Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada lembaga keuangan mikro

Penulis

  • Habibul Mujtaba STAI Ibnu Rusyd Kotabumi
  • fikri stai ibnurusyd kotabumi
  • suka stai ibnurusyd kotabumi
  • Dessy

Kata Kunci:

kualitas layanan, kepuasan nasabah, Lembaga Keuangan Mikro Syariah.

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah. Penelitian ini menggunakan metode penelitian kuantitatif dengan teknik pengumpulan data melalui kuesioner. Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas layanan memiliki pengaruh signifikan terhadap kepuasan nasabah. Faktor-faktor yang mempengaruhi kualitas layanan antara lain keandalan, ketanggapan, kepastian, dan empati. Penelitian ini berimplikasi pada pentingnya Lembaga Keuangan Mikro Syariah untuk meningkatkan kualitas layanan guna meningkatkan kepuasan nasabah.

Referensi

Buku Referensi

Kotler, P., & Keller, KL (2016). Manajemen Pemasaran (edisi ke-15). Pearson Education.

Lovelock, C., & Wirtz, J. (2016). Pemasaran Jasa: Orang, Teknologi, Strategi (edisi ke-8). Pearson.

Tjiptono, F. (2019). Strategi Pemasaran dan Kepuasan Pelanggan . Yogyakarta: Penerbit Andi.

Nasution, M. (2017). Manajemen Mutu Terpadu (Manajemen Mutu Total) . Jakarta: Ghalia Indonesia.

Ascarya. (2020). Akad & Produk Bank Syariah: Konsep dan Aplikasi . Jakarta: Rajawali Pers.

Jurnal Ilmiah Nasional dan Internasional

Parasuraman, A., Zeithaml, VA, & Berry, LL (1988). SERVQUAL: Skala Multi-Item untuk Mengukur Persepsi Konsumen terhadap Kualitas Layanan . Jurnal Ritel, 64 (1), 12-40.

Zeithaml, VA, Bitner, MJ, & Gremler, DD (2018). Pemasaran Layanan: Mengintegrasikan Fokus Pelanggan di Seluruh Perusahaan . McGraw-Hill Education.

Rahman, A., & Amran, A. (2019). Peran Keuangan Mikro Islam dalam Meningkatkan Inklusi Keuangan di Indonesia . Jurnal Internasional Studi Ekonomi dan Keuangan Islam, 5 (2), 34-48.

Nugroho, L., & Suryani, T. (2020). Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Nasabah Pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah . Jurnal Ekonomi & Keuangan Islam, 6 (1), 75-90.

Hasan, M., & Huda, N. (2021). Kualitas Layanan dan Kepuasan Nasabah pada Lembaga Keuangan Mikro Syariah: Studi Kasus di Indonesia . Jurnal Pemasaran Islam, 12 (3), 112-127.

Artikel dan Laporan Penelitian

Bank Indonesia. (2022). Laporan Keuangan Mikro Syariah di Indonesia . Diakses dari www.bi.go.id

Otoritas Jasa Keuangan (OJK). (2023). Kajian Perkembangan Keuangan Lembaga Mikro Syariah . Diakses dari www.ojk.go.id

BPS (Badan Pusat Statistik). (2022). Statistik Perbankan Syariah Indonesia . Diakses dari www.bps.go.id

Hidayat, S. (2020). Analisis Pengaruh Kualitas Layanan terhadap Kepuasan dan Loyalitas Nasabah pada Bank Syariah . Jurnal Ekonomi Islam, 8 (2), 90-105.

Unduhan

Diterbitkan

2023-02-05

Cara Mengutip

Mujtaba, H., fikri ali , muhammad, sukawati, & Mulyani, D. K. (2023). Pengaruh kualitas layanan terhadap kepuasan nasabah pada lembaga keuangan mikro. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(1), 54–59. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/515