Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Bidang Studi Agama Islam Siswa MI Nurul Iman Kabupaten Lampung Utara 2023/2024
Kedisiplinan Belajar Mempengaruhi Prestasi Belajar Siswa MI Nurul Iman
Kata Kunci:
Kedisiplinan belajar, prestasi akademik, pendidikan agama, MI Nurul Iman, metode kualitatifAbstrak
Abstract: This study aims to understand the relationship between learning discipline and academic achievement in Islamic Studies among students at MI Nurul Iman. Learning discipline is a crucial factor influencing academic success, especially in religious education, which emphasizes moral and spiritual values. This research employs a qualitative method with a descriptive approach. Data were collected through interviews, observations, and documentation to gain an in-depth understanding of students' learning discipline patterns and their impact on academic performance. Data analysis was conducted through data reduction, data presentation, and inductive conclusion drawing. The findings indicate that students with high learning discipline tend to demonstrate better comprehension and achieve higher academic performance in Islamic Studies. Various factors, such as teacher roles, parental support, and school environment, also contribute to shaping students' learning discipline. These findings suggest that implementing strategies to instill disciplined learning habits can help improve the quality of religious education at the Madrasah Ibtidaiyah level. Keywords: Learning discipline, academic achievement, religious education, MI Nurul Iman, qualitative method
Keywords: Learning discipline, academic achievement, religious education, MI Nurul Iman, qualitative method
Abstrak: Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara kedisiplinan belajar dengan prestasi akademik dalam mata pelajaran Agama Islam pada siswa MI Nurul Iman. Kedisiplinan belajar menjadi salah satu faktor penting yang memengaruhi keberhasilan akademik, terutama dalam pembelajaran agama yang menekankan pemahaman nilai-nilai moral dan spiritual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif. Data Penulis dikumpulkan melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi untuk memperoleh gambaran mendalam mengenai pola kedisiplinan belajar siswa serta dampaknya terhadap prestasi akademik mereka. Teknik analisis data dilakukan melalui reduksi data, penyajian data, serta penarikan kesimpulan secara induktif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa siswa yang memiliki kedisiplinan belajar tinggi cenderung menunjukkan pemahaman yang lebih baik dan hasil akademik yang lebih optimal dalam mata pelajaran Agama Islam. Faktor-faktor seperti peran guru, dukungan orang tua, serta lingkungan sekolah turut berkontribusi dalam membentuk kedisiplinan belajar siswa. Temuan ini mengindikasikan bahwa penerapan strategi yang menanamkan kebiasaan disiplin dalam belajar dapat membantu meningkatkan kualitas pendidikan agama di tingkat Madrasah Ibtidaiyah.
Kata Kunci: Kedisiplinan belajar, prestasi akademik, pendidikan agama, MI Nurul Iman, metode kualitatif
Referensi
Purnomo A. N. (2022) ‘Hubungan Kedisiplinan Belajar dengan Prestasi Belajar Siswa Kelas VII Mata Pelajaran PAI di SMP Asy Syifa Boarding School Sukoharjo’. Surakarta. M. Sholihul A. (2012) ‘Hubungan antara Kedisiplinan Belajar dan Prestasi Belajar Pendidikan Agama Islam pada Siswa Kwlas VII SMP Kalijambe Sragen’. Surakarta. Riyadlotusshilikhah (2020) “Pengaruh Kedisiplinan Belajar Siswa terhadap Prestasi Belajar pada Mata Pelajaran Pendidikan Agama Islam di SMPN3 Pekalongan’ AL ISHLAH: Jurnal Pendidikan Islam. Hidayatun N. (2018) Pengaruh Kedisiplinan Siswa terhadap Hasil Belajar PAI Siswa Kelas IX SMA Negeri 1 Lhoong Aceh Besar. Banda Aceh. Muakhirin B. (2018) Internalisasi Nilai-Nilai Agama Islam Melalui Program Full Day School di MI Nurul Iman Pulung Kencana Tulang Bawang Barat. Lampung. Arfi J. (2017) “Pengaruh Kedidiplinan Guru PAI dan Siswa terhadap Prestasi Belajar PAI di SMK Negeri 05 Bengkulu Utara”. Bengkulu.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Luthfiyah Tiara Nafisah, Defnaldi, Mutho'i

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.