Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas XI MP di SMK Husnul Amal Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis

  • Widara rizqi Ulfa Stau bnu Rusyd kota bumi
  • roni stai ibnurusyd kotabumi
  • suka stai ibnurusyd kotabumi

Abstrak

Pendidikan memiliki peran krusial dalam membentuk karakter peserta didik, terutama dalam menghadapi tantangan globalisasi dan perkembangan teknologi. Dalam konteks pendidikan di Indonesia, Pendidikan Agama Islam (PAI) menjadi elemen penting dalam membentuk karakter Islami siswa, seperti kejujuran, disiplin, dan tanggung jawab. Guru PAI tidak hanya bertindak sebagai pengajar, tetapi juga sebagai pembimbing dan teladan dalam internalisasi nilai-nilai Islam. Penelitian ini berfokus pada peran guru PAI dalam membentuk karakter Islami siswa kelas XI Manajemen Perkantoran (MP) di SMK Husnul Amal Kotabumi, Lampung Utara tahun ajaran 2021/2022. Metode penelitian yang digunakan adalah pendekatan kualitatif deskriptif untuk mengeksplorasi strategi, tantangan, serta faktor pendukung dalam penerapan pendidikan karakter Islami. Hasil penelitian menunjukkan bahwa guru PAI berperan sebagai pendidik, pembimbing, motivator, dan teladan dalam menanamkan nilai-nilai Islami. Implementasi pendidikan karakter dilakukan melalui metode pembelajaran interaktif, pembiasaan, serta kegiatan keagamaan di sekolah. Namun, terdapat tantangan seperti kurangnya kesadaran siswa terhadap pentingnya nilai-nilai agama dan pengaruh lingkungan yang kurang mendukung. Oleh karena itu, diperlukan kolaborasi antara sekolah, keluarga, dan masyarakat untuk mengoptimalkan pembentukan karakter Islami siswa.

Referensi

Arifin, M. (2012). Ilmu Pendidikan Islam.

Jakarta: Bumi Aksara.

Azra, A. (2018). Pendidikan Islam: Tradisi

dan Modernisasi Menuju Milenium Baru. Jakarta: Kencana.

Hamid, A. (2010). Pendidikan Karakter

dalam Perspektif Islam. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudrajat, A. (2011). "Mengapa Pendidikan

Karakter?" dalam Jurnal Pendidikan Karakter, 1(1), 1-11.

Suyadi, & Sutrisno, H. (2018). Strategi

Pembelajaran Pendidikan Karakter. Yogyakarta: Pedagogia.

Wahyudi, R. (2021). Strategi Pembelajaran

Pendidikan Agama Islam. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Yusuf, M. (2022). "Pendidikan Karakter

Berbasis Islam dalam Konteks Sekolah Menengah." Jurnal Studi Islam dan Pendidikan, 10(1), 25-40.

Ibn Miskawayh. Tahzib al-Akhlaq. Beirut:

Dar al-Kutub al-Ilmiyyah.

Al-Ghazali. Ihya’ Ulumuddin. Kairo: Dar al

Hadith.

Ibnu Qayyim al-Jauziyyah. Madarij al

Salikin. Riyadh: Dar Ibn al-Jauzi.

Quraish Shihab. Wawasan Al-Qur'an: Tafsir

Maudhu'i atas Berbagai Persoalan Umat. Bandung: Mizan.

Abdul Majid & Dian Andayani. Pendidikan

Karakter Perspektif Islam. Jakarta: RajaGrafindo Persada.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-05

Cara Mengutip

Ulfa, W. rizqi, santoso, roni, & sukawati. (2022). Peran Guru PAI Dalam Membentuk Karakter Islami Siswa Kelas XI MP di SMK Husnul Amal Kotabumi Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(3), 12–19. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/542