Usaha Orang Tua Meningkatkan Kemampuan Al-Qura’an Anak dalam Keluarga: Perspektif Teori dan Politik

Analisis Kualitatif terhadap Strategi dan Tantangan dalam Pengajaran Al-Qur'an oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga

Penulis

  • citra ayu hidayah stai ibnu rusyd
  • Tri Hariyati

Abstrak

Pendidikan Al-Qur’an di lingkungan keluarga memiliki peranan yang vital dalam membentuk karakter spiritual, moral, dan intelektual anak. Keluarga sebagai institusi pertama dalam pendidikan berperan besar dalam menanamkan nilai-nilai agama, khususnya melalui pengajaran baca tulis Al-Qur’an. Penelitian ini bertujuan untuk mengkaji berbagai bentuk usaha yang dilakukan oleh orang tua dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an anak, serta menganalisis faktor pendukung dan penghambat dalam proses tersebut. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif dengan desain studi kasus, melalui wawancara mendalam dan observasi terhadap beberapa keluarga Muslim. Hasil penelitian menunjukkan bahwa keberhasilan pengajaran Al-Qur’an ditentukan oleh keterlibatan aktif orang tua, lingkungan belajar yang mendukung, serta penerapan metode yang adaptif. Kendala utama yang ditemukan meliputi keterbatasan waktu, rendahnya pemahaman orang tua mengenai metode pengajaran, dan minimnya motivasi anak.

Referensi

Al-Mahmud, M. (2020). Pemanfaatan teknologi dalam pengajaran Al-Qur’an untuk anak-anak. Jurnal Pendidikan Islam, 15(2), 123–145.

Asmara, F. (2017). Peran orang tua dalam pendidikan agama anak di rumah. Jurnal Pendidikan dan Keluarga, 9(3), 88–101.

Fadilah, A., & Abdurrahman, N. (2018). Pendidikan orang tua dalam pembelajaran Al-Qur'an di rumah. Jurnal Pendidikan Agama Islam, 12(1), 47–60.

Hidayat, M. (2021). Strategi orang tua dalam meningkatkan kemampuan baca tulis Al-Qur’an pada anak. Jurnal Pendidikan dan Kebudayaan, 18(4), 200–215.

Hussain, R. (2019). The role of family in Quranic education: Parental involvement and its impact on children’s Quran learning. International Journal of Quranic Studies, 24(2), 78–92.

Kamil, S. (2015). Pendidikan agama di rumah: Perspektif teori dan praktik. Jakarta: PT Al-Maktabah.

Mustafa, R., & Khairuddin, A. (2016). Pengaruh lingkungan keluarga terhadap pembelajaran Al-Qur’an anak. Jurnal Pendidikan Islam, 10(3), 75–89.

Nurhayati, S., & Riza, S. (2019). Penerapan metode hafalan dalam pembelajaran Al-Qur'an di keluarga. Jurnal Pendidikan dan Pengajaran, 14(1), 34–45.

Purnama, M. (2017). Metode pengajaran Al-Qur’an di keluarga: Pendekatan praktis untuk orang tua. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Rohmah, I. (2018). Strategi orang tua dalam mengatasi tantangan pembelajaran Al-Qur’an di rumah. Jurnal Pendidikan Islam dan Keluarga, 16(1), 112–130.

Sari, D. (2019). Pentingnya keterlibatan orang tua dalam pendidikan Al-Qur’an anak. Jurnal Pendidikan dan Sosial Budaya, 11(2), 154–170.

Sundari, T. (2020). Pengajaran Al-Qur’an dalam keluarga: Metode, tantangan, dan solusi. Jurnal Pendidikan dan Agama Islam, 14(1), 55–68.

Zahra, N. (2018). Hambatan orang tua dalam mengajarkan Al-Qur’an di rumah. Jurnal Penelitian Pendidikan Islam, 22(4), 191–205.

Zulkarnain, F., & Abdullah, M. (2017). Pendidikan Al-Qur’an berbasis keluarga di Indonesia: Studi kasus di beberapa daerah. Jurnal Pendidikan Agama, 13(2), 142–157.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-05

Cara Mengutip

hidayah, citra ayu, & Hariyati, T. (2024). Usaha Orang Tua Meningkatkan Kemampuan Al-Qura’an Anak dalam Keluarga: Perspektif Teori dan Politik : Analisis Kualitatif terhadap Strategi dan Tantangan dalam Pengajaran Al-Qur’an oleh Orang Tua di Lingkungan Keluarga. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(2), 66–77. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/580