Dampak Promosi Produk Keuangan Syariah Terhadap Minat Masyarakat untuk Menggunakannya
Abstrak
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi produk keuangan syariah terhadap minat masyarakat untuk menggunakannya. Dengan pertumbuhan sektor keuangan syariah yang pesat di Indonesia, penting bagi lembaga keuangan syariah untuk memahami bagaimana promosi yang efektif dapat menarik minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 200 responden yang memiliki potensi untuk menggunakan produk keuangan syariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah, baik melalui media tradisional maupun digital, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam produk keuangan syariah. Faktor-faktor seperti pemahaman produk, kemudahan akses, dan kesesuaian dengan nilai-nilai agama menjadi elemen penting dalam menarik minat masyarakat. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi lembaga keuangan syariah dalam merancang promosi yang lebih efektif dan berkelanjutan
Referensi
Antonio, Muhammad syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari teori ke Praktek. Penerbit Gema Insani Press: Jakarta
Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta : Jakarta .
Buono Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi :Yogyakarta
Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psychology. Penerbit CV. Rajawali: Jakarta Djalali. 2007. Psikologi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta
Gitosudarmo, indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keenam, Penerbit BPFE: Yogyakarta.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia : Bogor.
Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit Alfabeta : Bandung
Karnaen A. Perwaatmadja, 2005. Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia.
Antonio, Muhammad syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari teori ke Praktek. Penerbit Gema Insani Press: Jakarta
Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta : Jakarta .
Buono Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi :Yogyakarta
Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psychology. Penerbit CV. Rajawali: Jakarta Djalali. 2007. Psikologi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta
Gitosudarmo, indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keenam, Penerbit BPFE: Yogyakarta.
Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia : Bogor.
Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit Alfabeta : Bandung.
Karnaen A. Perwaatmadja, 2005. Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia, dalam Sofiniyah Ghufron (Penyunting) Briefcase Book Edukasi Profesional Syari’ah, Konsep dan Implementasi Bank Syari’ah. cet. 1. Penerbit Renaisan: Jakarta
Koentjaraningrat. 1990. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.
Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia, alih bahasa AB Susanto, Buku Dua, Penerbit Salemba Empat: Jakarka
Kotler dan Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga : Jakarta.
Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Penerbit PT Revika Aditama : Bandun
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2023 Rosa Kamelia Sari, aan, nudin

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.