peningkatan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI dengan menerapkan teori belajar behavioristik pada kelas IV di sdn 4 wonomarto tahun 2022/2023

Penulis

  • flora ambarwati Stai Ibnu Rusyd
  • Ali
  • Halen

Kata Kunci:

Prestasi belajar, Pembelajaran Agama Islam, Teori belajar behavioristik, Penguatan positif, Pendidikan terstruktur.

Abstrak

Riset ini bertujuan buat tingkatkan prestasi belajar partisipan didik dalam mata pelajaran
Pembelajaran Agama Islam lewat pelaksanaan teori belajar behavioristik di kelas IV SDN 4
Wonomarto pada tahun ajaran 2022/2023. Tata cara pengajaran yang berbasis pada teori
behavioristik menekankan pada penguatan positif serta pendidikan yang terstruktur, sehingga
diharapkan bisa memfasilitasi siswa dalam menguasai modul dengan lebih baik. Dalam riset
ini, periset mempraktikkan bermacam strategi pengajaran, tercantum pemakaian reward serta
punishment, buat tingkatkan motivasi serta keterlibatan siswa dalam proses belajar.
Hasil riset menampilkan terdapatnya kenaikan signifikan dalam prestasi belajar siswa sehabis
pelaksanaan tata cara ini. Informasi yang diperoleh dari penilaian saat sebelum serta setelah intervensi menampilkan kalau rata-rata nilai siswa hadapi peningkatan yang signifikan. Tidak
hanya itu, observasi sepanjang proses pendidikan menampilkan kalau siswa lebih aktif serta
bersemangat dalam menjajaki pelajaran, dan lebih sanggup mempraktikkan konsep yang
sudah diajarkan dalam konteks kehidupan sehari-hari.
Kesimpulan dari riset ini menampilkan kalau pelaksanaan teori belajar behavioristik bisa jadi
alternatif yang efisien buat tingkatkan prestasi belajar partisipan didik dalam Pembelajaran
Agama Islam. Riset ini merekomendasikan supaya guru mempraktikkan pendekatan seragam
dalam mata pelajaran lain buat tingkatkan hasil belajar siswa secara totalitas Diharapkan,
penemuan ini bisa jadi acuan untuk pengembangan tata cara pendidikan yang lebih inovatif
serta efisien di sekolah bawah

Referensi

Daftar Pustaka

Arikunto Suharsimi, dkk, Penelitian Tindakan Kelas, (Jakarta: PT. Bumi Aksara, 2008).

Budiningsih C. Asri. Belajar dan Pembelajaran, (Jakarta: PT. Rineka Cipta, 2005).

Chomaidi H. dan Salamah. Pendidikan Dan Pengajaran Strategi Pembelajaran

Sekolah.(Jakarta: PT. Grasindo, 2018).

Das St. Wardah Hanafie, Muh. Syakir, & Juliadi. “Formulasi Pembelajaran PAI dan

Implikasi Terhadap Motivasi Belajar Peserta Didik di SMA Negeri 10 Enrekang”.

Jurnal Pendidikan Islam. Vol. 17, No. 2. 2019.

Hami Eli, Idris Mahsyar, “Pengar--uh Implementasi Kurikulum 2013 Terhadap

Peningkatan Motivasi Belajar Peserta Didik Dalam Pendidikan Agama Islam Dan

Budi Pekerti Di Sman 1 Panca Lautang Sidrap”. Jurnal: ISTIQRA’. Vol. 2 No. 2. 2015.

Hawi Akmal, Kompetensi Pendidikan Agama Islam, (Jakarta: Raja Wali Pers, 2013).

Isti’adah Feida Noorlaila, Teori-Teori Belajar dalam Pendidikan.(Tasikmalaya, Jawa Barat:

PT. EDU PUBLISER, 2020).Jihad Asep, Evaluasi Pembelajaran, (Yogyakarta: Multi

Pressindo, 2013).

KementrianAgamaRepublikIndonesia2014,BukuSiswaAkidahAkhlakPendekatan

Saintifikkurikulum 2013.

Metodologi penelitian kuantitatif untuk Psikologi dan pendidikan,Yogyakarta:

Pustaka Pelajaran.Rahman Taufik,Tauhid IlmuKalam,(Bandung:PustakaSetia,2013).

Parnawi Afi, Psikologi Belajar. (Yogyakarta: CV. Budi Utama 2019).

Pratama Yoga Anjas, “Relevansi Teori Belajar Behaviorisme Terhadap Pendidikan Agama

Islam”. Jurnal: Pendidikan Agama Islam Al-Thariqah. Vol. 4. No.1. 2019.

Prof Sukardi, Ph D, Metodologi Penelitian Pendidikan, (Jogjakarta: PT. Bumi Aksara,

.Purwanto, (2008).

Restian Arina, Psikologi Pendidikan Teori & Aplikasi, (Malang: Universitas

Muhammadiyah Malang, 2015).

Slameto, Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya, (Jakarta: Rineka Cipta, 2003).

Solog Najamuddin P. Pengembangan Materi PAI, (Gorontalo: Mitra Media Mustika Jakarta,

.

Subagyo P. Joko, Metode Penelitian dalam Teori dan Praktek, (Jakarta: PT Rineka

Cipta ,2004).

Sukardi Ismail, Model-Model Pembelajaran Modern, (Jogjakarta: Tunas Gemilang Press,

.

Suprihatin Sitti, “Upaya Guru dalam Meningkatkan Motivasi Belajar SIswa”,Jurnal Promosi.

Vol.3. No.1. 2015.

Syahidin, Menelusuri Metode Pendidikan dalam Al-Qur’an,(Bandung: Alfabeta, 2009).

West Richard, Turner Lynn H.. Pengantar teori komjnikasi analisis dan aplikasih,

(Jakarta: Salemba Humanika, 2008)

Unduhan

Diterbitkan

2023-05-05

Cara Mengutip

ambarwati, flora, Ali, M., & Dwistia, H. (2023). peningkatan prestasi belajar peserta didik mata pelajaran PAI dengan menerapkan teori belajar behavioristik pada kelas IV di sdn 4 wonomarto tahun 2022/2023. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(3), 70–81. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/551