Dampak Promosi Produk Keuangan Syariah Terhadap Minat Masyarakat untuk Menggunakannya

Penulis

  • Rosa Kamelia Sari STAI IBNU RUSYD kotabumi
  • aan stai ibnurusyd kotabumi
  • nudin stai ibnurusyd kotabumi

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis dampak promosi produk keuangan syariah terhadap minat masyarakat untuk menggunakannya. Dengan pertumbuhan sektor keuangan syariah yang pesat di Indonesia, penting bagi lembaga keuangan syariah untuk memahami bagaimana promosi yang efektif dapat menarik minat masyarakat. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei kepada 200 responden yang memiliki potensi untuk menggunakan produk keuangan syariah. Hasil analisis menunjukkan bahwa promosi yang dilakukan oleh lembaga keuangan syariah, baik melalui media tradisional maupun digital, memiliki dampak positif yang signifikan terhadap minat masyarakat untuk berpartisipasi dalam produk keuangan syariah. Faktor-faktor seperti pemahaman produk, kemudahan akses, dan kesesuaian dengan nilai-nilai agama menjadi elemen penting dalam menarik minat masyarakat. Temuan ini memberikan implikasi strategis bagi lembaga keuangan syariah dalam merancang promosi yang lebih efektif dan berkelanjutan

Referensi

Antonio, Muhammad syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari teori ke Praktek. Penerbit Gema Insani Press: Jakarta

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta : Jakarta .

Buono Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi :Yogyakarta

Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psychology. Penerbit CV. Rajawali: Jakarta Djalali. 2007. Psikologi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta

Gitosudarmo, indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keenam, Penerbit BPFE: Yogyakarta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia : Bogor.

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit Alfabeta : Bandung

Karnaen A. Perwaatmadja, 2005. Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia.

Antonio, Muhammad syafi’i. 2001. Bank Syariah Dari teori ke Praktek. Penerbit Gema Insani Press: Jakarta

Arikunto Suharsimi. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. PT Rineka Cipta : Jakarta .

Buono Agung Nugroho. 2005. Strategi Jitu Memilih Metode Statistik Penelitian dengan SPSS. Andi :Yogyakarta

Chaplin. 1989. Kamus Lengkap Psychology. Penerbit CV. Rajawali: Jakarta Djalali. 2007. Psikologi Pendidikan. Penerbit Bumi Aksara: Jakarta

Gitosudarmo, indriyo. 2000. Manajemen Pemasaran. Cetakan Keenam, Penerbit BPFE: Yogyakarta.

Hasan, M. Iqbal. 2002. Pokok-Pokok Materi Metodologi Penelitian Dan Aplikasinya. Ghalia Indonesia : Bogor.

Hurriyati, Ratih, 2005. Bauran Pemasaran dan Loyalitas Konsumen Fokus Pada Konsumen Kartu Kredit Perbankan. Penerbit Alfabeta : Bandung.

Karnaen A. Perwaatmadja, 2005. Membumikan Ekonomi Islam di Indonesia, dalam Sofiniyah Ghufron (Penyunting) Briefcase Book Edukasi Profesional Syari’ah, Konsep dan Implementasi Bank Syari’ah. cet. 1. Penerbit Renaisan: Jakarta

Koentjaraningrat. 1990. Metode-Metode Penelitian Masyarakat. Jakarta: Gramedia.

Kotler, Philip. 2001. Manajemen Pemasaran Di Indonesia, alih bahasa AB Susanto, Buku Dua, Penerbit Salemba Empat: Jakarka

Kotler dan Amstrong, 2001. Prinsip-Prinsip Pemasaran. Penerbit Erlangga : Jakarta.

Mangkunegara, Anwar Prabu, 2002. Perilaku Konsumen. Edisi Revisi. Penerbit PT Revika Aditama : Bandun

Unduhan

Diterbitkan

2023-09-05

Cara Mengutip

Kamelia Sari, R., gunawan, aan, & sopanudin. (2023). Dampak Promosi Produk Keuangan Syariah Terhadap Minat Masyarakat untuk Menggunakannya. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 2(3), 33–43. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/504