Dampak etika bisnis syariah terhadap pertumbuhan bisnis dan kepuasan konsumen

Penulis

  • Kiki Verina STAI IBNU RUSYD Kotabumi
  • tria stai ibnurusyd kotabumi
  • pitri stai ibnurusyd kotabumi

Abstrak

Etika bisnis syariah memainkan peran penting dalam membentuk hubungan yang saling menguntungkan antara perusahaan dan konsumen, serta berkontribusi terhadap pertumbuhan bisnis yang berkelanjutan. Prinsip-prinsip dasar dalam etika bisnis syariah, seperti keadilan, transparansi, kejujuran, dan tanggung jawab sosial, memberikan dasar yang kuat bagi perusahaan untuk membangun kepercayaan konsumen. Dalam konteks bisnis, penerapan etika syariah tidak hanya mempengaruhi pengelolaan perusahaan, tetapi juga dapat meningkatkan loyalitas konsumen, yang pada akhirnya berdampak positif terhadap kepuasan mereka. Konsumen yang merasa dihargai dan yakin terhadap integritas perusahaan lebih cenderung untuk terus mendukung produk atau layanan yang ditawarkan. Selain itu, perusahaan yang mengadopsi prinsip syariah seringkali dapat membedakan diri dalam pasar yang kompetitif, memperluas jangkauan pasar, dan mencapai pertumbuhan yang lebih stabil. Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi dan menganalisis pengaruh penerapan etika bisnis syariah terhadap pertumbuhan bisnis serta tingkat kepuasan konsumen. Hasil penelitian menunjukkan bahwa integrasi etika bisnis syariah berpotensi meningkatkan kedua aspek tersebut secara signifikan, yang memberikan manfaat jangka panjang bagi perusahaan.

 

Referensi

Biati, Lilit, and Yoga Try Andika. 2021. “Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Pelanggan Di UD. Diva Sejahtera Blokagung Banyuwangi.” Ico Edusha. Hajar, Neli. 2022. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan.” Journal Economic Insights 1(2):167–68. Handayani, Septi, Desi Isnaini, and Nonie Afrianty. 2023. “Strategi Pelayanan Untuk Meningkatkan Kepuasan Konsumen Ditinjau Dari Etika Bisnis Islam ( Pada Toko My Lova Kota Bengkulu ).” 11(2):1467–76. Hasibuan, Mega, and Zuhrinal M. Nawawi. 2024. “Peran Etika Bisnis Dalam Membangun Kepercayaan Konsumen.” Jurnal Ekonomi, Manajemen Pariwisata Dan Perhotelan3(1):50–68. Marcelino, Ady satria Herzegovina, Sri Vandayuli Riorini. 2023. “PENGARUH PERILAKU ETIS TERHADAP KEPUASAN PELANGGAN, LOYALITAS, DAN KEPERCAYAAN.” 5(1). Munawar, Moh. Hefni. 2023. “Peran Etika Bisnis Dalam Digital Marketing : Literatur Review.” Ethics and Law Journal: Business and Notary 1(3):245–52. doi: 10.61292/eljbn.75. Nursyamsiah, Isma, and Nila Nopianti. 2021. “Pengaruh Etika Bisnis Islam Dan Kualitas Produk Terhadap Kepuasan Konsumen Pada Usaha Rofi Collection Ciamis.” Jurnal Ekonomi Rabbani 1(1):52–62. doi: 10.53566/jer.v1i1.20. Nurul Khoirul Istiqamah, Maulida Nurhidayati. 2019. “PENGARUH PENERAPAN ETIKA BISNIS ISLAM DAN KUALITAS PELAYANAN TERHADAP KEPERCAYAAN DAN KEPUASAN KONSUMEN PADA RUMAH LOUNDRY DIDESA BITING BADEGAN PONOGORO.” Jurnal Ekonomi Islam Vol 3(No 1):91. Rachmarwi, Wiwik. 2019. “Pengaruh Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Pelanggan Rumah Makan Bebek H. Slamet Cabang Joglo, Jakarta Barat.” Jurnal Manajemen Bisnis Krisnadwipayana 7(1):30–38. doi: 10.35137/jmbk.v7i1.268. Rafki, Mirna, Idris Parakkasi, and Sirajuddin Sirajuddin. 2022. “Peran Etika Bisnis Islam Dalam Meningkatkan Kepercayaan Dan Repeat Order Konsumen.” Journal of Islamic

Sambodo Rio Sasongko. 2021. “Faktor-Faktor Kepuasan Pelanggan Dan Loyalitas Pelanggan (Literature Review Manajemen Pemasaran).” Jurnal Ilmu Manajemen Terapan3(1):104–14. doi: 10.31933/jimt.v3i1.707. Thursina, Thursina, Zaki Fuad, and Hafidhah Hafidhah. 2020. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Islam Terhadap Kepuasan Pelanggan Pada Toko Riyadh Store Di Banda Aceh.” Jurnal Ilmiah Mahasiswa Ekonomi Dan Bisnis Islam 1(2):52–67. doi: 10.22373/jimebis.v1i2.132. Tuti’, Nadhifah, and M. Adhitya Wardhana. 2023. “Pengaruh Penerapan Etika Bisnis Terhadap Kepuasan Anggota Bmt Di Kecamatan Pucakwangi.” Mimbar Sekolah Dasar4(1):21–29.

Unduhan

Diterbitkan

2022-09-05

Cara Mengutip

Verina, K., mei diana, tria ., & yulianti, P. . (2022). Dampak etika bisnis syariah terhadap pertumbuhan bisnis dan kepuasan konsumen. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 1(3), 36–42. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/512