Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pesera Didik Secara Daring di Masa Pandemi Covid 19 Kelas 4 di SDN 3 Abung Jaya Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci:
Peran Guru PAI, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pandemi COVID-19Abstrak
Abstrak: Pandemi COVID-19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia secara signifikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 4 melalui pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research juga disebut dengan penelitian pustaka atau literatur. Penelitian yang berbasis literatur adalah sebuah penelitian yang berbentuk literatur sebagai objek kajian penelitian. Dalam arti lain penelitian berbasis literatur merupakan kegiatan penelitian dengan cara menghimpun informasi yang dinilai relevan atau memiliki kesesuaian dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar seperti memberikan motivasi, membimbing peserta didik, serta menciptakan strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif agar siswa tetap semangat dalam belajar walupun dalam pembelajaran daring. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang kreatif seperti teknologi digital seperti Google Classroom, WhatsApp, dan Zoom menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan pembelajaran daring.
Referensi
Ahmad Pathoni, 2004, Dinamika Pendidikan Anak, Jakarta: Bina Ilmu
Aji, Wahyu & Dewi, Fatma, Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurbal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (April 2020). Dalam https://www.edukatif.org/edukatif/article/view/89/pdf diakses pada tanggal 10 Maret 2025
Albert Efendi Pohan, 2020, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Jawa Tengah: CV Sarnu Untung
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2022 putri susana, Ridho, Saroyo, Dessy

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.