajaran. Jurnal Abdi Pendidikan.

Nazwa, T. R. (2024). Cara Meningkatkan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Bahasa Indonesia. Kompasiana.

Nenden, N. (2021). Penggunaan Media LCD Proyektor dalam Pembelajaran. Kompasiana.

Nugroho, S. (2022). Pembelajaran Menggunakan LCD Proyektor Meningkatkan Motivasi dan Prestasi Belajar Siswa Kelas XI. Poskita

Radhita, S. (2019). Efektivitas Pemanfaatan Media LCD Proyektor pada Pembelajaran. Skripsi, Universitas Islam Negeri Ar-Raniry Banda Aceh.

Shofiyah, S., & Haryanto, A. (2021). Meningkatkan Antusiasme Siswa dalam Pembelajaran Pendidikan Agama Islam melalui Metode Pembelajaran yang Tepat. Prosiding Seminar Nasional Pendidikan, Universitas Muhammadiyah Jakarta.

Sulastri, S. N. A., Jamin, H., & Agustina, M. (2020). Optimalisasi Penggunaan Proyektor dalam

Pembelajaran. Al-Ihtirafiah: Jurnal Ilmiah Pendidikan Guru Madrasah Ibtidaiyah, 3(2), 68-75.

Sujono AR, H. (2020). Penerapan Media Pembelajaran Berbasis Teknologi Informasi dan

Komunikasi . Ta'dib: Jurnal Pendidikan Islam Dan Isu-Isu Sosial , 18 (1)

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

Iqtianti, H., Defnaldi, Harmono, & Mulyani, D. K. (2024). Upaya Meningkatkan Minat Belajar siswa Melalui Media Pembelajaran LCD Pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam Kelas IX Shift 1di UPTD SMP Negri 7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Pelajaran 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 8–22. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/588