Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas XI MP di SMK Husnul Amal Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022
Abstrak
Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi elemen penting dalam membentuk karakter Islami siswa, seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab. Guru PAI tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing dan teladan dalam internalisasi nilai-nilai Islam. Penelitian ini berfokus pada peran guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa kelas XI Manajemen Perkantoran (MP) di SMK Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi strategi, tantangan, serta faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui metode pembelajaran interaktif, pembiasaan, serta kegiatan keagamaan di sekolah. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai agama dan pengaruh lingkungan yang kurang mendukung. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk mengoptimalkan pembentukan karakter Islami siswa.
Referensi
Arifin, M. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.
Jakarta: Bumi Aksara.
Azra, A. (2018). Pendidikan Islam: Tradisi
dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.
Hamid, A. (2010). Pendidikan Karakter
dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.
Sudrajat, A. (2011). "Mengapa Pendidikan
Karakter?" dalam Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-11.
Suyadi, & Sutrisno, H. (2018). Strategi
Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.
Wahyudi, R. (2021). Strategi Pembelajaran
Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Yusuf, M. (2022). "Pendidikan Karakter
Berbasis Islam dalam Konteks Sekolah Menengah." Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 10(1), 25-40.
Ibn Miskawayh. Tahzib al-Akhlaq. Beirut:
Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.
Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin. Kairo: Dar al
Hadith.
Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Madarij al
Salikin. Riyadh: Dar Ibn al-Jauzi.
Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur'an: Tafsir
Maudhu'i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.
Abdul Majid & Dian Andayani. Pendidikan
Karakter Perspektif Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 Widara rizqi Ulfa, roni, suka

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.