Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pesera Didik Secara Daring di Masa Pandemi Covid 19 Kelas 4 di SDN 3 Abung Jaya Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis

  • putri susana STAI Ibnurusyd Kotabumi
  • Ridho
  • Saroyo
  • Dessy

Kata Kunci:

Peran Guru PAI, Pembelajaran Daring, Prestasi Belajar, Pandemi COVID-19

Abstrak

Abstrak: Pandemi COVID-19 telah mengubah sistem pendidikan di Indonesia secara signifikan, termasuk dalam pembelajaran Pendidikan Agama Islam (PAI) di tingkat sekolah dasar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peran guru PAI dalam meningkatkan prestasi belajar peserta didik kelas 4 melalui pembelajaran daring di masa pandemi. Metode penelitian yang digunakan adalah deskriptif kualitatif dengan jenis penelitian library research juga disebut dengan penelitian pustaka atau literatur. Penelitian yang berbasis literatur adalah sebuah penelitian yang berbentuk literatur sebagai objek kajian penelitian. Dalam arti lain penelitian berbasis literatur merupakan kegiatan penelitian dengan cara menghimpun informasi yang dinilai relevan atau memiliki kesesuaian dengan topik atau masalah yang menjadi objek penelitian. Hasil penelitian mengungkapkan bahwa peran guru PAI sangat penting dalam meningkatkan prestasi belajar seperti memberikan motivasi, membimbing peserta didik, serta menciptakan strategi pembelajaran yang interaktif dan inovatif agar siswa tetap semangat dalam belajar walupun dalam pembelajaran daring. Selain itu, penggunaan media pembelajaran yang kreatif seperti teknologi digital seperti Google Classroom, WhatsApp, dan Zoom menjadi faktor pendukung dalam keberhasilan pembelajaran daring.

Referensi

Ahmad Pathoni, 2004, Dinamika Pendidikan Anak, Jakarta: Bina Ilmu

Aji, Wahyu & Dewi, Fatma, Dampak Covid-19 terhadap Implementasi Pembelajaran Daring di Sekolah Dasar, Jurbal Ilmu Pendidikan Vol. 2 No. 1 (April 2020). Dalam https://www.edukatif.org/edukatif/article/view/89/pdf diakses pada tanggal 10 Maret 2025

Albert Efendi Pohan, 2020, Konsep Pembelajaran Daring Berbasis Pendekatan Ilmiah, Jawa Tengah: CV Sarnu Untung

Unduhan

Diterbitkan

2022-05-05

Cara Mengutip

susana, putri, Hidayah, R., Saroyo, H., & Mulyani, D. K. (2022). Peran Guru PAI Dalam Meningkatkan Prestasi Belajar Pesera Didik Secara Daring di Masa Pandemi Covid 19 Kelas 4 di SDN 3 Abung Jaya Tahun Ajaran 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(3), 1–11. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/534