peranan guru mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa di masa pandemi covid-19 kelas VII di SMP 4 kotabumi tahun pelajaran 2022/2023

Penulis

  • flora ambarwati Stai Ibnu Rusyd
  • Meilisa
  • Anita

Kata Kunci:

Pembelajaran Agama Islam, Kepribadian Siswa, Pandemi Covid-19, Pendidikan Daring,

Abstrak

Kedudukan guru mata pelajaran Pembelajaran Agama Islam (PAI) sangat vital dalam

membentuk kepribadian siswa, paling utama di masa pandemi Covid-19. Pada tahun

pelajaran 2022/2023 di SMPN 4 Kotabumi, guru PAI mengalami tantangan baru dalam

proses pendidikan yang dicoba secara daring. Lewat pendekatan yang inovatif serta interaktif,

guru berupaya melindungi motivasi belajar siswa dan mengintegrasikan nilai-nilai agama

dalam konteks kehidupan sehari-hari.

Dalam suasana keadaan yang serba terbatas ini, guru PAI tidak cuma berperan selaku

pengajar, namun pula selaku motivator serta pembimbing. Aktivitas pendidikan yang

dilaksanakan mencakup dialog tanya jawab, dan pemakaian media sosial buat menjangkau

siswa secara lebih efisien Perihal ini membolehkan siswa buat senantiasa ikut serta dalam

pendidikan serta menginternalisasi nilai-nilai agama yang jadi bawah pembuatan kepribadian

mereka.

Hasil dari riset ini menampilkan kalau interaksi yang baik antara guru serta siswa, dan

pelaksanaan tata cara pendidikan yang kreatif, sangat mempengaruhi terhadap pertumbuhan

kepribadian siswa. Walaupun terdapat hambatan yang dialami sepanjang pendidikan daring,

kedudukan aktif guru PAI dalam membagikan arahan serta sokongan moral sudah menolong

siswa buat senantiasa berpegang pada nilai-nilai agama serta etika yang baik.

Referensi

Ahmad, Amin. 1975. Etika Ilmu Akhlak. Jakarta: Bulan Bintang.

Amiruddin Siahaan, Amiruddin. 2017. Konsep-Konsep Keguruan Dalam Pendidikan Islam.

Medan: Lembaga Peduli Pengembangan Pendidikan Indonesia.

Gunawan, Heri. 2012. Pendidikn Karakter Konsep dan Implementasi. Bandung; Alfabeta.

Gunawan. 2014. Pendidikan Karakter Konsep dan Implementasinya. Bandung: Alfabeta

Maksudin. 2013. Pendidikan Karakter Non-Dikotomik. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Miftakhul Halimah, “Peranan Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Pembentukan Karakter

Siswa Kelas VIII SMPN 2 Sukadana Lampung Timur” (Skripsi, IAIN Metro, 2018).

Muchlas Samani dan Hariyanto. 2011. Konsep dan Model Pendidikan Karakter. Bandung: PT.

Remaja Rosdakarya.

Muhaimin. 2004. Wacana Pengembangan Pendidikan Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Muslich, Masnur. 2011. Pendidikan Karakter: Menjawab Tantangan Krisis Multidimensional.

Jakarta: Bumi Aksara.

Nata, Abuddin. 2005. Pendidikan dalam Perspektif Al-qur’an. Jakarta: UIN Jakarta Press.

Peraturan Menteri Pendidikan dan Kebudayaan. Undang-Undang No 20 tahun 2018 tentang

Penguatan Pendidikan Karakter Pada Satuan Pendidikan Formal, pasal 2 ayat (1). Sonne

Pasulle, “Peran Guru Pendidikan Agama Islam Dalam Membentuk Karakter Siswa

Kelas VIII SMP Muhammadiyah Kota Palopo” (Skripsi, IAIN Palopo, 2018).

Pupuh Fathurrahman dan M SobryS. 2007. Strategi Belajar Mengajar. Bandung: Aditama.

Rusdiyana & Yeti. 2015. Pendidikan Profesi Keguruan. Bandung: CV Pustaka Setia.

Sabri, Alisuf. 1996. Psikologi Berdasarkan Kurikulum Nasional. Jakarta: Pedoman Ilmu Jaya.

Tim Redaksi Sinar Grafika, Undang-Undang Guru dan Dosen, (UU RI No. 14 Tahun 2005),

((Jakarta: Sinar Grafika, 2009).

Wibowo, Agus. 2012. Pendidikan Karakter: Strategi Membangun Karakter Bangsa

Berperadaban. Yogyakarta: Pustaka Pelajar

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-11

Cara Mengutip

ambarwati, flora, Sajdah, M., & Anita. (2023). peranan guru mata pelajaran PAI dalam membentuk karakter siswa di masa pandemi covid-19 kelas VII di SMP 4 kotabumi tahun pelajaran 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(1), 17–31. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/552