Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Tri Bhakti Subik Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara Tp. 2022/2023

Tata Cara Role Playing di SMK Tri Bhakti

Penulis

  • Luthfiyah Tiara Nafisah STAI IBNURUSYD
  • Meilisa Sajdah
  • Aan Gunawan

Kata Kunci:

Role Playing, Motivasi Belajar, Pembelajaran Agama Islam,

Abstrak

Riset ini bertujuan mengimplementasikan tata cara role playing tingkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tri Bhakti Subik, Kecamatan Abung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, tahun pelajaran 2022/2023.  Tata cara role playing diharapkan menjadu atmosfer belajar yang interaktif serta mengasikkan sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dalam proses pendidikan dengan mengaitkan siswa secara langsung dalam kedudukan yang dimainkan, diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya diri serta atensi belajar terhadap modul pembelajaran PAI.

Referensi

Adam dalam Sumiarti, Ilmu Pendidikan, Purwokerto: STAIN Press, 2016.

Al-Hanan, 2009. Dian Cahya Ningrum, Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah, Metro: IAIN Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Amal Abdussalam

Al-Khalili, Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka Pelajar,2005.

Cholid Narbuko, Abu Ahmadi, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.

Departemen Agama, Al-Qur‟anTerjemah Tanpa Takwil-Asbabun Nuzul Tematik dan Penjelasan Ayat Indeks Al-Qur‟an Terjemah, Surakarta: Pustaka Rulasmin

Khotimah, 2017, Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan Sudin, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan DasarE-ISSN : 2722-8444Vol. 3Nomor 22022:h106-106106J.S.

El Rais, Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.

Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2011. hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas kelas VIII SMP Negeri Benerwojo Kecamatan Kejayaan Kabupaten Pasuruan Heppy

Husdarta dan Nurlan Kusmaedi, Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olah Raga dan Kesehatan), Bandung: Alfabeta, 2010.

Ihati hatimah dalam Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana, 2012.

Ismawati Alidha Nurhasanah, Atep Sujana, and Ali Sudin, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, vol. 1, no. 1,2016.

Jasa Ungguh Muliawan, Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas Anak, Yogyakarta: Gava Media, 201 Lingkungannya, vol. 1-, no. 1 (2016).

Lisa, 2013, Sekenari Pembelajaran, Bandung.

Menurut Hamalik, dalam Ismawati Alidha Nurhasanah, Atep Sujana, and Ali Metro, 2020.

Mulyasa, Manajemen Paud, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.

Muri Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Balai Aksara Edisi III, 2000. Press, 2016.

Unduhan

Diterbitkan

2024-05-05

Cara Mengutip

Nafisah, L. T., Sajdah, M., & Gunawan, A. (2024). Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Tri Bhakti Subik Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara Tp. 2022/2023: Tata Cara Role Playing di SMK Tri Bhakti. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(2), 50–59. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/578