Pengaruh Pembelajaran Online Terhadap Prestasi Belajar Mata Pelajaran PAI Kelas IV SDN Pengaringan Abung Barat Lampung Utara Tahun Ajaran 2022/2023
Kata Kunci:
Pengaruh pembelajaran online, prestasi belajaran, mata Pelajaran PAIAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh pendidikan online terhadap prestasi belajar siswa pada mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam (PAI) di kelas IV SDN Pengaringan Abung Barat, Lampung Utara, tahun ajaran 2022/2023. Pendekatan yang digunakan merupakan pendekatan kuantitatif dengan desain eksperimen. Ilustrasi diambil dari 2 kelas, ialah kelas yang mempraktikkan pendidikan online serta kelas kontrol yang memakai pendidikan tatap muka. Informasi dikumpulkan lewat pre-test serta post-test dan kuesioner buat mengukur tingkatan kepuasan siswa terhadap pendidikan online. Hasil penelitian menampilkan kalau ada kenaikan yang signifikan dalam prestasi belajar siswa yang menjajaki pendidikan online dibanding dengan kelas kontrol. Analisis informasi memakai uji t menampilkan kalau nilai p < 0,05, yang berarti hipotesis riset bisa diterima. Tidak hanya itu, hasil kuesioner menampilkan kalau siswa mempunyai anggapan positif terhadap pendidikan online, walaupun ada tantangan dalam akses teknologi serta motivasi belajar. Penelitian ini membantu pendidik merancang strategi efektif agar prestasi siswa tetap meningkat meski dalam kondisi darurat.
Referensi
Agata, Pina (2022) Upaya Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Quran Di SD N 5 Metro Utara. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Agustiana, Ria (2022) Implementasi Bimbingan Belajar Dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Di SDN 02 Way Lubuk Kecamatan K-alianda Kabupaten Lampung Selatan. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Agustiani, Resti (2022) Peran Keluarga Dalam Membentuk Anak Berakhlakul Karimah Di Desa Purworejo Kecamatan Kotagajah Kabupaten Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Aini, Latifatul (2022) Pengaruh Metode Role Playing Terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Ma’arif NU 7 Purbolinggo Lampung. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
Aini, Latifatul (2022) Pengaruh Metode Role Playing terhadap Hasil Belajar Mata Pelajaran Sejarah Kebudayaan Islam Siswa MTs Ma'arif NU 7 Purbolinggo Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Akbar, M. Fahdi Fauzi (2022) Pengaruh Keaktifan Siswa Dalam Organisasi Terhadap Hasil Belajar Siswa Mata Pelajaran Al-Islam Kelas XI SMA Muhammadiyah 1 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
Alfiani, Nani (2022) Hubungan Aktivitas Mengikuti Pengajian Dengan Pengamalan Ibadah Anggota Majelis Taklim Baiturrohim Di Desa Sriminosari Labuhan Maringgai. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Aly, Fahmy (2022) Implementasi Kitab Hidaayatus Shibyan dalam Penguasaan Ilmu Tajwid Pada Santri Kelas Al-Imrithi Pondok Pesantren Nurul Anwar Metro Timur. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
Amanah, Alfina Mustaufiqotun (2022) Penerapan Metode Talaqqi Pada Siswa Dalam Menghafal Al-Qur’an Di SDIT Al-Furqon Kota Gajah Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Andika, . (2022) Efektivitas Metode Baghdadi dalam Pembelajaran Membaca al-Quran di TPA al-Huda Desa Marga Mulya. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Andriansyah, Kiki (2022) Penerapan Metode Recollection Smart Teaching Dalam Meningkatkan Minat Belajar Siswa Kelas V MI Miftahul Huda Banding Sukadana Lampung Timur. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Anggraeni, Alfi (2022) Peran Orangtua dalam Memotivasi Belajar Anak (Studi di Desa Banjarrejo Kecamatan Batanghari). Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Anggrain, Renita Ayu (2022) Implementasi Pendekatan Keagamaan Sebagai Solusi Penanganan Kenakalan Siswa Kelas XI Di SMA Negeri 1 Metro. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Anggraini, Sujiwatti Damarsasi (2022) Pengaruh Media Pembelajaran LCD Proyektor terhadap Minat Belajar Siswa MTS An-Nuur Guppi Mojopahit Lampung Tengah. Undergraduate thesis, IAIN Metro.
Anggraini, Tia (2022) Pengaruh Sistem Boarding School Terhadap Pembentukan Karakter Siswa di MAN 1 Metro. Undergraduate thesis, Institut Agama Islam Negeri Metro.
Bahri Djamarah, Syaiful dan Aswan Zain, Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Rineka Cipta, 1995
Dimyati dan Mudjiono.Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta, 2009
Hadeli. Metode Penelitian Kependidikan. Ciputat: Quantum Teaching, 2006
Kunandar. Guru Profesional Implementasi Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan (KTSP) dan Sukses Dalam Sertifikasi Guru. Jakarta: Rajawali Pers, 2011
Muhadi. Penelitian Tindakan Kelas.Yogyakarta: Shira Media, 2011
Purwanto. Evaluasi Hasil Belajar. Yogyakarta: Pustaka Belajar, 2011
Sudijono, Anas. Pengantar Evaluasi Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2012. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada, 2006Sukardi. Evaluasi Pendidikan Prinsip & Operasionalnya. Jakarta: Bumi Aksara, 2011
Sudjana, Nana. Penilaian Hasil Proses Belajar Mengajar. Bandung: Remaja Rosdakarya, 1992
Syahrin, S. A. (2015). Pengaruh Model Pembelajaran Blended LearningTerhadap Hasil Belajar
Syaodih Sukmadinata, Nana. Metode Penelitian Pendidikan,. Bandung: Remaja Rosdakarya, 2012
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Nia Asmara, M. makhrus Ali , harmono

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.