Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membina Akhlak Siswa Pada Masa Pandemi Covid-19 Siswa Kelas IV SDN 04 Tanjung Raja Tahun Ajaran 2022/2023.
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengeksplorasi peran guru Pendidikan Agama Islam (PAI) dalam membina akhlak siswa kelas V SDN 04 Tanjung Raja selama pandemi COVID-19. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dan teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI memiliki peran penting dalam membina akhlak siswa melalui pendidikan, keteladanan, interaksi langsung dengan siswa, meningkatnya pengaruh negatif teknologi, dan kurangnya peran orang tua dalam mendidik anak-anak mereka.
Referensi
Alwi, A. (2021). Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Akhlakul
Karimah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(1), 1-12.
Alwi, Z. (2021). Pendidikan Karakter di Masa Pandemi: Peran Guru dalam Pembinaan
Akhlak Siswa. Jurnal Pendidikan Islam, 10(2), 45-58.
Basuki, B., & Fitriyanto, F. (2021). Tantangan Guru PAI dalam Membina Akhlak Siswa di
Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(2), 1-15.
BK, M. K. U., & Hamna, H. (2022). Strategi Pembentukan Karakter Islami Siswa Sekolah
Dasar di Masa Transisi Covid-19 Menuju Aktivitas New Normal. Jurnal Bidang
Pendidikan Dasar, 6(2), 135148.
Diana, D., et al. (2021). Peran Orang Tua dalam Membantu Anak Mengembangkan
Akhlak yang Baik. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 10(2), 1-12.
Fikri, M. (2019). Peran Guru Pendidikan Agama Islam dalam Membina Akhlak Siswa.
Jurnal Pendidikan Agama Islam, 8(2), 1-15.
Hidayat, R. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Konteks Pembelajaran Daring
Selama Pandemi COVID-19. Jurnal Tarbiyah, 9(1), 33-47.
Monicha, M. (2020). Pendidikan Agama Islam dalam Membentuk Karakter Akhlakul
Karimah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 9(1), 1-12.
Permataputri, P., & Syamsudin, S. (2021). Strategi Guru PAI dalam Mengatasi Tantangan
Membina Akhlak Siswa di Era Pandemi. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 11(1), 1-15.
Sari, N. (2021). Strategi Guru dalam Menanamkan Nilai-Nilai Akhlak Siswa di Masa
Pandemi. Jurnal Pendidikan Dasar, 8(3), 21-35.
Sun'iyah, S. (2020). SINERGI PERAN GURU DAN ORANG TUA DALAM MEWUJUDKAN
KEBERHASILAN PEMBELAJARAN PAI TINGKAT PENDIDIKAN DASAR DI ERA PANDEMI
COVID-19. Dar El-Ilmi : Jurnal Studi Keagamaan, Pendidikan Dan Humaniora , 7 (2), 1
Yusuf, M. (2022). Blended Learning dalam Pendidikan Agama Islam: Tantangan dan
Peluang di Era Digital. Jurnal Teknologi Pendidikan, 12(4), 67-80.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Haniefah Iqtianti, Siti Afifatun, Rohmadi, Dessy Kurnia Mulyani

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.