Efektivitas Penggunaan Metode IQRA An-Nahdliyah Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022

Penulis

  • Tri olan dari STAI IBNU RUSYD
  • Ridho Hidayah
  • Pitri Yulianti

Kata Kunci:

IQRA An-Nahdliyah, kemampuan, Al-Qur'an

Abstrak

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui efektivitas penggunaan metode IQRA An-Nahdliyah oleh guru dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Pengumpulan data dilakukan melalui observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan bahwa metode IQRA An-Nahdliyah cukup efektif dalam meningkatkan kemampuan membaca Al-Qur’an siswa, yang ditandai dengan peningkatan ketepatan dalam pengucapan huruf hijaiyah, kelancaran membaca, serta pemahaman terhadap tajwid dasar. Faktor pendukung keberhasilan metode ini adalah komitmen guru, kesesuaian metode dengan karakteristik siswa, serta dukungan lingkungan sekolah dan orang tua.

Referensi

Al-Munawwar, S. (2010). Metode

Pembelajaran Al-Qur’an: Teori dan Praktik dalam Pendidikan Islam. Jakarta: Kencana.

Arifin, Z. (2012). Evaluasi Pembelajaran

dalam Pendidikan Islam. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Aziz, M. (2015). “Penerapan Metode IQRA

dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur'an pada Anak Usia Dini.” Jurnal Pendidikan Islam, 4(2), 123-135.

Hasbullah, M. (2018). “Efektivitas Metode

IQRA dalam Pembelajaran Al-Qur’an di Madrasah.” Jurnal Ilmu Pendidikan Islam, 6(1), 45-60.

Khalid, A. (2017). Strategi Pembelajaran

Bahasa Arab dan Al-Qur’an di Pesantren Modern. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Lubis, R. (2019). “Pengaruh Metode IQRA

terhadap Kemampuan Membaca Al-Qur'an Siswa MTs.” Jurnal Tarbawi, 8(3), 200-215.

Nasution, M. (2011). Metode Pembelajaran

Agama Islam. Jakarta: Rajawali Pers.

Nurhadi, H. (2020). “Implementasi Metode

IQRA An-Nahdliyah dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an.” Jurnal Pendidikan Islam Kontemporer, 9(1), 67-80.

Suyadi, R. (2014). Psikologi Pembelajaran

Al-Qur’an: Konsep dan Aplikasi dalam Pendidikan Islam. Malang: UIN Maliki Press.

Sumber Online

Kementerian Agama Republik Indonesia.

(2021). “Standar Kompetensi Lulusan Madrasah dalam Membaca Al-Qur'an.” Diakses dari https://www.kemenag.go.id pada 5 Maret 2025.

UNESCO. (2019). “Literacy and Quranic

Education in Islamic Schools.” Diaksesdari https://www.unesco.org pada 5 Maret 2025.

Unduhan

Diterbitkan

2024-09-05

Cara Mengutip

dari, T. olan, Hidayah, R., & Yulianti, P. (2024). Efektivitas Penggunaan Metode IQRA An-Nahdliyah Guru dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022: Dalam Meningkatkan Kemampuan Membaca Al-Qur’an Siswa Kelas VII di MTs Plus Walisongo Lampung Utara Tahun Ajaran 2021/2022. JPIB : Jurnal Penelitian Ibnu Rusyd, 3(3), 60–67. Diambil dari https://ojs.stai-ibnurusyd.ac.id/index.php/jpib/article/view/487