Implementasi Metode Role Playing dalam Meningkatkan Motivasi Belajar Siswa Mata Pelajaran PAI di SMK Tri Bhakti Subik Kecamatan Abung Tengah Kabupaten Lampung Utara Tp. 2022/2023
Tata Cara Role Playing di SMK Tri Bhakti
Kata Kunci:
Role Playing, Motivasi Belajar, Pembelajaran Agama Islam,Abstrak
Riset ini bertujuan mengimplementasikan tata cara role playing tingkatkan motivasi belajar siswa pada pembelajaran Agama Islam di Sekolah Menengah Kejuruan Tri Bhakti Subik, Kecamatan Abung Tengah, Kabupaten Lampung Utara, tahun pelajaran 2022/2023. Tata cara role playing diharapkan menjadu atmosfer belajar yang interaktif serta mengasikkan sehingga siswa lebih aktif berpartisipasi dalam proses pendidikan dengan mengaitkan siswa secara langsung dalam kedudukan yang dimainkan, diharapkan bisa meningkatkan rasa percaya diri serta atensi belajar terhadap modul pembelajaran PAI.
Referensi
Adam dalam Sumiarti, Ilmu Pendidikan, Purwokerto: STAIN Press, 2016.
Al-Hanan, 2009. Dian Cahya Ningrum, Penerapan Model Bermain Peran (Role Playing) untuk meningkatkan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 2 Kotagajah Lampung Tengah, Metro: IAIN Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Amal Abdussalam
Al-Khalili, Mengembangkan Kreativitas Anak, Jakarta: Pustaka Pelajar,2005.
Cholid Narbuko, Abu Ahmadi, Metodelogi Penelitian, Jakarta: Bumi Aksara, 1997.
Departemen Agama, Al-Qur‟anTerjemah Tanpa Takwil-Asbabun Nuzul Tematik dan Penjelasan Ayat Indeks Al-Qur‟an Terjemah, Surakarta: Pustaka Rulasmin
Khotimah, 2017, Penggunaan metode role playing untuk meningkatkan Sudin, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil TADZKIRAH: Jurnal Pendidikan DasarE-ISSN : 2722-8444Vol. 3Nomor 22022:h106-106106J.S.
El Rais, Kamus Ilmiah Populer, Yogyakarta: Pustaka Pelajar, 2012.
Hamdani, Strategi Belajar Mengajar, Bandung: CV Pustaka Setia, 2011. hasil belajar siswa pada mata pelajaran PKn kelas kelas VIII SMP Negeri Benerwojo Kecamatan Kejayaan Kabupaten Pasuruan Heppy
Husdarta dan Nurlan Kusmaedi, Pertumbuhan dan Perkembangan Peserta Didik (Olah Raga dan Kesehatan), Bandung: Alfabeta, 2010.
Ihati hatimah dalam Ahmad Susanto, Perkembangan Anak Usia Dini: Pengantar dalam Berbagai Aspeknya, Jakarta: Kencana, 2012.
Ismawati Alidha Nurhasanah, Atep Sujana, and Ali Sudin, Penerapan Metode Role Playing Untuk Meningkatkan Hasil Belajar Siswa Pada Materi Hubungan Mahluk Hidup Dengan Lingkungannya, vol. 1, no. 1,2016.
Jasa Ungguh Muliawan, Mengembangkan Imajinasi dan Kreatifitas Anak, Yogyakarta: Gava Media, 201 Lingkungannya, vol. 1-, no. 1 (2016).
Lisa, 2013, Sekenari Pembelajaran, Bandung.
Menurut Hamalik, dalam Ismawati Alidha Nurhasanah, Atep Sujana, and Ali Metro, 2020.
Mulyasa, Manajemen Paud, Bandung: PT Remaja Rosdakarya, 2012.
Muri Yusuf, Pengantar Ilmu Pendidikan, Jakarta: Balai Aksara Edisi III, 2000. Press, 2016.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2024 Luthfiyah Tiara Nafisah, Meilisa Sajdah, Aan Gunawan

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.