Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP N7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2023/2024

Penulis

  • Nia Asmara STAI IBNURUSYD
  • martoyo stai ibnurusyd

Kata Kunci:

Metode Jigsaw, Prestasi Belajar, Mata Pelajaran PAI

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh tata cara Jigsaw terhadap prestasi belajar siswa dalam mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam (PAI) di kelas VII SMP N 7 Kotabumi Lampung Utara pada tahun ajaran 2023/2024. Penelitian ini menggunakan desain eksperimen dengan 2 kelompok, ialah kelompok eksperimen yang mempraktikkan tata cara Jigsaw serta kelompok kontrol yang memakai tata cara pendidikan konvensional. Hasil penelitian menunjukan kalau siswa yang belajar dengan metode Jigsaw mempunyai prestasi yang lebih baik dibanding dengan siswa yang memakai tata cara konvensional. Analisis informasi menampilkan kenaikan yang signifikan dalam uraian modul PAI di antara siswa kelompok eksperimen. Tidak hanya itu, metode Jigsaw pula berkontribusi terhadap pengembangan keahlian sosial siswa, semacam kerja sama serta komunikasi efisien yang berarti dalam konteks pembelajaran. Dapat disimpulkan jika pelaksanaan metode Jigsaw dalam pendidikan PAI bisa meningkatkan prestasi belajar siswa secara signifikan. Penelitian ini merekomendasikan supaya guru memikirkan pemakaian tata cara pendidikan kooperatif semacam Jigsaw buat tingkatkan daya guna pendidikan di kelas.

 

Referensi

Aat Syafaat, Sohari Sahrani dan Muslih, Peranan Pendidikan Agama Islam, Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2010.

Agus Suprijono, Cooperative Learning Teori & Aplikasi PAIKEM, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2009.

Ahmad Tafsir, Ilmu Pendidikan dalam Perspektif Islam, Bandung: Remaja Rosda Karya, 2011.

Astuti, R. D., & Abadi, A. M. (2015). Keefektifan pembelajaran jigsaw dan TAI ditinjau dari kemampuan penalaran dan sikap belajar matematika siswa. Jurnal Riset Pendidikan Matematika, 2(2), 235-250.

Aunurrahman, Belajar dan Pembelajaran, Bandung: Alfa Beta, 2012.

Edi Kusnadi, Metodologi Penelitian, Metro: STAIN Metro, 2008

Haidar Putra Daulay, Pendidikan Islam Jakarta: Kencana, 2006.

Johnson, D. W., & Johnson, R. T. (2009). Kisah sukses psikologi pendidikan:“Teori ketergantungan sosial dan pembelajaran kooperatif”. Peneliti Pendidikan, 38(5), 365-379.

Jumiat, a. (2022). Upaya meningkatkan aktivitas belajar siswa pada materi hukum islam tentang hewan sebagai sumber bahan makanan melalui penggunaan model pembelajaran kooperatif tipe jigsaw: Aat Jumiat, SMPN 3 Saketi Pandeglang. TSIQOH: Jurnal Pendidikan Agama Islam, 2(2).

Nanang Hanafiah dan Cucu Suhana, Konsep Strategi Pembelajaran, Bandung: Refika Aditama, 2009.

Nasution, U., & Casmini, C. (2020). Integrasi Pemikiran Imam Al-Ghazali & Ivan

Nisa, H., Disman, D., & Dahlan, D. (2018). Pengaruh penerapan model pembelajaran kolaboratif teknik Group Investigation terhadap kemampuan berpikir analisis peserta didik. Jurnal Manajerial, 17(2), 157-166.

Sudarwan Danim, Media Komunikasi Pendidikan, Jakarta: Bumi Aksara, 2008.

Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: PT. RemajaRosdakarya, 2016.

Sugiyono. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: CV. Alfabeta, 2015.

Suprihatin, Siti. Pengaruh Model Pembelajaran Jigsaw Terhadap Hasil Belajar Studi Masyarakat Indonesia Mahasiswa, Jurnal Pendidikan Ekonomi UM Metro, Vol. 5, No.1, 2017, e-ISSN 2442-9449.

Syaiful Bahri Djamarah, Strategi Beljar Mengajar, Jakart-a: Rineka Cipta, 2010.

Uno, Hamzah B. dan Nurdin Mohamad. Belajar dengan Pendekatan PAILKEM: Pembelajaran Aktif, Inovatif, Lingkungan, Kreatif, Efektif, Menarik. Jakarta: Bumi Aksara, 2015.

Warsono dan Hariyanto. Pembelajaran Aktif. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya, 2014.

Wibowo, Nugroho. Upaya Peningkatan Keaktifan Siswa melalui Pembelajaran Berdasarkan Gaya Belajar di SMK Negeri 1 Saptosari, Jurnal Electronics, Informatics, and Vocational Education (ELINVO), Volume 1, Nomor 2, Mei 2016.

Widodo, M. (2022). Pembelajaran Kooperatif Model Investigasi Kelompok.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-05

Cara Mengutip

Asmara, N., & martoyo. (2024). Pengaruh Metode Jigsaw Terhadap Prestasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI Kelas VII di SMP N7 Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2023/2024. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(2), 66–73. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/582