Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 04 Tanjung Raja Tahun Ajaran 2022/2023.

Penulis

  • Haniefah Iqtianti Sekolah tinggi agama Islam Ibnu rusyd
  • Siti Afifatun
  • Rohmadi
  • Dessy Kurnia Mulyani

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa kelas V SDN 04 Tanjung Raja selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam membina akhlak siswa melalui pendidikan, keteladanan, interaksi langsung dengan siswa, meningkatnya pengaruh negatif teknologi, dan kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak mereka.

Referensi

Alwi, A. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Akhlakul

Karimah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1-12.

Alwi, Z. (2021). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi: Peran Guru dalam Pembinaan

Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45-58.

Basuki, B., & Fitriyanto, F. (2021). Tantangan Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa di

Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 1-15.

BK, M. K. U., & Hamna, H. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah

Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang

Pendidikan Dasar, 6(2), 135148.

Diana, D., et al. (2021). Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan

Akhlak yang Baik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 1-12.

Fikri, M. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa.

Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1-15.

Hidayat, R. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Pembelajaran Daring

Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Tarbiyah, 9(1), 33-47.

Monicha, M. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Akhlakul

Karimah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1-12.

Permataputri, P., & Syamsudin, S. (2021). Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Tantangan

Membina Akhlak Siswa di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1-15.

Sari, N. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa di Masa

Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 21-35.

Sun'iyah, S. (2020). SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN

KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DI ERA PANDEMI

COVID-19. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora , 7 (2), 1

Yusuf, M. (2022). Blended Learning dalam Pendidikan Agama Islam: Tantangan dan

Peluang di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 67-80.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

Iqtianti, H., Afifatun, S., Rohmadi, & Mulyani, D. K. (2024). Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 04 Tanjung Raja Tahun Ajaran 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 1–8. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/587