Efektivitas Penggunaan Metode IQRA An-Nahdliyah Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022
Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022
Kata Kunci:
IQRA An-Nahdliyah, kemampuan, Al-Qur'anAbstrak
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode IQRA An-Nahdliyah oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode IQRA An-Nahdliyah cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, yang ditandai dengan peningkatan ketepatan dalam pengucapan huruf hijaiyah, kelancaran membaca, serta pemahaman terhadap tajwid dasar. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah komitmen guru, kesesuaian metode dengan karakteristik siswa, serta dukungan lingkungan sekolah dan orang tua.
Referensi
Al-Munawwar, S. (2010). Metode
Pembelajaran Al-Qur’an: Teori dan Praktik dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.
Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran
dalam Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.
Aziz, M. (2015). “Penerapan Metode IQRA
dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 123-135.
Hasbullah, M. (2018). “Efektivitas Metode
IQRA dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 45-60.
Khalid, A. (2017). Strategi Pembelajaran
Bahasa Arab dan Al-Qur’an di Pesantren Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.
Lubis, R. (2019). “Pengaruh Metode IQRA
terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa MTs.” Jurnal Tarbawi, 8(3), 200-215.
Nasution, M. (2011). Metode Pembelajaran
Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.
Nurhadi, H. (2020). “Implementasi Metode
IQRA An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 9(1), 67-80.
Suyadi, R. (2014). Psikologi Pembelajaran
Al-Qur’an: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.
Sumber Online
Kementerian Agama Republik Indonesia.
(2021). “Standar Kompetensi Lulusan Madrasah dalam Membaca Al-Qur'an.” Diakses dari https://www.kemenag.go.id pada 5 Maret 2025.
UNESCO. (2019). “Literacy and Quranic
Education in Islamic Schools.” Diaksesdari https://www.unesco.org pada 5 Maret 2025.
Unduhan
Diterbitkan
Cara Mengutip
Terbitan
Bagian
Lisensi
Hak Cipta (c) 2025 Tri olan dari, Ridho Hidayah, Pitri Yulianti

Artikel ini berlisensiCreative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.
Penulis yang menerbitkan dengan jurnal ini menyetujui persyaratan berikut:
1) Penulis mempertahankan hak cipta dan memberikan jurnal hak publikasi pertama dengan karya yang dilisensikan secara bersamaan di bawah Lisensi Atribusi Creative Commons yang memungkinkan orang lain untuk berbagi karya dengan pengakuan kepenulisan karya dan publikasi awal di jurnal ini.
2) Penulis dapat membuat pengaturan kontrak tambahan yang terpisah untuk distribusi non-eksklusif dari versi jurnal yang diterbitkan dari karya tersebut (misalnya, mempostingnya ke repositori institusional atau menerbitkannya dalam sebuah buku), dengan pengakuan awal publikasi di jurnal ini.
3) Penulis diizinkan dan didorong untuk memposting karya mereka secara online (misalnya, di repositori institusi atau di situs web mereka) sebelum dan selama proses pengiriman, karena dapat menghasilkan pertukaran yang produktif, serta kutipan lebih awal dan lebih besar dari karya yang diterbitkan.